Bayangkan jika suami istri yang sudah lama menantikan kehadiran buah hati, lalu dalam satu waktu langsung dikaruniai dua atau tiga anak kembar. Hhmm, pasti bahagianya udah nggak terkira lagi.

Secara kasat mata kehamilan anak kembar memang tidak terlihat secara kasat mata, karena pada dasarnya memang memang tidak berbeda dari kehamilan biasa.

Walau demikian, setidaknya ada berbagai gejala yang dirasakan sang ibu hamil dan menjadi pertanda kehamilan bayi kembar. Sebelum memastikan dengan USG, sang ibu bisa mengetahui kehamilan anak kembar dengan berbagai pertanda berikut ini.

1Intuisi Ibu Tentang Kandungannya

plus.google.com

Mungkin ini yang paling sering mendekati kebenaran. Bagi ibu hamil, apalagi di kehamilan yang kedua dan seterusnya, kehamilan bayi kembar dapat dirasakan begitu saja lewat intuisinya yang sangat peka.

Jadi jangan heran jika prediksi ibu sering tepat saat dibuktikan di ruang medis.

2Perut yang Lebih Besar

lukihermanto.com

Ini ciri fisik yang paling kelihatan. Wajar jika mengandung lebih dari satu janin pasti akan membuat perut sang ibu jadi lebih besar.

3Mual yang Berlebih

11gambarfotokeren.blogspot.com

Tanda lain kehamilan bayi kembar adalah morning sickness atau mual yang intensitasnya lebih sering ketimbang hamil biasa. Ini disebabkan karena ada peningkatan hormon hCG (huma Chorionic Gonadoptrin) yang lebih dari hamil biasa.

4Sangat Sensitif dengan Makanan Tertentu

gaulgelaa.com

Ibu hamil sangat sensitif dengan makanan tertentu dan tidak menoleransi keberadaannya baik dari bau maupun tekstur tampilannya. Biasa ibu hamil bayi kembar akan lebih ekstra sensitif terhadap makanan tersebut, bahkan merasa jijik.

5Berat Badan Bertambah dengan Cepat

fjb.kaskus.co.id

Ibu hamil anak tunggal seringnya memiliki penambahan berat badan sampai ± 17-22 kg. Dengan kehamilan kembar tentu akan semakin berat. Peningkatan berat badan yang derastis di trimester pertama adalah pertanda dari kehamilan kembar.

Sang ibu tidak perlu khawatir dengan penambahan berat badan yang pesat. Penambahan berat badan di masa dua trimester pertama sangat penting bagi kehamilan anak kembar, dan signifikan pengaruhnya bagi berat bayi saat dilahirkan.

6Beberapa Hal Ekstra dari Kehamilan Biasa

tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Selain mual, intoleransi makanan, serta berat badan yang lebih dari hamil anak tunggal, masih banyak hal ekstra lain yang menjadi pertanda kehamilan anak kembar.

Contohnya seperti kelelahan yang ekstra, buang air kecil lebih sering, lebih sering lapar, dan payudara yang lebih membengkak.

Pada trimester kedua ibu hamil kembar juga akan mengalami susah bernafas yang lebih berat, lalu pembengkakan pada tangan dan kaki (edema). Kekurangan zat besi atau enemia juga lebih riskan dialami oleh ibu hamil kembar.

7Merasakan Gerakan Bayi Lebih Dini

dewidyazhary.wordpress.com

Seorang ibu yang hamil bayi kembar, cenderung lebih dapat merasakan gerakan bayi di perutnya lebih awal dari biasanya.

8AFP Meningkat

mybabyprogram.com

Kondisi wajar pada ibu hamil kembar adalah peningkatan AFp (Alpha Fetoprotein). AFp merupakan protein yang dilepaskan oleh bayi pada saat ia tumbuh dan ditemukan di dalam darah ibu.

Saat sang ibu memasuki kehamilan usia 16-18 minggu, dalam pemeriksaan darah ibu akan diketahui bayi kembar atau tidak dengan mendeteksi AFp. Walau akurasinya tidak selalu akurat, namun paling tidak ada indikasi mengarah ke hamil kembar.

9Dokter Mendeteksi Ada Dua Detak jantung

pixabay.com

Sebelum pemeriksaan yang paling akurat dengan USG, seorang dokter ahli biasanya bisa mendeteksi keberadaan bayi kembar dengan mendengarkan detak jantung janin pada usia kehamilan 12 minggu.

Lebih awal beberapa minggu pada pembuktian dengan USG yang baru bisa dilakukan setelah usia hamil 28 minggu.