Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa urutan kelahiran mempengaruhi kepribadian seseorang. Hal ini berkaitan erat dengan cara perlakuan orang tua terhadap masing-masing anak.

Meskipun semua orang tua berusaha keras untuk membagi kasih sayang dan memberikan perlakuan yang sama pada semua anaknya. Namun disadari atau tidak, tetap ada perbedaan perlakuan.

Berikut ini beberapa kepribadian seseorang dilihat dari urutan kelahiran dalam keluarga.

1Anak Pertama

bahasa.aquila-style.com

Anak pertama tentu saja pernah merasakan menjadi anak tunggal. Anak pertama mengalami masa-masa bahwa kasih sayang orang tuanya tercurah limpah hanya kepadanya.

Begitu juga dengan orang tuanya. Anak pertama adalah penyempurna kebahagiaan keluarga kecil semenjak mereka menikah. Alhasil semua yang terbaik yang diberikan kepada si anak termasuk dalam hal cara mendidik.

Namun, saat si adik hadir ditengah-tengah keluarganya, semua tak lagi sama. Dari kasih sayang yang awalnya hanya untuk dia tiba-tiba harus terbagi menjadi dua.

Saat tumbuh dewasa, biasanya anak pertama menjadi orang yang paling bisa diandalkan di rumah. Sering kita jumpai bahwa pengorbanan anak pertama sungguh sangat besar untuk keluarganya.

Seperti cerita dalam novel Tere Liye yang berjudul Bidadari-Bidadari Syurga. Laisa sebagai anak pertama rela hidup di kampung dan tidak bersekolah tinggi demi keluarganya.

www.muslimah.or.id
www.muslimah.or.id

Sedangkan adik-adiknya mencapai puncak kesuksesan. Ada yang menjadi dosen, ada yang menjadi pengusaha, dan ada yang menjadi peneliti alam yang sukses.

Dalam hal kepemimpinan dan mengatur segala sesuatu, anak pertama nomor satu jika dibandingkan dengan adik-adiknya. Selain itu ia juga bekerja keras penuh dedikasi serta bertanggung jawab.

2Anak Kedua

www.trivia.id

Tak seperti anak pertama yang mendapatkan curahan kasih sayang penuh dari orang tuanya. Sejak kelahiran anak kedua, ia diajarkan untuk berbagi dengan saudaranya.

Begitu juga dengan orang tua yang juga masih belajar untuk berbagi dengan adil untuk semua anaknya.

www.dakwatuna.com
www.dakwatuna.com

Anak kedua biasanya tumbuh menjadi anak yang menyenangkan, suka menjadi penengah dalam suatu konflik, mudah bergaul, dan disenangi banyak orang. Hal ini disebabkan bahwa sejak kecil ia terbiasa melakukan hal-hal demikian.

Jika dihitung dari jumlah teman yang bermain ke rumah, maka anak kedua memiliki jumlah teman yang lebih banyak dibandingkan saudara-saudaranya.

3Anak Terakhir

www.dakwatuna.com

Anak terakhir dalam istilah jawa disebut juga anak ragil. Apa yang ada dalam bayanganmu tentang anak terakhir? Tepat sekali, sifat manja sangat melekat pada diri anak terakhir.

Ia tak hanya mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya, namun ia juga mendapatkan perhatian dari kakak-kakaknya. Terlebih jika jarak usia dengan kakak-kakaknya cukup jauh.

Namun sifat positif yang dimiliki anak terakhir adalah ia menjadi anak yang paling kreatif. Posisinya yang paling muda di keluarga membuatnya lebih bebas mengekspresikan diri.

Banyak penelitian yang menunjukan bahwa anak terakhir biasanya sukses dalam bidang-bidang kreatif seperti seni.

Beberapa uraian di atas merupakan penilaian terhadap kebanyakan orang. Namun, tetap saja belum tentu semua orang mengalami hal yang demikian. Apakah kamu setuju dengan uraian di atas?

Bagaimanapun juga masing-masing anak memiliki kelebihan dan kekurangan. Bahkan anak yang dilahirkan kembar dan diperlakukan selalu sama oleh kedua orang tuanya sekalipun memiliki sifat yang berbeda.

www.rachm4wati.blogspot.com
www.rachm4wati.blogspot.com

Perbedaan sifat juga berkaitan dengan pengalaman hidup yang ia jalani. Sebagai contoh anak yang dibesarkan di kota cenderung lebih berani dan percaya diri mengungkapkan isi hatinya.

Berbeda dengan anak yang dibesarkan di perkampungan yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai sopan santun. Berapapun urutan kelahiranmu dan bagaimanapun kepribadianmu, percayalah bahwa kamu istimewa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here