Poligami merupakan salah satu hal yang selalu hangat dibicarakan masyarakat. Bagi sebagian besar masyarakat memandang hal ini merupakan sebuah pernikahan yang tak lazim. Karena banyak yang bilang punya 1 istri saja sudah susah apalagi lebih dari 1.

Poligami di jaman sekarang juga banyak pro dan kontra, poligami terkesan buruk di masyarakat, hal ini karena memang yang diberitakan media hal-hal buruk saja. Mereka yang benci dengan islam tentu menjadi senjata untuk membuat islam menjadi buruk.

Padahal tidak sepenuhnya yang diberitakan media itu benar, banyak yang bahagia karena poligami. Bagi kamu yang penasaran dengan poligami, tulisan dibawah ini mungkin akan sedikit beri kamu pencerahan.

1Bukan Anjuran Tapi Diperbolehkan

muslimahcorner.com

Poligami bukan anjuran tapi diperbolehkan dalam agama islam, oleh karena itu tidak boleh wanita yang mengaku agama islam menganggap poligami itu haram atau membenci hukum poligami.

Memang dijaman sekarang poligami selalu terkesan tidak adil, terkesan mencari wanita yang lebih muda, yang lebih segar atau yang bisa memberi keturunan. Tapi itu hanya kesan dan pendapat manusia saja. Bahkan pendapat manusia sering mengada-ada.

Hal semacam itu tidak terjadi sepenuhnya, kalau pun terjadi itu bukan karena hukum poligaminya, tapi karena sifat orangnya, jadi tidak bisa para wanita membenci hukum poligami, yang dibenci adalah sifat orang tersebut.

Oleh karena itu poligami diperbolehkan kepada lelaki yang dewasa, yang baik agamanya, yang cukup hartanya dan tentunya orang tersebut selalu dekat dengan ALLAH Swt.Jika lelaki itu kurang baik dalam segala hal maka lebih jangan melakukan poligami.

2Riwayat Hidup Rasulullah

wahdah.or.id

Siapa yang berani mengelaknya? Poligami merupakan bagian dari sejarah kehidupan Rasulullah, tapi tentu poligami yang dilakukan beliau, bukan hanya sekedar poligami karena nafsu syahwat.

Rasulullah insan yang mulia, beliau mempunyai alasan yang jelas, yang tepat dan sangat bermanfaat ketika berpoligami.  Beliau berpoligami pun juga tidak asal-asalan, wanita-wanita yang terpilih, terbaik untuk strategi dakwah yang beliau nikahi.

3Lebih Baik dari Selingkuh

news.metrotvnews.com

Siapa sich yang rela suaminya berduaan dengan wanita lain? Tentu tidak ada, hanya wanita yang selingkuh yang mengizinkan suaminya selingkuh. Poligami berbeda dengan selingkuh, kalau selingkuh itu diam-diam, poligami terang-terangan dan sah.

Selain itu selingkuh juga berdosa, hanya menikmati enaknya saja, beda banget dengan poligami, tetap taat pada syariat plus dilakukan dengan tanggung jawab.

4Cinta Memang Harus Berbagi

suara.com

Kita sebagai manusia harus sadar betul bahwa cinta berasal dari ALLAH, ALLAH yang memberikan rasa cinta kepada manusia, melewati hatinya lalu membikin manusia bahagia.

Jika sudah jelas cinta bukan milik kita, pastinya dengan membagi karunia ALLAH tersebut akan membuat kita semakin bahagia, bahkan bahagia luar biasa.

Jika kita mengklaim cinta dari manusia sendiri, maka akan timbul ketergantungan pada manusia dan akan berakibat buruk pada kehidupan.

Banyak di jaman sekarang para anak muda yang mengklaim cinta akhirnya bunuh diri karena patah hati cintanya ditolak sang pujaan hati.

5Bukan Milikmu Sepenuhnya

basabasi.co

Pada hakikatnya manusia lahir tidak mempunyai apa-apa, hidup di dunia pun hanya menikmati sebentar saja, ketika mati pun tidak bawa apa-apa kecuali amal saja, jadi harta maupun keluarga itu semua hanya selingan titipan kehidupan.

Jadi semua ini milik ALLAH dan akan kembali kepada ALLAH, jika poligami diperbolehkan oleh ALLAH, maka itu pertanda jelas bahwa suamimu bukan sepenuhnya milikmu, bukankah begitu?

6Wanita Super Tangguh

jogja.tribunnews.com

Tentu hanya wanita tangguh yang mampu membagi cinta dan suaminya, ia juga sudah paham bahwa cinta sejati bukan dari manusia. Manusia hanya perantara bahagia didunia, tetap ALLAH lah yang jadi prioritas utama.

77 Bidadari di Surga

ukhtiindonesia.com

Para lelaki yang masuk ke surga, dijanjikan 7 bidadari oleh ALLAH dan kemungkinan salah satunya adalah istrinya sendiri. Mau tidak mau itulah yang diberikan ALLAH, lelaki diberi istri-istri dari manusia dan bidadari. Bukankah itu juga termasuk poligami?

Tulisan ini bukan untuk menyemangati lelaki untuk poligami, bukan pula terus membenarkan para lelaki yang poligami, tapi hanya untuk mengubah cara pandang wanita tentang poligami.

Wallahu’alam bishawab, semoga sedikit ini bermanfaat ya.