Negara yang kuat sudah tentu didukung dengan pertahanan yang hebat. Pertahanan yang menjaga kedaulatan nusantara dan keamanan dari gangguan bangsa lain.

Namun, siapa tak bangga jika pasukan pertahanan Indonesia yang disebut Tentara Nasional Indonesia (TNI) kehebatannya telah diakui seluruh dunia. Berbagai prestasi membuat dunia internasional memperhitungkan kekuatan TNI.

Berikut ini 6 kehebatan TNI yang akan membuatmu bangga telah menjadi bagian dari Indonesia.

1Secara Kuantitas Banyak Mengirim Pasukan untuk PBB

www.boombastis.com

Selain menjaga keutuhan bangsa, TNI juga ikut serta dalam menjaga ketertiban dunia seperti yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945. Sejak tahun 1957 sampai saat ini TNI masih aktif mengirimkan pasukannya dalam misi perdamaian.

Paling tidak terdapat 20 kontingen Garuda yang telah dikirim ke banyak negara oleh PBB. Rekor ini bahkan tidak bisa dicapai oleh negara-negara yang masuk ke dalam Dewan Keamanan PBB.

Di kawasan ASEAN, TNI juga berperan aktif dalam menjaga daerah yang sedang berkonflik. Salah satu contoh saat terjadi konflik di Kamboja. Dari 22.000 pasukan perdamaian dari berbagai negara, jumlah terbanyak dari Indonesia.

2Secara Kualitas Terbaik di Kawasan Asia Tenggara

www.militaryshooters.wordpress.com

Personel perdamaian RI telah di klaim paling unggul di ASEAN. Klaim ini bukanlah tanpa alasan yang kuat.

Hal ini dikatakan ole Irjen TNI Letjen Syafril Mahyudin saat kuliah umum di kampus Universitas Indonesia Depok mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko pada Selasa, 16 Juni 2015.

Salah satu keunggulan pasukan TNI adalah konsep teritorial. Konsep ini merupakan kondisi di mana pasukan TNI lebih menyatu dengan masyarakat.

Bahkan pasukan TNI juga mengenalkan budaya asli Indonesia kepada masyarakat setempat. Oleh karena itu penduduk setempat lebih akrab dengan pasukan TNI dibandingkan dengan pasukan yang lainnya.

3Peringkat Ke-3 Dunia

www.boombastis.com

Berdasarkan penilaian dari Discovery Channel military edition pada tahun 2008, Indonesia menduduki peringkat ke-3 dunia. Oleh karena itu Indonesia pantas masuk ke dalam daftar pasukan elit dunia.

Apakah kamu bangga dengan prestasi yang diraih pasukan TNI ini?

4Berhasil Menancapkan Merah Putih di Puncak Tertinggi Dunia

www.boombastis.com

Pada tahun 1996 salah satu anggota Koppasus berhasil menancapkan sang merah putih di puncak tertinggi dunia yaitu di Gunung Everest. Ia bernama Asmujiono. Ia bahkan tak dapat mengungkapkan kata-kata saking bahagianya.

Asmujiono sekaligus sebagai orang pertama di Asia Tenggara yang berhasil menginjakkan kaki di puncak tertinggi dunia. kerja keras dan usahanya terbayarkan oleh sebuah kebanggaan yang tidak bisa digantikan dengan materi

Keberhasilan ini juga didukung oleh Koppasus. Asmujiono telah lolos menjalani serangkaian tes yang digelar oleh Koppasus. Ia mendaki bersama tim yang terdiri dari kurang lebih 30 orang.

Asmujiono juga mendapatkan rekor MURI sebagai orang pertama yang mendaki Gunung Everest.

5Juara Umum Lomba Tembak Tingkat Dunia

www.boombastis.com

Dunia pasti menganggap bahwa pasukan pertahanan Amerika Serikat paling hebat. Hal ini di dukung dengan film buatan Amerika yang menampilkan betapa hebatnya pasukan negerinya.

Namun, kamu pantas berbangga dimana pasukan pertahanan Indonesia telah mematahkan anggapan dunia ini. Pada ajang AASAM 2015 di Australia Indonesia berhasil membawa pulang 30 medali emas, 16 perak, dan 10 perunggu.

Pencapaian ini sangat jauh dibandingkan Amerika yang hanya mendapatkan 4 medali emas. Begitu juga dengan Inggris yang hanya 3 medali emas, dan Australia sebagai tuan rumah yang hanya memenangkan 5 medali emas.

www.geotimes.co.id
www.geotimes.co.id

Prestasi yang dicapai TNI tentu tidak lepas dari kerja keras, latihan, dan kedisiplinan yang dilakukan tanpa henti. Apapun profesimu, kamu dapat membuat bangga negeri ini jika kamu terus bekerja keras dan tidak berhenti berlatih.

SHARE