Melihat kekuatan superhero di film-film rasanya memang terlalu mengada-ada dan mustahil dimiliki oleh manusia. Atau, kalaupun ada yang bisa melakukan hal yang luar biasa, orang langsung menduganya karena kekuatan supranatural atau berbau klenik.

Anggapan itu tidak sepenuhnya benar, karena sebenarnya ada banyak potensi pada tubuh manusia yang belum terungkap atau jarang dimiliki. Sehingga potensi itu serasa jadi sesuatu yang luar biasa dan bahkan dianggap mustahil.

Analoginya seperti para pesulap atau mentalist yang bisa menebak sesuatu yang mustahil karena permainan pikiran dan trik lainnya. Nah, tubuh kita ternyata juga bisa melakukan hal yang dirasa mustahil itu.

Mungkin kamu tak pernah menyangka sebelumnya, namun tubuhmu memiliki kemampuan jauh dari perkiraanmu. Berikut 4 kemampuan tubuh kita yang dianggap mustahil.

1Meramalkan Cuaca dengan Lutut

semangatis.me

Ada mitos yang dipercayai masyarakat barat, yakni ketika lutut dan pinggul sakit berarti akan ada hujan atau badai yang datang. Jadi tanpa harus membuka ramalan cuaca, seseorang yang cukup peka dengan lututnya bisa memprediksi juga.

Fenomena ini semakin dibenarkan setelah melihat sendiri kemampuan Esther Polatsek. Nenek berusia 66 tahun ini dapat dengan tepat meramalkan cuaca hanya dengan kepekaan lututnya saja.

Nenek itu dapat meramalkan cuaca ketika dia merasakan sakit pada lututnya. Jadi kapanpun dia merasakan sakit nyeri pada lututnya, berarti hujan badai akan segera datang.

id.aliexpress.com
id.aliexpress.com

Sekilas memang terdengar tidak masuk akal, dan tentu perlu ada pembuktian ilmiah melalui ilmu kedokteran. Penelitian di Tufts University menemukan, jika terjadi penurunan suhu sebanyak 10 derajat, para partisipan akan melaporkan nyeri yang dirasakan pada lututnya.

Setelah diteliti ternyata tekanan udara membantu menstabilkan sendi. Lalu penurunan suhu bisa mengubah ketebalan sinovial, yaitu cairan pelumas di sendi.

2Tubuh Sebagai Penghangat

voaindonesia.com

Mengutip dari liputan Men’s Health, ada aktivitas biksu di Tibet yang sepertinya mustahil dilakukan. Mereka mengeringkan selembar kain basah hanya dengan cara melilitkan kain tersebut pada tubuh telanjang mereka.

Ternyata tubuh punya kemampuan untuk menghangatkan ketika berada di suhu nol, tetapi harus dengan pegendalian pikiran.

rinso.co.id
rinso.co.id

Kalau biksu yang melakukan mungkin sangat mudah, mengingat mereka sudah terlatih dalam meditasi dan kekuatan fisik. Nah, seorang ilmuwan telah menguji sendiri teknik tersebut.

Teknik bernafas sambil membayangkan api pada bagian tubuh tertentu. Meskipun tak sampai mengeringkan kain basah dengan sepenuhnya, tapi paling tidak ada peningkatan suhu tubuh sehingga menjadi lebih hangat.

3Mengingat Segala Hal dengan Rinci

dailymail.co.uk

Kalau ini hanya terjadi pada manusia yang mengidap sindrom hyperthymesia. Secara bahasa hyper berarti berlebihan dan thymesia artinya mengingat.

Ini adalah sindrom yang memungkinkan seseorang untuk mengingat sesuatu yang terjadi pada pada dirinya secara rinci. Seorang pemuda sempat ramai dibicarakan publik, saat dirinya ‘curhat’ suka dukanya mengidap sindrom itu semenjak 6 tahun yang lalu.

Aurelien Hayman, pemuda 20 tahun asal Inggris ini memiliki kemampuan mengingat setiap peristiwa di tahun-tahun silam dengan rinci.

Ketika diuji dengan menanyakan peristiwa pada 1 Oktober 2016, Hayman bisa mengingat harinya, cuacanya, lagu yang didengarkan, bahkan gadis yang menolak ajakan kencannya.

Walaupun tak bisa dilakukan oleh semua orang, namun para peneliti percaya bahwa seseorang dengan otak rata-rata bisa mengingat banyak hal dengan memperbaiki cara mengingat dan saat pengambilan ingatan.

4Jantung yang Bisa Meramal

obatsakitjantungtradisional1.wordpress.com

Ada studi pada tahun 2012 yang menyimpulkan bahwa jantung bisa memprediksi beberapa detik sebelum suatu peristiwa terjadi.

Kesimpulan ini diambil setelah meminta partisipan penelitian untuk melihat gambar secara acak. Dan ternyata jantung sudah mampu memprediksi hal yang akan dilihat 10 detik sebelumnya.

Jadi saat sebelum melihat gambar, denyut jantung sudah memberikan alarm 10 detik sebelumnya.