Seskali kamu mungkin pernah menerka-nerka, apakah keluargamu benar-benar bahagia? Apakah kehidupanmu sama saja kosong seperti saat belum berkeluarga, ataukah kebahagiaan keluarga seolah tanpa makna?

Akan terus timbul dan muncul lagi berbagai tanya mengenai hidup. Tidak akan berhenti rasa puasmu pada uang, tidak akan bertahan kebahagiaanmu hanya dengan materi dan keduniaan.

coolerlifestyle.com
coolerlifestyle.com

Kamu akan membutuhkan sesuatu yang lain, meskipun berbagai hal detil tentang keluarga memang menjadi hal kecil yang sangat krusial pada suatu saat nanti. Anak-anakmu tidak hanya membutuhkan kebahagiaan, tetapi juga makna kehidupan.

Mari kenali dirimu, apakah kamu sudah cukup bahagia?

1Berikan Kejutan

magazine.foxnews.com

Rasanya mungkin norak, banyak orang desa tidak melakukan ini karena mereka tidak terbiasa dengan ekspresi perasaan. Mungkin banyak juga diantara kamu yang saat kecil jarang mendapat kejutan dari orang tuamu.

Jangan sampai saat kamu berkeluarga kamu menganggap ini norak dan sepele. Dunia berubah, kehidupan sosial berubah. Anak-anak kamu hidup di era penuh pengalih perhatian. Game, internet, televisi, pergaulan, dan masih banyak lagi.

Berikan ia kejutan, pelajari anakmu. Berikan apa yang ia mau. Jadikan ia lebih betah di rumah ketimbang melakukan kegiatan hura-hura dengan pergaulan yang tidak bisa kamu awasi.

Berikan ia kejutan dan ia akan lebih menyayangimu, kehidupan anakmu akan lebih bahagia. Keluargamu akan lebih bahagia. Tentu saja kejutan juga harus kamu berikan pada pasangan kamu.

2Ciptakan Momen dan Kenangan

youtube.com

Liburan itu penting. Tentu saja anakmu mengidamkan masa liburan sekolahnya yang penuh warna. Petualangan liburan yang bisa ia ceritakan di hari pertama masuk sekolah.

Inilah saat terbaik kamu dekat dengan anakmu. Inilah quality time untuk keluarga kamu. Kamu bisa menciptakan momen keluarga. Kamu bisa liburan ke berbagai museum, diselingi pantai dan air terjun.

Kamu bisa pulang ke pedesaan asri kampung kelahiranmu, mengenalkan anakmu pada etos kerja pedesaan yang penuh karakter. Membawa anakmu ke ladang luas sawah dan tebu. Mengajak anakmu ke peternakan sapi dan tambak ikan yang menyenangkan.

thesmartlocal.com
thesmartlocal.com

Apapun momen keluargamu, momen itu haruslah menyenangkan dan terukir dalam menjadi kenangan yang akan selalu ingin anakmu ulang di masa dewasanya nanti. Keluargamu akan bahagia dengan kenangan yang indah.

Jangan lupa untuk memastikan liburan dan momen yang indah juga dirasakan oleh pasanganmu. Kamu, pasanganmu, dan anakmu adalah keluarga yang utuh. Jadi kebahagiaan yang tercipta juga harus utuh.

3Jadilah Teladan

robasphibi.xpg.uol.com.br

Dekati anakmu saat ia murung. Dekati pasanganmu saat wajahnya menyiratkan letih. Berikan pelukan, berikan nasehat, jadilah pendengar yang tangguh. Jangan mudah bosan pada keluhan anakmu atau pasanganmu.

Dengan begitu saja kamu sudah menjadi teladan. Teladan atas bagaimana seorang orang tua atau pasangan memberikan kasih sayang yang full time. Bukan separuh jalan sisa-sisa kelelahan sepulang kerja.

Jadilah teladan tentang kedisiplinan, jadilah teladan tentang bagaimana mengelola keinginan, jadilah teladan tentang bagaimana menyikapi masalah dan ketidaksepaham dalam gagasan.

Jadilah teladan dalam menyikapi kebahagiaan.

Ajarkan anakmu tentang komunikasi, ajarkan ia untuk menjadi teladan. Ajarkan untuk menyikapi kebahagian. Ajarilah, bahwa bahagia itu sederhana. Ajarilah ia bahwa kebahagiaan itu ada pada apapun yang kamu miliki.

4Komunikasikan Tujuan

islamickidscorner.wordpress.com

Dasar dari hidup berkeluarga adalah tujuan. Dengan memahami tujuan, kamu akan dapat memilih dan memilah jalan mana yang paling benar untuk ditempuh dengan upaya mewujudkan tujuan.

Jadi, mulai sekarang pastikan dan tetapkan tujuan keluarga kamu. Jangan lupakan bahwa hidup adalah tentang kelahiran dan kehilangan, kesusahan dan kesenangan, serta banyak lagi pasang surut seputar kehidupan.

Pastikan bahwa menjadi apapun dirimu, menuju apapun keluargamu, tetaplah tanpa goyah memaknainya dengan ibadah. Karena ibadah memberikan makna pada kehidupan keluarga kamu.