Manusia memang terus berkembang dari masa ke masa, baik jumlah populasinya maupun teknologinya. Perkembangan itu berbuntut pada semakin tingginya kebutuhan manusia terhadap ruang dan sumber daya.

Kebutuhan manusia akan ruang memang seperti deret ukur, mengikuti ledakan penduduk. Maka disaat itulah alam semakin menyempit, karena tergusur oleh kebutuhan pemukiman manusia.

Bukan hanya pemukiman, tapi kebutuhan lahan untuk bercocok tanam, ruang untuk eksplorasi sumber daya energi, ruang transportasi, ruang hiburan, dan kebutuhan lainnya.

Ketika alam raya mulai tersisih oleh rumah, gedung besar, jalanan, jembatan juga jalur kereta, alam pun punya mekanisme sendiri untuk menunjukkan keberadaanya.

Di samping ada manusia dan aktivis lingkungan yang turut menyadarkan tentang keseimbangan alam, alam raya ternyata punya cara sendiri untuk menyadarkan kita.

Bencana mungkin adalah mekanisme terjauh dari alam. Namun, ada banyak cara sederhana untuk mengingatkan kita akan keberadaannya. Walau sederhana tapi bagi kita yang melihatnya pasti akan terperangah.

Berikut ini beberapa gambar saat alam raya menunjukkan eksistensinya di tengah koloni manusia.

1Rumah Pohon Victorian di Florida

AD-Stunning-Photos-Of-Nature-Taking-Over-01
architecturendesign.net

Ini bukan rumah pohon seperti umumnya yang baru dibangun saat pohon sudah ada. Terlihat gambar di atas di mana dua pohon itu baru tumbuh tepat dari bawah rumah, hingga kini menembus dan makin menjulang ke atas.

Ketika rumah ditinggalkan manusia, maka alamlah yang berkuasa.

2Bunga Merah Muda di Jalur Kereta di Paris

architecturendesign.net

Alam juga menunjukkan keberadaanya dengan memamerkan keindahannya. Bunga berwarna pink ini tumbuh di bekas jalur kereta tua di Paris.

3Gedung Modern Diselimuti Semak Belukar

architecturendesign.net

Bukan hanya bangunan yang ditinggalkan, bahkan gedung yang masih digunakan juga tak luput dari kekuatan alam. Lihatlah bagaimana semak belukar menyelimuti banyak bagian gedung di atas.

4Mall yang Berubah Menjadi Kolam Ikan

architecturendesign.net

Luar biasa! Sulit dibayangkan bagaimana mall yang menjadi ikon kemewahan manusia, dan letaknya di tengah kota, berubah menjadi kolam ikan besar yang ada di Bangkok Thailand.

5Istana yang Terlihat Seperti Hutan

architecturendesign.net

Bekas istana di Polandia yang tidak terawat ini tidak lagi menampakkan keangkuhan rumah tinggal raja dan bangsawan. Mungkin lebih cocok istana bagi raja hutan.

6Padang Pasir Memenuhi Kota Kolmanskop

architecturendesign.net

Kota yang dibangun pada tahun 1908 di atas tanah padang pasir sebagai tempat perdagangan terkemuka. Namun semenjak akhir perang dunia kedua kota ini mulai dikosongkan penghuninya karena tidak ada lagi perdagangan akibat krisis ekonomi.

Apalagi dengan tanah tandus yang tidak menghasilkan apa-apa. Kini padang pasir telah meminta kembali apa yang dulu menjadi miliknya.

7Pohon Tumbuh di Gedung Tua

architecturendesign.net

Pohon yang tumbuh di tengah gedung tua dan pemukiman padat di Kota Hongkong.

8Jalan yang Berubah Menjadi Gradien Alam

architecturendesign.net

Sekilas kamu tidak akan menyangka bahwa gambar di atas adalah bekas jalan di ibukota Washington. Tetapi setelah melihat garis marka kuning, barulah kelihatan.

Luar biasa bagaimana alam telah merubah segalanya, bahkan menjadi gradien alam yang dialiri air.

9Bekas Stasiun Kereta Api di Georgia

architecturendesign.net

Apa benar ini bekas stasiun kereta api? Sungguh tak bisa dipercaya.

10Patung Dewi Tidur yang Tenggelam

architecturendesign.net

Patung dewi tidur yang dibangun di Inggris sebagiannya telah tenggelam oleh lumpur dan tanah. Bahkan kepala patung telah tumbuh rerumputan hijau yang tampak seperti rambut.

11Gereja ‘Alam Liar’ di Paris

architecturendesign.net

Mungkin jika digunakan kembali sebagai tempat ibadah, agama bisa lebih respek terhadap lingkungan.

12Akar Pohon ‘Kotak-kotak’

architecturendesign.net

Ini fenomena yang sangat unik, bahkan pohon itu pun bisa beradaptasi dengan lingkungan manusia. Akar pohon mengikuti bentuk pavling kotak-kotak untuk dapat menembus celah dan memasuki tanah.