Kalau ada barang bekas tak terpakai di rumahmu, jangan buru-buru dibuang. Kalau kamu menemukan barang-barang bekas di lingkungan sekitar, misalnya di sekolah atau di kantor, coba saja minta izin sama guru untuk membawanya pulang.

Lho, untuk apa barang-barang tak berguna itu justru di simpan? Eits, jangan salah. Barang-barang itu akan disulap menjadi benda yang sangat bermanfaat, bahkan bernilai jual tinggi lho. Tidak percaya?

Yuuk, buktikan bahwa barang-barang bekas yang tampak seperti sampah, sebetulnya masih bisa dikreasikan menjadi  banyak model seperti berikut.

1Pot

artikelbunda.com

Ingin punya kebun atau taman kecil di rumah, tapi tak ada lahan? Pakai saja sistem tanam vertikal atau vertical garden yang memang sudah merambah di perkotaan.

Kamu tidak perlu repot lagi memikirkan lahan yang sempit, bagaimana cara meluaskan halaman rumah hanya untuk menghijaukan lingkungan dengan tanaman. Pakai saja botol bekas sebagai media tumbuh.

Bekas botol minum yang kesannya jelek, bisa berubah menjadi indah lho kalau kamu pandai mengatur tata letak dan kesesuaian warna. Jika kebetulan warna botol berbeda-beda, kamu bisa mengecat botolnya terlebih dahulu.

Jangan lupa sediakan benang untuk menali botol-botol itu agar serasa nempel di tembok atau pagar rumah kamu.

2Bunga

morfo9.wordpress.com

Bagian mulut botol juga bisa kamu potong dan lelehkan sedikit dengan api agar bentuk pinggiran atau tepiannya bergelombang seperti bunga.

Kamu tidak perlu bersusah payah mencari bunga asli yang cepat layu dan kamu harus menggantinya lagi dengan bunga baru. Cukup jadikan sampah plastik yang ada di sekitar menjadi kreasi unik sebagai hiasan di dalam rumah.

Dijamin dech orang yang bertamu di rumah kamu bakalan tertarik untuk melihat bunga palsu tapi indah kamu.

3Hiasan Meja

bisnisborneo.com

Kamu bisa menggunakan bekas botol plastik untuk kreasi jenis apapun. Salah satu contoh berikutnya yaitu hiasan meja. Kamu bisa meletakkan boneka burung hantu ini di ruang tamu, misalnya.

Caranya sangat sederhana. Kamu hanya membutuhkan cat, solasi, gunting atau cutter. Potong bagian leher dan badan bawah botol, kemudian satukan dengan solasi, dan mulailah mengecat sesuai karakter yang terbentuk dari botol tersebut.

Karakter yang pas memang burung hantu. Tapi kamu bisa mencoba membuat pola karakter lucu lainnya.

4Keranjang

blogoinformasi.com

Kamu tahu keranjang ini terbuat dari apa? Yap, keranjang ini disusun oleh puluhan gelas plastik yang dipotong kecil-kecil.

Kalau sudah jadi seperti pada gambar, tidak terlihat sama sekali ya kalau bahan pembuatannya berasal dari sampah gelas plastik. Dengan kreasi ini, kamu tidak perlu bingung jika hendak memberikan hadiah parcel sebagai bingkisan untuk orang tersayang.

Cukup dengan keranjang ini saja, selain senang dengan parcel kamu, orang yang kamu beri juga akan mengacungi jempol kreatifitas keranjang kamu.

5Wadah Pernak-pernik

blogsuyono.com

Wadah pernak-pernik ini terbuat dari kertas koran bekas. Kertas dilipat dan dianyam hingga membentuk tabung. Wadah ini sudah pasti tidak bisa terkena cairan karena akan hancur.

Kamu bisa menggunakan wadah ini untuk menaruh benda-benda kering dan kecil. Kalau terlalu berat, wadah yang terbuat dari kertas inipun pasti tidak kuat.

Kamu bisa gunakan sebagai tempat menyimpan gulungan kertas kado, potongan kain dari kaos polos yang sudah tidak terpakai, ataupun semua benda-benda yang sudah tidak terpakai tapi masih bisa diakali untuk membuatnya menjadi berguna.

