Ada orang yang bisa menahan masalah dengan sangat baik, menghadapi dan menyelesaikannya dengan hati lapang dan kuat.

Namun ada juga orang yang terlihat lemah dan terkesan ringkih saat menghadapi masalah. Mereka biasanya akan mengekspresikan diri dengan cara merengek, ketakutan, mengeluh dan sering menangis. Orang seperti ini dinilai cengeng dan lemah.

Itulah mengapa seringkali orang menahan emosinya dan berpura-pura seakan semua baik-baik saja, padahal sebetulnya dia ingin sekali menangis. Apakah kamu seperti itu?

Jika kamu berusaha tegar dan kuat, memang akan mmebantu untuk bisa menghadapi momen yang berat. Tapi jika kamu tidak bisa menahannya, lepaskan saja. Manusia seringkali terlalu sombong hanya untuk mengeluarkan air mata.

Jangan kira mereka yang cengeng adalah orang-orang lemah. Tak disangka, orang cengeng ternyata punya mental yang kuat lho.

1Tidak Takut Mengungkapkan Perasaan

republika.co.id

Jika kamu sedang bahagia, apakah kamu bisa menyembunyikan senyum di bibir? Jadi kenapa saat kamu sedih dan kecewa, justru disembunyikan?

Menyimpan perasaan negatif di hati justru akan menjadi luka yang tak kunjung sembuh. Kamu akan selalu ingat rasa sakit itu karena kamu menyimpannya.

2Lega setelah Semuanya Keluar

mediaislam.org

Kamu juga akan merasa plong ketika bisa meluapkan perasaan yang membuncah di hati, entah itu baik maupun buruk.

Menangis akan menjadi cara termudah melepas stres, cemas, khawatir, takut, marah, kecewa dan frustasi yang selama ini kamu rasakan. Perasaan negatif akan keluar dan membuat tubuhmu sehat secara fisik dan mental.

3Menangis adalah Obat

salam-online.com

Ada sebuah penelitian tentang kondisi psikologis manusia yang menemukan bahwa menangis bisa merangsang otak untuk melepaskan endorfin yang berfungsi sebagai obat anti-nyeri alami.

Meski masalah yang kamu hadapi tidak langsung selesai begitu saja setelah menangis, namun berlinang air mata benar-benar bisa menjadi obat alami yang menenangkan hati.

Bahkan menangis, menurut sebuah penelitian ilmiah, bisa membuang racun di dalam tubuh, meningkatkan imunitas, dan membantu membunuh 90 jenis bakteri di dalam tubuh dalam waktu 5-10 menit.

4Tidak Usah Peduli Anggapan Orang

wana93.wordpress.com

Menangis karena suatu hal bukan berarti kamu lemah. Ini adalah tanda bahwa kamu juga manusia. Kamu punya perasaan dan terkadang ketika semua tak berjalan normal dan keluar batas, kamu juga bisa menangis.

5Jujur terhadap Diri Sendiri

musmus.me

Ketika kamu membiarkan diri sendiri merasakan sakit itu dan tak mampu bertahan, kamu akan sadar bahwa menangis itu normal dan melegakan.

Kamu akan lebih menghargai diri sendiri dan tidak meremehkan orang yang menangis. Kamu lebih bersyukur karena kamu bisa bertahan selama ini.

6Air Mata dan Tangisan adalah Fitrah Manusia

muslimahcorner.com

Allah Swt menciptakan air mata sebagai penguat ketika sakit. Sebagaimana masalah melanda bagaikan api yang membakar, maka menangis akan meredamkan baranya.

Menangis adalah pertanda bahwa manusia tidak pernah sendiri. Selalu ada Allah yang tak pernah lelah mendengar kesah, tak pernah berhenti mencintai, dan tak pernah selesai menganugerahkan kenikmatan.

Jadi, kalau kamu bertemu orang yang cengeng, jangan lantas menganggapnya lemah. Mungkin ia memang tidak punya kekuatan fisik dan kecerdasan yang super. Tapi yakinlah bahwa pundaknya pasti jauh lebih kuat menanggung beban besar.