Pernikahan tidak hanya menyatukan 2 insan saja, tapi 2 keluarga besar, keluarga besar itu tentu akan menjadi bagian dari kehidupan keluarga yang lain. Mereka menjadi 1 keluarga karena terhubung sebuah pernikahan.

Untuk itu sebuah keluarga agar menjadi indah harus ada cinta dan kasih sayang di dalamnya, harus ada kepedulian dan perhatian di dalamnya, tanpa itu akan sulit keluarga tersebut rukun dan nyaman.

Yang menjadi masalah mendasar para pasangan kita adalah sulitnya mencintai keluarga kita seperti hal nya mencintai keluarga sendiri, sudah banyak hal ini terjadi di kalangan masyarakat, menantu tidak akrab dengan mertua, bahkan ada yang enggan bertemu.

Memang tidak mudah mencintai keluarga pasangan itu, butuh pengorbanan waktu dan pikiran, hal ini juga dapat memicu ketidakharmonisan dalam keluarga.

Berikut 3 tips yang dapat kamu lakukan agar keluarga saling mencintai, seperti layaknya mencintai keluarga sendiri.

1Buka Hatimu, Bagilah Cinta

vemale.com

Cara yang pertama agar kamu dapat mencintai keluarga pasangan kamu adalah membuka hatimu dan berikan cinta pada mereka.

Dengan membuka hati kamu akan merasa dekat dengan mereka dan dengan memberikan cinta mereka juga akan terketuk hatinya.

Filosofinya mudah, jika ingin dicintai orang lain, maka cintailah orang itu dan ketika semua dilakukan dengan hati pasti akan sampai ke hati. Maka dari itu membuka hati dan mencintai mereka adalah langkah yang tidak bisa dihindarkan.

2Perhatian dan Kepedulian

idntimes.com

Memang perhatian dan peduli ini membutuhkan pengorbanan, kejelian dan kepekaan, tidak mudah memang, apalagi kalau sifat kamu yang aslinya cuek.

Tapi perlu diingat perhatian tidak melulu identik dengan memberi barang atau kemewahan, perhatian bisa saja dengan sering menanyakan kabar, bersilaturahim secara rutin dan memberi makanan yang mereka sukai.

Perhatian akan meluluhkan, akan menimbulkan cinta dan menimbulkan perhatian balik kepada orang yang memberikan perhatian.

3Menghormati Mereka Layaknya Menghormati Orang Tua Sendiri

tipsduadunia.blogspot.com

Sikap mental seperti ini sangat diperlukan untuk mencintai keluarga pasangan kamu,ketika kamu menghormati mereka, menyanjung mereka, tentu keluarga pasangan kamu juga akan menghormati dan menyanjung kamu.

Menghormati ini bukan hanya sekedar dalam bentuk bahasa lisan, tutur kata atau fisik dan bahasa tubuh, tapi juga keseluruhan  kultur, latar belakang atau siapa mereka sesungguhnya.

Mulai dari keturunan, status sosial, prinsip hidup sampai budaya hidup mereka.

Memang tidak akan mudah, tidak akn cepat, butuh proses panjang dan berliku, untuk itu kamu juga perlu kesabaran, keikhlasan dan ketegaran untuk menciptakan cinta diantara keluarga.

Semoga bermanfaat