6Dompet

loexie.wordpress.com

Dompet ini juga terbuat dari botol yang dipotong bagian bawahnya. Untuk membuat dompet ini dibutuhkan dua buah botol bekas, resleting yang kamu bisa beli di toko alat jahit, dan lem.

Rekatkan resleting pada botol dengan lem. Pastikan bahwa lem yang kamu gunakan adalah lem dengan daya rekat kuat. Kalau kamu menaruh uang receh, tidak akan jatuh karena resleting menempel kuat pada botol plastik.

7Selimut

trainerlaris.com

Sisa-sisa kain atau potongan kain yang biasanya ada di tukang jahit, bisa kamu ambil secara cuma-cuma. Tentu dengan minta izin terlebih dahulu.

Kain-kain itu kamu satukan saja secara acak tanpa harus mengatur warna dan kesamaan motif. Lalu jahit potongan kain tersebut sampai jadi sebuah selimut atau taplak meja. Kamu bisa mengkreasikan potongan kain itu menjadi pakaian juga lho.

Namanya kreasi dari kain perca. Kalau kamu hendak menjadikan kreasi ini sebagai bisnis secara serius, maka kamu bisa bekerja sama dengan tempat jahit untuk tidak membuang bekas potongan kain.

Minta si tukang jahit untuk sekalian menjahit kainnya di situ. Nanti kamu tinggal mengelola keuangannya, tentu dengan memberikan upah bagi tukang jahitnya.

8Bingkai Foto

kerajinantanganbagus.blogspot.com

Kalau tadi ada kertas koran yang disulap menjadi wadah berbentuk tabung, maka sekarang ada bekas kardus yang diubah menjadi bingkai foto cantik.

Karena sekarang sedang zamannya foto selfie yang sekali berfoto bisa sampai belasan bahkan puluhan, maka tak ada salahnya kamu siapkan kreasi bingkai foto di rumah dari bahan kardus tak terpakai. Yup, jangan sia-siakan kertas kardus kamu yang gak dipakai yah.

9Kapal dalam Botol

http://blogoinformasi.com/

Jika kamu banyak melihat hiasan kapal yang dimasukkan dalam botol dan harganya selangit dan kamu menginginkannya, gak perlu dech keluarkan uang banyak-banyak, cukup kumpulin bahan-bahan seperti gambar diatas, kamu udah dapat yang kamu inginkan.

Selain harganya jauh lebih murah, bahkan bisa dibilang gratis, hiasan tersebut gak kalah cantik dan unik dengan hiasan yang mahal harganya di toko hiasan, percaya dech.

10Pot Tanaman

blogoinformasi.com

Sudah terlalu mainstream ya guys pot tanaman dari tanah atau kaca, kalau yang ini pasti anti mainstream banget, secara dari barang bekas gitu, tau gak dari apa ini? ini cuma dari botol plastik bekas dan bekas piringan CD lho.

Cukup dirangkai dengan lem, pewarna dan digunting pake cutter akan kamu dapatkan hiasan canti, sederhana dan tentunya mempunyai nilai jual yang lumayan, tertarik kan?

11Topeng Kucing

kerajinantangansip.blogspot.co.id

Yup, kelihatan cantik banget ya guys, kayak topeng kucing kecil yang lucu, tau gak itu dari bahan apa? itu cuma dari botol bekas yang dibentuk dan di cat lho, cantik banget kan? yakin gak pengen buat?

Caranya juga gampang banget, sediakan botol minuman bekas yang gak dipakai, potong seperti gambar, lalu cat dengan perwarna, lakukan dengan hati-hati saat nge cat yah, jadi dech.

Eh tunggu dulu, itu bisa dijual juga lho, coba promosikan lewat online, pasti dech banyak yang tanya-tanya dan mungkin nawar.

12Mainan Gantung

kerajinantangansip.blogspot.co.id

Bagi kamu yang sudah punya anak atau punya adik kecil yang suka mainan lucu, kamu bisa buatkan mainan gantung lucu dan imut seperti gambar diatas, sederhana, tapi lumayan kok, bisa menambah suasana ceria di kamar adik kamu.

Bahannya pun juga tidak rumit, itu cuma butuh tutup botol air mineral, botol aqua, tali dan kain, gampang banget nyari bahan-bahan kayak itu.

