Zaman sekarang, informasi memang sangat mudah didapat. Orang-orang bisa dengan mudah mengakses informasi apa saja dari mana saja.

Saking banyaknya informasi yang didapat, pasti hampir susah membedakan mana berita yang benar dan salah.

Ternyata, awal mula tren penyebutan hoax berasal dari film The Hoax (2006). Film drama Amerika ini dinilai cukup kontroversial, karena dinilai sebagai salah satu film yang penuh kebohongan. Kemudian hoax mulai viral di dunia, termasuk di Indonesia.

Berikut alasan kenapa hoax gampang dipercayai oleh orang Indonesia:

1Tidak Kritis dan Malas Kroscek

jalantikus.com

Kritis itu masalah pola pikir. Orang Indonesia memang tidak terlatih berpikir kritis, kurang rasa keingintahuannya. Bahkan, sejak sekolah, kurikulum pendidikan di Indonesia hanya fokus pada aktivitas menghapal, bukan menganalisa.

Karena kebiasaan sejak kecil yang seperti itu, mungkin saja kita jadi terbiasa untuk menerima mentah-mentah apa yang disodorkan.

Justru kalau kita sering mempertanyakan hal tersebut, kita malah dianggap membangkang. Padahal sikap kritis itu sangat diperlukan. Apalagi dengan adanya internet yang menyajikan semua informasi bebas akses.

2Ada Kaitan dengan SARA

papasemar.com

Percaya atau tidak, kalau hoax berkaitan dengan sebuah kepercayaan yang kita pegang atau anut, maka kebohongannya akan lebih cepat diterima.

Contohnya, orang Indonesia yang cepat sekali terpancing emosinya terhadap hal-hal yang berbau Suku, Agama dan Ras.

3Tingkat Popularitas Informasi

cnn.com

Setelah berita hoax tersebut bisa dengan mudah disebarluaskan, lama kelamaan kita akan menjadi terbiasa.

Jika sudah dalam keadaan kebal, saking seringnya memperoleh berita palsu, maka bisa saja mata kita menjadi tertutup pada kebenaran yang ada.

Wah, bisa lebih bahaya lagi itu. Sebab kitaakan menjadi tidak peduli, mengabaikan kesalahan, bisa-bisa dunia ini hancur di masa depan.

4Ketertarikan

concourse.io

Orang Indonesia memang mudah tertarik dengan berita hoax karena topiknya yang menarik dan unik. Berita palsu biasanya dibuat dengan judul semenarik mungkin agar banyak yang membaca.

Barangkali faktor pendidikan mempengaruhi cara berpikir dan bersikap seseorang. Termasuk bagaimana merespon sebuah informasi yang masuk.

5Percaya Media Abal-Abal

kris170845.wordpress.com

Apakah kamu sadar bahwa biasanya berita hoax berawal dari postingan di media sosial atau blog-blog yang tidak jelas pemiliknya?

Karena menurutnya, informasi seperti itu tidak akan mungkin dimuat di media yang jelas kredibilitasnya. Karena media kredibel pasti akan selalu melakukan cek dan ricek informasi.

Sebagai netizen, kita juga harus cerdas. Setelah membaca suatu postingan atau artikel apapun di Internet, lihat dari mana sumbernya berasal. Apakah itu situs cukup valid.

Sebelum memencet tombol “share” , pastikan kita membagikan berita yang sudah jelas sumbernya.

Hati-hati ya!

SHARE