Pernahkah saat membuka akun sosial media kemudian hatimu terasa nyeri? Teman-teman SMA yang prestasinya berada di bawahmu saat ini satu persatu sudah semakin dekat dengan cita-citanya.

Padahal saat SMA ia sama sekali tidak menonjol. Ia juga tidak terlihat bekerja keras.

www.dedidwitagama.wordpress.com
www.dedidwitagama.wordpress.com

Sedangkan kamu hanya di situ-situ saja dan cita-cita semakin jauh. Lebih parahnya lagi kamu merasa bahwa jalan hidup yang selama ini telah kamu pilih salah.

Berlarut-larut pada kekecewaan terhadap diri sendiri tanpa melakukan apapun adalah sebuah kesalahan besar. Mulai saat ini bangkitlah dan cintai diri kamu sendiri.

Mencintai diri sendiri akan menumbuhkan rasa kepercayaan diri dan akhirnya kamu dapat memperjuangkan sesuatu yang pantas untuk kamu perjuangkan.

Jika kamu kesulitan untuk mendapatkan alasan mengapa kamu harus mencintai diri sendiri, cobalah 6 cara di bawah ini.

1Temukan Apa yang Membuatmu Senang Saat Melakukannya

www.moneter.co

Salah jurusan kuliah, salah memilih bidang pekerjaan, salah memilih lingkungan, dan kesalahan-kesalahan lain adalah sebuah kewajaran. Manusia memang diciptakan sebagai tempat salah dan lupa.

Tak ada gunanya menyesali kesalahan tersebut. Bangkitlah dan mulai gali sebenarnya apa yang benar-benar kamu inginkan.

Apakah kamu pernah mendengar seorang dokter yang akhirnya sukses dengan usaha peternakan? Dokter tersebut ternyata justru sukses dari bidang yang hampir tak berkaitan dengan medis.

Mulai saat ini temukan bidang apa yang kamu senang dan enjoy menjalaninya. Tak perlu takut jika memang bidang tersebut berbeda dari yang ditekuni kebanyakan orang.

Justru perbedaan itulah yang membuat bidang yang akan kamu tekuni lebih istimewa.

2Tekuni Kesenangan Tersebut

www.sabil-motivasi-islami.blogspot.com

Sebuah bakat tak akan ada artinya jika kamu tidak menekuni dan mengasahnya terus menerus. Ibarat sebuah sepeda, agar sepeda tidak jatuh maka kamu haru terus mengayuhnya.

Teruslah berlatih dan berlatih. Ketika kamu menyukai bidang yang kamu pilih, maka kamu akan berlatih dengan penuh cinta.

Kamu dapat mencari komunitas yang memiliki kesamaan dengan bidang yang kamu tekuni. Di komunitas tersebut kamu tidak akan merasa sendirian dan akan ada yang selalu membangkitkan semangatmu untuk mengembangkan diri.

3Saat Kau Gagal Segeralah Bangkit

www.dunialari.com

Gagal adalah sesuatu yang wajar. Kamu pasti tak asing dengan sebuah istilah yang mengatakan bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

Soichiro Honda terus menerus mengembangkan bidang mekanik yang ia sukai meskipun pabriknya harus raib berkali-kali karena kebakaran dan gempa bumi. Namun pada akhirnya, ia sukses dengan perusahaan motor raksasa di hampir seluruh dunia.

Ikutilah kompetisi untuk mengukur sejauh mana perkembangan diri kamu di bidang yang kamu tekuni.

Segeralah bangkit saat kamu jatuh tersungkur dan gagal. Tak perlu menunggu uluran tangan orang lain untuk membangunkanmu. Kamu harus bangkit sendiri dari keterpurukan.

4Jangan Cepat Puas dengan Pencapaian

www.blogalwafa.blogspot.com

Ada sebuah gelas yang terisi setengah. Beberapa orang melihat bahwa gelas tersebut sudah terisi setengah. Tak perlu lagi mengisinya lagi.

Namun, beberapa orang justru melihat bahwa gelas tersebut setengah kosong. Orang-orang tersebut tidak akan berhenti di titik ini. Ia akan terus berusaha mencari untuk memenuhi gelas tersebut.

Jadilah seperti orang yang kedua yang tidak pernah berhenti hanya di satu titik

5Zero Mind

www.psikologipedia.com

Tugas kita sebagai manusia hanyalah berusaha semaksimal mungkin. Saat semua daya dan upaya dikerahkan maksimal, semestinya kita berpasrah kepada Allah.

Pasrah dan benar-benar pasrah. Bahwa kita bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa. Bahwa tak ada dan upaya melainkan kehendak Allah.

Jangan merasa bahwa pencapaian yang telah kita dapatkan adalah semata-mata hasil kerja keras yang kita lakukan siang dan malam. Keberhasilan sama sekali tak akan dapat diraih jika Allah tak menghendakinya.

Sekarang saatnya kamu mencintai keistimewaan dirimu sendiri dan berusaha keras untuk mengembangkannya dengan niatan menebar kebermanfaatan di seluruh muka bumi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here