Oleh: Nadiya Nurul Huda (Nurani FKM UI)

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sobat Muslim jika kita ditanya sedang hidup di zaman apakah kita?  Pasti ada sebagian sobat yang menjawab bahwa kita kini hidup di abad 21.  Iya benar memang, kini kita hidup di abad 21. Abad  ini merupakan abad yang didukung dengan kemajuan IPTEK yang sangat tinggi. Dengan kemajuan IPTEK ini terciptalah berbagai peralatan yang memudahkan dan mendukung  aktivitas manusia sehari-hari, seperti HP, komputer, LCD, dan lain sebagainya.  Tapi pernahkah teman-teman berpikir ada hal yang menarik dari peralatan tersebut? Lalu apakah hal yang menarik itu? Hal yang menarik dari semua peralatan tersebut yaitu peralatan tersebut diciptakan tak luput dari namanya buku petunjuk penggunaan kadang disebut juga user manual, owners manual, operating instructions, ataupun user guide.    Dalam buku petunjuk penggunaan tersebut, berisi mengenai cara penggunaan, fitur yang terdapat didalamnya, hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan dalam pengoperasian, dan berisi mengenai petunjuk apabila terjadi masalah (trouble sooting). Jika peralatan saja terdapat petunjuk, lantas bagaimanakah dengan manusia???

Allah memang maha penyayang bagi hamba-Nya, Ia tidak hanya menciptakan manusia terkatung-katung di bumi ini tanpa arah dan tujuan. Setelah Ia ciptakan manusia tak luput Allah ciptakan buku petunjuknya yaitu Al-Quran sebagaimana firman Allah:

Bulan Ramadhan ialah bulan yang didalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang salah)” (Q.S. Al-Baqarah : 185)

Dengan melihat ayat tersebut kita dapat mengetahui bahwa salah satu fungsi Al-Quran yaitu sebagai petunjuk bagi manusia untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Oleh sebab itu kawan mulai dari sekaranglah tak usah ragu untuk kembali bersentuhan dengan Al-Quran  untuk menentukan hakikat sesuatu bernilai baik atau buruk

Layaknya sebuah buku petunjuk yang memuat mengenai cara menghadapi masalah  begitu pula dengan Al- Quran sebagaimana firman Allah dalam surat Yunus ayat 57

“Hai manusia, Sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada dalam) dada dan petunjuk (pedoman) serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.”(Q.S. Yunus : 57).

Wah sungguh luar biasa yah Al-Quran ini sobat muslim, bahkan bukan hanya sebagai petunjuk dan penyembuh bagi penyakit hati namun Al-Quran sendiri diturunkan sebagai pembimbing, pengajaran,  dan kabar gembira sebagaimana firman Allah

“Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al-Quran dan Dia tidak mengadakan penyimpangan di dalamnya, melainkan sebagai bimbingan yang lurus.” (Q.S. Al-Kahfi: 1-2)

“Dan tiadalah ia (Al Qur-an), melainkan pengajaran untuk semesta alam.” (Q.S. AI Qalam: 52)

Sebagai petunjuk dan kabar gembira. “Kami turunkan kepadamu Kitab (Al Qur-an) yang menjelaskan segala sesuatu, petunjuk, rahmat dan kabar gembira bagi oranggorang muslim.” (Q.S. An Nahl: 89)

Nah apakah masih ada keraguan di benak sobat muslim untuk kembali kepada Al-Quran? Coba sobat muslim bayangkan jika suatu barang tidak digunakan sebagaimana yang termuat dalam buku petunjuknya apa yang akan terjadi pada barang tersebut? Tentunya barang tersebut akan bermasalah, lalu rusak, dan akan tidak bernilai bukan? Nah manusia layaknya barang tersebut apabila kita hidup tak berpedoman maka manusia pun akan sama dengan barang tersebut. Nah jadi masih ragu untuk kembali kepada Al-Quran? Jangan ragu yah karena Allah berfirman

Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya petunjuk bagi mereka yang bertakwa (Q.S. Al-Baqarah: 2) 

Akhir kata saya ucapkan yuk kita kembali kepada Al-Quran yang merupakan petunjuk  bagi kita semua sebagai umat muslim, apalagi momentnya sekarang pas banget nih lagi bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan setiap amal akan dilipatgandakan.

SHARE