Mentruasi atau haid adalah siklus bulanan yang dialami wanita pada umumnya.

Ketika mengalami haid, seringkali wanita merasakan nyeri di sekitar perut. Nyeri haid yang di alami tiap wanita berbeda-beda.

Adalah hal yang sebenarnya normal, wanita merasakan rasa nyeri itu. Akan tetapi jika nyeri tersebut berlebihan hingga sulit beraktivitas, sebaiknya kamu mulai waspada.

Apa sih yang menyebabkan sakit saat menstruasi? Terdapat beberapa faktor penyebab nyeri haid. Antara lain kram, endometriosis, fibrioid, Pelvic Inflammatory Disease (PID).

Apakah kamu sering mersakan kram ketika haid? Nah, kram penyebabnya adalah kontraksi pada rahim. Hampir semua wanita mengalami kram saat menstruasi, hal itu biasanya berlangsung satu hingga tiga hari.

Kram tersebut terjadi kerana kontraksi pada rahim terlalu intens, dapat mendorong pembuluh darah akibatnya suplai oksigen ke jaringan otot rahim terhambat. Hal itu menimbulkan rasa kram yang sangat menggannggu.

Salah satu penyebab lain timbulnya rasa sakit saat menstruasi adalah endometriosis. Hal ini bisa terjadi saat endometrium yaitu jaringan di sepanjnag garis uterus atau rahim tumbuh keluar uterus.

Ketika endometrium ini tumbuh keluar maka timbul rasa sakit yang tak tertahankan. Segera periksakan ke dokter jika kamu merasakan ssakit yang tajam ketika haid.

Penyebab lain yakni fibroid. Fibroid merupakan jenis tumor jinak yang tumbuh di dinding uterus. Wanita yang berusia 30 tahun ke atas, sekitar 30 persenya kerap mengalami fibroid.

Adanya tumor jinak ini biasanya ditandai dengan pendarahan yang cukup banyak di rahim. Memang fibroid tidak selalu mebahyakan, namun ia bisa mempengaruhi kesuburan dan berpotensi menyebabkan keguguran.

Selanjutnya adalah PID (Pelvic Inflammatory Diseas)  yakni infeksi pada organ reproduksi wanita yang biasanya disebabkan oleh penyakit kelamin menular.

Penyakit ini tidak selalu diketahui oleh wanita karena gelajanya tidak begit terlihat. Jika infeksi ini dibiarkan lama dampaknya bebahaya yaitu bisa kesulitan hamil.

Memang rasa nyeri itu adalah hal yang wajar, namun jika kamu merasakan nyeri yang berlebihan sebaiknya segera perikasakan ke dokter.