Salah satu yang khas dari bulan Ramadhan adalah sholat tarawih. Sholat ini memiliki hukum sunnah muakkad yang berarti sunnah namun sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Sholat tarawih hanya ada di bulan Ramadhan saja, berjumlah 8 atau 20 rakaat dan dibagi menjadis etiap dua rakaat, dijalankan secara berjamaah di masjid, dan setelah sholat isya’.

Sholat tarawih masuk kategori sholat malam, namun dilakukan sebelum tidur dan setelah sholat isya’ langsung.

Pada awal bulan Ramadhan, biasanya masjid-masjid akan ramai oleh para jamaah untuk menjalankan sholat ini. Namun sayangnya, setelah Ramadhan berjalan semakin mendekatai akhir justru banyak jamaah yang mulai enggan menjalankannya.

Padahal, jika kita melaksanakan sholat tarawih secara rutin hingga Ramadhan berakhir, maka kenikmatan-kenikmatan seperti akan bisa kita dapatkan.

1Mempersiapkan Suasana Hati Tenang Sebelum Tidur

relakssminda.blogspot.com

Setelah menjalankan sholat tarawih, ada jamaah yang masih berdiam di masjid untuk mengikuti tadarus Qur’an, namun ada juga yang memilih pulang ke rumah dan tilawah Qur’an di rumahnya sendiri.

Bagaimana perasaanmu setelah pulang menjalankan sholat tarawih di masjid? Pastinya hati akan menjadi lebih tenang dan nyaman. Sehingga dengan ketenangan dan kenyamanan tersebut bisa membuat seseorang tidur dengan nyenyak dan esok bangun sahur tubuh terasa segar.

2Suasana Keakraban dengan Mayarakat

ikapunyaberita.wordpress.com

Walaupun ke masjid tujuannya tentu saja adalah untuk beribadah, namun tak menutup kemungkinan kita akan semakin akrab dengan masyarakat tetangga kita bukan?

Mana lagi suasana ibadah di masjid yang paling banyak jamaahnya selain sholat tarawih di bulan Ramadhan?

Jika setiap malam ketemu dalam ketaatan kepadaNya, maka akan tercipta suasana keakraban dan kenyamanan persaudaraan antar masyarakat di tempat tinggal masing-masing. Iya kan?

3Ceramah Keagamaan Setelah Sholat yang Dapat Menambah Ilmu

www.fikihkontemporer.com

Setelah sholat tarawih, biasanya akan ada ceramah dari khatib. Ceramah tersebut bisa bertema seputar Ramadhan, Islam secara global, atau tema lain tentang kehidupan.

Dengan ceramah yang didengar setiap hari, bahkan setiap malam menjelang tidur tersebut, selain bisa menambah ilmu juga bisa menjadi sarana introspeksi diri.

Nah, dengan kenikmatan-kenikmatan tersebut, masihkah kamu rela kehilangan Ramadhan tanpa mencicipi manisnya sholat tarawih?