13Wadah Pensil

kerajinantangansip.blogspot.co.id

Kamu yang masih berstatus pelajar atau masih sekolah, kalau mau cari wadah untuk tempat alat tulis gak perlu beli lho. Kamu bisa buat sendiri kok, bahkan lebih unik dan cantik dari wadah pensil di toko.

Lihat dech gambar diatas, ada bekas botol plastik yang sudah dibersihkan, dipotong dan jadilah wadah tempat alat tulis yang elegan. Dilihat dari sekilas memang biasa ya guys, tapi jangan salah, hal kayak gitu dinilai super kreatif lho.

14Tempat Permen

kerajinantangansip.blogspot.co.id

Buat kamu yang doyan banget sama permen dan bingung naruh dimana, kamu bisa buat tempat yang lucu dan elegan, yup lihat gambar diatas, itu cuma dari botol bekas yang dipotong atas dan tengahnya lalu di cat digambar sedemikian rupa.

Masalah cat terserah keinginan kamu dech, yang pasti selain itu kreatif dan cakep, itu juga bisa dijual lho.

15Kura-Kura Mini

bisnisborneo.com

Orang indonesia memang super kreatif, mainan kura-kura mini ini pun bisa dibuat dengan hasil yang cukup menarik. Dari bahan yang super sederhana tapi bisa jadi dagangan yang bisa menghasilkan duit. Cocok banget menemani mainan adik kecil kamu di rumah.

Bahan dari hiasan diatas cukup dengan bekas plastik makanan kecil, kertas dan tali, dengan digambar bentuk kura-kura hasilnya begitu lucu dan menggelikan.

16Motor Kardus

youtube.com

Gila bener kalau ini guys, super kreatifnya keterlaluan, motor mini yang keren itu cuma terbuat dari kardus guys, gimana gak gila coba?

Bahan utama dari kardus yang harganya gak seberapa tapi kalau dijual itu bisa jutaan rupiah lho, gak percaya? coba beli aja. Karena yang mahal itu bukan kardusnya, yang bikin mahal itu seni dan hasil kerja kerasnya.

Buat kamu yang pengan tahu caranya buat begituan kamu bisa meluncur di sini.

Di video itu gak cuma buat motor saja, tapi juga buat benda-benda yang semuanya berasal dari kardus, amazing yah!

17Tempat Pensil Cantik

kawanmuda.com

Kamu cewek, masih sekolah dan suka utak-atik sesuatu, kayaknya tempat pensil ini coock banget bagi kamu. Secara cewek biasanya suka dengan yang cantik-cantik, beda dengan cowok, kalau cowok itu biasanya suka yang elegan.

Tempat pensil diatas cukup mudahkok buatnya, kamu cuma nyiapkan botol bekas minuman air mineral dan beli hiasan kecil yang dibentuk kupu-kupu yang harganya sama sekali gak mahal, dicoba ya girl.

18Burung Hantu

santrigaul.net

Tercengang ya guys? baru kali ini ada hewan berbentuk dari kardus, secara orang yang buat memang super kreatif kok. Apapun barang bekas bisa jadi sesuatu yang indah dan bernilai jual tinggi.

Secara burung hantu diatas bagus banget, cocok banget jia ditaruh di depan rumah. Yang paling bikin heran, burung hantu itu dari kardus yang sudah gak dipakai lho.

Yup itu dua sejoli burung hantu memang berasal dari kardus, bagi kamu hobi dan ngefans banget sama burung hantu, kamu gak bisa dikatakan ngefans sebelum punya kayak begituan, hehe

19Pot Bohlam

omerenomen.blogspot.com

Tidak hanya kardus, kaleng, botol ataupun koran bekas saja yang bisa digunakan atau dimanfaatkan jadi barang berguna, tapi dari bohlam pun juga bisa, walau tidak banyak tangan digunakan untuk mengelola ini, tapi ini juga termasuk kerajinan tangan yang mempunyai seni tinggi lho.

Pot bohlam sangat indah jika dijadikan pot seperti diatas, dengan tanaman yang gak butuh tanah atau hidup di air, menjadi perpaduan yang sangat indah dipandang mata. So, kamu di rumah pasti punya bohlam yang sudah gak dipake, jangan dibuang ya, buat seperti itu, gampang kok caranya.

