Pusat operasi plastik (oplas) terbaik di dunia kini dipegang oleh Korea. Saking menjamurnya, hampir semua perempuan Korea punya wajah lucu menggemaskan yang sulit dibedakan.

Anehnya, mereka punya alasan untuk menjadikan oplas ini sebagai kegiatan wajib. Wah, kenapa ya?

1Bentuk Wajah Bawaan Bikin Nggak Pede

forums.soompi.com

Orang Korea memiliki bentuk wajah sebagaimana para wanita dan pria di rumpun Asia. Hal yang paling menonjol adalah mata yang sipit.

Sehingga tidak aneh jika 95% wanita Korea melakukan operasi plastik pada lipatan kelopak mata.

Bukan hanya itu, 75% orang Korea memiliki bentuk rahang persegi yang berbeda dibanding wajah Asia umumnya.

Sehingga 60% dari mereka melakukan operasi bone structure untuk mendapatkan rahang V-shape. Biasanya, yang tidak V, disebut tidak cantik atau tampan.

2Mengikuti Tren

halloindo.com

Operasi plastik di Korea sudah marak sejak tahun 2000-an, namun tren operasi plastik makin marak, sejak industri hiburan Korea meledak.

Artis tampan dan cantik yang membuka rahasia kecantikan mereka lewat oplas membuat masyarakatnya berbondong-bondong ingin tampil cantik sebagaimana para idola mereka.

3Budaya Homogen

sidomi.com

Orang Korea memiliki kecenderungan untuk selalu terlihat sama dan merata. Budaya inilah yang membuat mereka masih tetap memegang teguh tradisionalitas dalam setiap lini kehidupan.

Berbeda dengan Jepang yang heterogen dan bersedia tampil unik, orang Korea lebih senang tidak dianggap aneh karena berbeda.

Maka, mulai dari fashion hingga operasi plastik pun akan cenderung menghasilkan satu kriteria yang sama: wajah V, tubuh S, mata terlihat lebih lebar, dll.

4Jalan Mudah Untuk Sukses

soulsrebel.wordpress.com

Banyak orang Korea percaya bahwa cantik atau tampan adalah jalan untuk sukses. Cantik juga meningkatkan rasa percaya diri dan kekuatan yang mereka miliki.

Bahkan, 25% ibu di Korea menyarankan putrinya untuk operasi plastik sejak usia 12 hingga 16 tahun. Sehingga kaum artis hingga orang awam pun berbondong-bondong operasi plastik.

5Punya Standar Sendiri

youtube.com

Orang Korea sejak mampu “melihat” dunia luar, pada akhirnya menetapkan standar cantik sendiri.

Wanita cantik itu yang memiliki mata lebar seperti bule, hidung bangir, bibir seksi, tubuh langsing, dan bentuk wajah rupawan.

Dan semua hal itu hanya terjadi dengan perubahan bentuk wajah melalui operasi plastik.

6Kecenderungan Psikologis

penulispro.com

Berdasarkan sebuah survey, 85% orang korea memiliki kecenderungan mental dan psikologis yang buruk. Maka kejadian bunuh diri terbesar pun ada di Korea.

Keadaan ini membuat masyarakatnya pun tidak siap mental menghadapi berbagai perubahan. Sehingga mereka juga akan cenderung labil dalam mengikuti arus maraknya operasi plastik.