Apakah kamu sedang mengalami batuk-batuk? Apalagi jika batuk tersebut disertai dahak, tentu sangat tidak nyaman.

Dahak merupakan lendir yang dikeluakan oleh saluran lendir pada saluran pernapasan. Dahak diproduksi tubuh ketika tubuh sedang mengatasi proses peradangan atau mungkin akibat reaksi tubuh terhadap alergi.

Nah, dahak itu sendiri bisa disebabkan oleh flu atau pilek ringan dengan penyebab lainnya. Seperti iritasi, sakit paru-paru atau keadaan medis lain yang menyebabkan dahak menggumpal pada paru-paru.

Dahak juga bisa disebakan oleh infeksi bakteri atau virus pada paru-paru, seperti bronkitis atau radang paru-paru.

Kamu juga perlu wasapada dengan kondisi di lingkungan sekitarmu, seperti asap rokok atau kebiasaan merokok.

Hindari kebiasaan merokok karena selain dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya bagi diri sendiri juga berdampak buruk bagi orang lain yang menghirup asap rorok.

Maka dari itu gaya hidup yang sehat harus kamu tanamkan agar terhindar dari kondisi ini, dan tentunya pola hidup sehat sangat baik bagi kesehatan.

Karena asap-asap, debu atau asap dari unit pembakaran dapat menyebabkan iritasi sehingga menyebabkan lendir.

Dahak juga bisa disebabkan oleh bulu hewan peliharaan, misal saja kucing. Bagi orang tertentu bulu-bulu hewan ini bisa menyebabkan kondisi tersebut.

Bagi kamu yang memiliki sakit asma, paru-paru, atau bekuan dalam pembuluh darah, sebagian besar dapat menyebabkan batuk berdahak.

Batuk tersebut biasanya terjadi selama kurang lebih tiga minggu. Dan ternyata kebanyakan obat pilek dan obat batuk kering juga bisa menyebabkan lendir ini.

Batuk yang terjadi tersebut bisa disebabkan oleh tuberkulosis atau infeksi paru-paru.

Selain hal di atas, dahak yang biasanya terjadi di waktu pagi hari biasanya lebih kental. Mengapa hal ini terjadi? Karena selama kita tidur tubuh tidak mengkonsumsi cairan.

Ketika bangun minumlah air putih yang banyak agar dahak lebih encer dan mudah dikeluarkan.

Pastikan sebelum tidur kondisi tempat tidur bebas dari debu agar pernapasan tidak terganggu. Selamat menjalankan hidup sehat dan bersih, maka penyakitpun akan enggan menghampirimu.