20Lampu Hias

infobisnisproperti.com

Lampu bohlam untuk tidur sudah biasa banget guys, kamu harus coba lampu hias yang merupakan hasil dari kerajinan tangan ini.

Bentuknya yang elegan banget, walau terbuat dari benang-benang tapi serasa lampu ini buatan orang jepang tradisional, caranya kayaknya juga gak sulit-sulit amat. So, kamu yang pengen serasa tidur di hotel jepang, buat aja kayak begini dirumah dan taruh kamar kamu, pasti dech rasanya kayak di hotel tradisional jepang.

21Lampu Teman Tidur

youtube.com

Lampu lagi ya guys, emang banyak sekali model lampu hias penemani tidur yang recomended dan ini salah satunya.

Tahu gak itu cuma terbuat dari kertas lho, cukup dengan beberapa bahan bekas yang ada dirumah kamu, gak percaya? lihat aja dibawah ini

Dengan melihat video diatas pastinya kamu bisa langsung ikut praktek di rumah kapan saja kapan kamu mau, so manfaatkan koran yang habis dibaca ya, jangan dibuang gitu aja.

22Kertas Pemandangan

boredpanda.com

Wuih, kalau ini spechless lah, secara cuma pakai bahan lembaran kertas saja, digambar dengan keadaan langit jadinya super kreatif banget ya guys.

Dengan kamu tidur ditemani lampu beginian, yakin dech hati kamu bakal damai, tenang, bangun pagi juga seger. Lampu kayak begini cocok banget buat kamu yang suka galau merana.

23Tempat Charger Handphone

sarungpreneur.com

Buat kamu yang kadang kesulitan menaruh handphone saat di charger, ini solusi yang tepat banget bagi kamu. Buat aja tempat charger, itu juga menggunakan bahan-bahan bekas yang biasanya jadi sampah.

Dilihat dari gambarnya sudah cukup jelas ya kalau mau ikutan buat, yup, yuuk mari buat.

24Boneka Lucu

sarungpreneur.com

Botol-botol bekas pewangi pakaian, botol bekas obat kumur mulut, atau botol bekas oli motor bila kamu memiliki salah satu dari botol-botol tersebut berarti kamu bisa membuat boneka lucu yang satu ini lho.

Jadi jangan sering-sering buang gitu ya, karena benda-benda bekas itu bisa digunakan dan dibuat jadi hiasan yang cakep kok.

25Lampu Kristal

sarungpreneur.com

Lampu kristal yang mewah ini bisa kamu buat dari sedotan bekas lho guys. Dengan kreasi ternyata bekas sedotan plastik bisa dibuat sebuah lampu yang indah dan juga unik. Dengan lampu kristal ini pasti ruangan kamu akan lebih indah dan nyaman, selain itu pasti juga bikin kamu betah di rumah.

26Keranjang Mini

kerajinantanganbagus.blogspot.co.id

Kamu yang punya hobi menganyam atau bisa mengayam, kamu dapat menyamam koran bekas yang udah dilipat-lipat jadi seperti keranjang mini lho, eh tapi jangan salah jika korannya banyak dan besar bisa juga ini jadi keranjang koran yang besar.

Keranjang itu bisa kamu gunakan untuk tempat menyimpan sesuatu lho, asal jangan kena air saja, keranjang itu akan awet sampai beberapa tahun.

27Vas Bunga

kreasitangan.com

Lagi-lagi koran ya guys, ternyata kora bekas yang sering dijual atau diambil pemulung bisa dijadikan vas bunga yang cantik, tuh lihat aja digambar. Caranya juga gak sulit kayaknya ya, jika dipraktekkan di rumah gak kesulitan kok.

Atau kayak gini bis abuat bareng-bareng sama adik kamu yang cewek, pasti dech seru dan asik, yuk buat yuk.

28Tempat Perhiasan

wirasejati.com

Ini cantik banget ya guys, bagi cewek yang suka dengan perhiasan kamu harus punya tempat kayak gini dan taruh di kamar kamu, wah pasti canetik banget kamar kamu.

Ini tidak hanya berguna untuk tempat perhiasan aja kok, kamu bisa menaruh benda-benad kecil yang kadang kesulitan naruhnya.

