Bumi semakin padat dipenuhi populasi manusia. Dari perkotaan, pedesaan semuanya sesak terisi bangunan dan makhluk-makhluk sosial. Bahkan di kutub, di gurun, di gunung, atau di hutan juga ada manusia.

Hampir tidak ada alam liar yang belum pernah tersentuh tangan manusia. Namun, untungnya masih ada sudut-sudut terpencil di bumi ini, alam liar yang betul-betul murni.

Lonely Planet’s mengabadikan gambar-gambar menakjubkan alam liar dalam sebuah buku berjudul Wild World.

Buku yang bertujuan untuk menampilkan sudut terliar di bumi dan memanggil semua hewan untuk pulang habitat alam liarnya.

Buku Wild World yang baru terbit pada akhir tahun 2015 ini berisikan 198 gambar dengan halaman penuh. Semuanya dikuratori dengan hati-hati oleh para ahli fotografi di Lonely Planet’s.

Sebetulnya buku ini adalah kelanjutan dari buku yang terbit sebelumnya, yakni Beautiful World berisikan 300 gambar menawan dan menjadi bestseller di dunia.

Apakah buku Wild World akan menjadi bestseller juga? Itu tergantung kamu yang menentukan dengan cara membelinya di toko buku langganan kamu.

Berikut spoiler dari buku tersebut yang akan membuatmu takjub.

1Air Terjun Tertinggi dan Terluas

dailymail.co.uk

Air terjun Iguazu, Argentina memiliki ketinggian maksimum 82 meter, dengan jarak lebar terjauh adalah 2,7 km. Pada tahun 2011 dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia

Keunikan air terjun ini adalah bentuknya yang bersusun dua. Jadi air dua kali jatuh dari ketinggian yang sama. Air terjun ini merupakan perbatasan antara negara Argentina dan Brasil.

2Hutan Thuringian, Jerman

dailymail.co.uk

Hutan Thuringian, di wilayah Thuringia, Jerman disebut sebagai jantung alam hijaunya Jerman. Namun, tentu akan menjadi berwarna putih saat musim salju tiba.

Thuringia adalah wilayah kecil, padat akan hutan negara, terkenal karena padang gurun, olahraga musim dingin dan tempat hiking trail yang paling terkenal di Jerman.

3Wilhelmina Bay, Antartika

dailymail.co.uk

Aliran es di Wilhelmina Bay, Antartika. Seeokor anjing laut nampak bersandar pada sebuah sebuah gumpalan es yang terapung.

Dia harus tetap berhati-hati setiap saat kehadiran predator laut akan mengancam nyawanya. Dengan pemanasan global yang mencairkan es, para predator telah belajar bagaimana untuk menyapu mangsa dan menariknya ke laut.

4Kawanan Rusa di Swedia Lapland

dailymail.co.uk

Kawanan Rusa berderap di atas salju di Swedia Lapland. Dekat dengan Gällivare, sebuah kota terpencil 60 mil di dalam lingkaran Arktik. Terlihat banyak rusa yang tidak memiliki tanduk.

Padahal kebanyakan keturunan jantan dan betina memiliki tanduk, tetapi mereka kehilangannya diwaktu sebelumnya.

5Torres del Paine, Chili

dailymail.co.uk

Paine yang massif di Torres del Paine, Chili. Daya tarik utama dari Taman Nasional Chili Patagonia ini adalah pada danau, pegunungan, gletser, dan sungai.

6Teluk Peggy, Nova Scotia, Kanada

dailymail.co.uk

Teluk Peggy yang berada di Nova Scotia, Kanada. Sebuah pemandangan matahari terbenam tampak dari pantai St Margaret Bay. Menjadi tanda Lighthouse akan segera memulai gilirannya.

Mercusuar berkedip Lightgouse adalah ikon dari pantai Atlantik Kanada.

7Danau di Carezza, Dolomites, Italia

dailymail.co.uk

Danau, hutan cemara, dan pegunungan salju di Carezza, Dolomites, Italia. Genangan air di musim semi ini terkenal karena warna yang menakjubkan.

‘Danau dari pelangi’, dibatasi oleh hutan cemara yang padat, menjadi cermin dan memantulkan bayangan gunung paling barat Dolomites.

8Taman National Kahurangi, Selandia Baru

dailymail.co.uk

Taman National Kahurangi dalam kawasan South Island, Selandia Baru. Puncak pegunungan ditaburi salju pada taman terbesar kedua di Selandia Baru.

Sungai memantulkan bayangan awan dan nampak begitu indah.

9Oasis di Gurun Sahara

dailymail.co.uk

Oasis Gaberoun adalah oasis langka yang berada di daerah Idehan Ubari, Libya. Dalam padang pasir Sahara berdekatan denagn oasis hijau di sekitar danau Gaberoun yang asin.

Ada sebuah pemukiman suku Tuareg di danau Gaberoun ini.

10Ratusan Ribu Koloni Penguin raja

dailymail.co.uk

Ratusan ribu koloni penguin raja yang menakjubkan di South Georgia. Penguin dan anak-anaknya berjumlah sekitar seperempat juta. Mereka berkumpul di Salisbury Plain di South Georgia, tepat di selatan Samudera Atlantik.