Kehidupan satwa liar di habitat aslinya selalu menarik untuk disimak. Melihat secara langsung kehidupan satwa ini ternyata jauh lebih asyik jika dibandingkan melihatnya di tempat penangkaran.

Kamu bisa menjelajah alam liar untuk bisa menikmati sensasi kehidupan satwa liar. Mungkin selain satwa, kamu juga bisa bertemu dan berinteraksi langsung dengan penduduk lokal.

Berikut ini adalah 7 tempat keren yang dapat kamu kunjungi untuk menikmati sensasi alam liar yang sesungguhnya.

1Kosta Rika

theleap.co.uk

Nyaris seluruh bagian negara ini menarik untuk dikunjungi. Berbagai jenis monyet, buaya, kungkang, kadal, katak dan beragam burung memenuhi hutan mereka.

27 % wilayahnya masuk area konservasi. Kamu juga bisa datang ke Tortugeoro untuk melihat anak penyu yang pergi ke laut untuk kali pertama di bulan September dan Oktober.

2Churchill, Kanada

telegraph.co.uk

Bagian utara Kanada terkenal dengan daerah dinginnya. Jadi bukan hal aneh kalau kamu bisa melihat secara langsung habitat asli beruang kutub di sini.

Tur bersama pemandu disiapkan agar kamu bisa menikmati perjalanan tanpa mengganggu keseharian para beruang ini. Churchill juga rumah bagi sekitar 3.000 ekor paus Beluga yang muncul saat musim panas dan tempat yang tepat untuk menyaksikan aurora.

3Kaikoura, Selandia Baru

onegreenplanet.org

Pulau di sebelah selatan benua Australia ini memang menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menyaksikan paus di habitat aslinya langsung di bagian selatan pulau ini.

Selain paus, kamu juga bisa menikmati atraksi lumba-lumba yang terlihat di beberapa spotĀ yang ada di sini. Tempat eksotis ini jauh dari keramaian dan masih terisolasi. Tidak heran semuanya masih sangat alami.

4Taman Nasional Volcanoes, Rwanda

rwandasafariafrica.com

Taman nasional yang sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan ini adalah habitat asli dari 18 ekor gorilla.

Di balik hutan lindung yang dingin, para gorilla hidup tenang bersama kawanannya. Tapi, ada batasan pengunjung yang ingin melihat secara langsung para gorilla. Ini adalah kebijakan pengelola taman nasional.

5Pulau Galapagos, Ekuador

dailymail.co.uk

Sebuah pulau yang terkenal dengan alam liarnya. Banyak flora dan fauna ada di tempat ini dan tidak ada di tempat lain.

Karena tempatnya yang terisolasi dari daratan utama dan tidak adanya predator, pulau ini jadi harta karun dunia yang tidak ternilai. Kura-kura raksasa, penguin, anjing laut dan berbagai jenis hewan lainnya kian memadati Galapagos.

6Taman Nasional Kutai, Indonesia

leakeyfoundation.org

Berada di pedalaman pulau Kalimantan, Taman Nasional Kutai menawarkan pengalaman luar biasa. Banyak satwa liar yang tinggal di taman nasional ini.

Kamu bisa menemukan orangutan, ular, burung dan berbagai jenis serangga di sini. Tempat ini cocok untuk melihat kehidupan satwa liar karena masih benar-benar alami dan belum banyak dikunjungi manusia.

7Taman Nasional Serengeti, Tanzania

gallery.asiaforest.org

Surganya kehidupan liar, daratan Afrika. Serengeti mungkin saja jadi tempat terbaik untuk melihat beberapa hewan langsung di habitat aslinya.

Singa, gajah, buffalo dan macam tutul adalah sederet hewan yang tinggal di taman nasional ini. Selain iu, tempat ini juga jadi salah satu tujuan migrasi hewan liar lainnya, seperti zebra dan jerapah.

Menyaksikan kehidupan satwa liar secara langsung bukanlah hal sederhana. Ada kalanya kamu harus menunggu dengan sabar dan memerhatikan dengan cermat kehidupan mereka.

Meski tidak jarang juga, sejumlah orang gagal melihat secara langsung satwa liar itu. Selalu ada satu-dua tingkah laku satwa yang akan membuatmu terkagum-kagum.

Yang paling penting dari semuanya, jangan mengganggu atau melakukan apapun pada para satwa dan habitat mereka ini. Biarkan mereka hidup damai dan aman dalam habitatnya.