Seperti halnya makan, tidur adalah kebutuhan pokok yang pasti secara sadar atau tidak sadar dilakukan manusia. Tubuh seperti hal lainnya juga butuh diistirahatkan dari mekanisme kerjanya.

Pola tidur kita juga sangat mempengaruhi kesehatan lho! Kebanyakan tidur tidak baik karena akan membuat lemak makin menumpuk. Kurang tidur juga jauh lebih tidak baik karena memicu langsung penyakit seperti jantung dan stroke.

Kurang tidur juga akan membuat tubuh menjadi lesu dan mood makin berkurang. Pola tidur yang baik adalah tidur dengan lama 7-8 jam perharinya. Dengan tetap menaruh mayoritas waktu di malam hari, sisakan 1 jam untuk tidur di siang hari.

Karena begitu pentingnya tidur, banyak orang berusaha untuk membuat tidurnya senyenyak mungkin. Posisi tidur pun dikondisikan agar nyaman, dan mudah terlelap.

Menurut penelitian ternyata posisi tidur ini ada artinya lho! Posisi tidur ini menunjukkan kepribadian seseorang.

Jadi, kamu bisa memeriksa kepribadian temanmu atau saudaramu saat tidur. Walau tidak sepenuhnya akurat, namun umumnya banyak yang benar.

Apa saja posisi tidur itu dan kepribadian apa yang identik dengannya? Simak ulasan berikut ini.

1Posisi LOG

getbestoutofwaste.net

Posisi tidur ini tubuhnya menyamping dengan kaki lurus, salah satu tangan menempel pada paha sementara tangan lainnya berada di bawah atau diselipkan di bawah bantal.

Buat yang tidur dalam posisi ini memiliki kepribadian yang senang bergaul atau bersosialisasi. Orangnya ramah, menyenangkan, dan pembawaan yang santai.

Mudah percaya, dan selalu memelihara kepercayaan yang diberikan kepadanya. Kelemahannya karena mudah percaya kepada orang asing, sehingga mudah ditipu oleh orang lain.

2Posisi Yearner

getbestoutofwaste.net

Tak beda jauh dengan posisi log, posisi yearner tubuhnya menyamping dengan kaki lurus, namun kedua tangan melipat ke arah dada.

Banyak yang bilang, seseorang yang tidur dalam posisi ini termasuk tipe orang yang sinis dan mudah curiga. Selain itu, ia juga pandai berpura-pura.

Walaupun lambat dalam mengambil keputusan, tapi sekali memilih, ia pasti dengan teguh memegang pilihan dan pilihan tersebut. Kelebihan lain orang ini adalah punya pikiran terbuka dan senang mencoba hal baru.

Banyak dokter menyarankan posisi ini karena posisi ini dapat mengurangi risiko sleep apnea atau gangguan tidur berupa penghentian napas sementara.

3Posisi Soldier

getbestoutofwaste.net

Seperti namanya, posisi soldier seperti seorang tentara berbaris, dengan tubuh lurus, tangan dan kaki juga lurus. Kepribadian orang dengan posisi tidur seperti ini adalah orang dengan hidup yang sangat teratur.

Selain itu ia juga menjunjung tinggi kehormatannya dan berusaha menjadi orang yang kuat. Ia juga tipe orang pendiam dan sangat benci keributan. Sayangnya posisi ini dianggap beresiko pada kesulitan bernapas dan tidur kurang nyenyak.

4Posisi Freefaller

getbestoutofwaste.net

Dalam bahasa keseharian kita biasa disebut telungkup atau tengkurep. Posisi tidur seperti ini, orangnya cenderung aktif dan mampu bekerja di bawah tekanan.

Namun sayangnya ia termasuk orang yang mudah gugup, tak senang dikritik, dan bisa bersikap sangat jahat dalam kondisi tertentu.

5Posisi Starfish

getbestoutofwaste.net

Mirip seperti posisi soldier, namun kedua tangan berada di atas kepala. Kepribadiannya termasuk orang yang suka membantu orang lain, dan mudah mendengarkan tuturan kata orang lain. Namun ia tidak suka menjadi pusat perhatian.

6Posisi Fetal

getbestoutofwaste.net

Ini adalah posisi yang paling banyak dilakukan oleh orang dengan angka survei mencapai 41%. Kepribadiannya bercirikan pada sikap yang keras dan agresif, namun di sisi lain juga memiliki sisi sensitif yang diam-diam membutuhkan perlindungan.

7Posisi Campuran

littlethings.com

Sebenarnya posisi tidur itu fleksibel, dan banyak yang posisinya berubah-ubah alias campuran. Kepribadian yang posisi tidurnya campuran adalah peragu, dan mudah stres. Kebiasaan ini juga menunjukkan dia seseorang yang takut akan komitmen.