Bisa dilihat sendiri kan itu dari botol bekas lho. Keren  dan kreatif banget ya yang buat, kayak begini harganya sudah lumayan jika dijual lho, coba dech tawarkan lewat akun sosmed kamu, dijamin dalam 2-3 hari bakalan banyak yang tanya harganya.

29Kanopi cantik

wirasejati.com

Dilihat sekilas agak membingungkan ya guys, tapi kalau dicermati ini ternyata adalah kanopi lho, keren banget kan? dan tahu gak ini terbuat dari apa? ini dari botol bekas lho.

Lihat saja penampakannya dibawah ini

wirasejati.com
wirasejati.com

Gimana? unik banget ya guys, mungkin ini kanopi terbaik, termurah dan anti mainstream di dunia. Secara namanya kanopi memang biasanya dari plastik atau dari bahan bangunan, tapi ini dari botol bekas yang dikasih hiasan bungan di bawahnya, sungguh kreatif banget orang yang buat ini.

30Vas Bunga Transparan

wirasejati.com

Barang bekas memang recomended banget untuk dibuat vas bunga, banyak dari koran atau botol bekas yang dibuat vas bunga. Tapi yang ini agak beda ya guys, walaupun sama bahannya, tapi ini beda seninya.

Terlihat di gambar seni kerajinan tangan dan idenya dalam mengolah botol menunjukkan berkelas banget, dibanding vas bungan lainnya, tentu vas bungan ini sangat cantik dan recomended banget buat kamu yang suka keindahan, suka kejernihan dan suka kecantikan di dalam ruangan.

31Roket Terbang

wirasejati.com

Kamu yang udah jadi orang tua, roket ini cocok banget buat mainan anak lho, secara anak memang suka mainan, apalagi mainan fisik serpti terbang-terbangan kayak superhero, wuih pasti semangat banget dech.

Roket di gambar itu gak ribet kok buatnya, cukup sediakan 2 botol bekas minuman yang paling besar, kardus kecil, kertas warna merah kayak warna api dan tali.

Cara merangkainya pun juga tidak sulit, lihat aja gambar diatas, mudah banget kan? so jangan ragu lagi, ternyata barang bekas juga bisa buat mainan untuk menyenangkan anak.

32Tirai Indah

wirasejati.com

Wow banget ya guys, ini tirai dari botol bekas lho. Cantik banget ya, duh kepengen dech. Tirai ini dibuat dari guntingan botol bekas yang paling bawah dan disambung dengan benang yang berwarna putih.

Kenapa kok benang berwarna putih, karena biar samar dan tidak terlihat mencolok dengan warna bunga buatan dari botol bekas tersebut.

Dilihat di gambar memang ini membutuhkan banyak botol bekas, tidak hanya 10 atau 20, ini butuh ratusan botol bekas. Jika kamu pengen buat kayak begini, kumpulin dulu botol bekas air mineral, kalau bisa ngumpulin tiap hari 2 botol, dalam sebulan kamu dah bisa buat tirai cantik kayak diatas.

33Angsa Kertas

maheswariartandcraft.blogspot.com

Nah tadi diatas sudah ada kura-kuran dan burung hantu, kalau ini ada angsa. Yup angsa ini merupakan buatan tangan yang dari bahan full kertas.

Kalau pembuatan angsa ini tidak semudah beberapa contoh diatas guys, ini butuh keahlian, ketelatenan dan juga kesabaran tinggi. Jika kamu ingin buat seperti ini kamu harus les prifat dahulu, tidak bisa langsung meniru dari gambar saja.

34Kubah Masjid

kerajinanorigami.blogspot.com

Kubah masjid ini sejenis dengan angsa diatas, butuh keahlian khusus untuk membuat hiasan berkelas kayak begini. Kerajinan tangan ini sudah kerajinan tangan kelas tinggi guys, bukan sembarang orang bisa buat kayak begini.

Kubah masjid ini pastinya sangat cocok bagi kamu yang agamis, cocok banget buat hiasan di rumah, secara memang kubah masjid dari kertas itu berkelas banget.

35Tas Plastik

ppttgfffd.blogspot.com

Barang bekas kamu, khusunya plastik bekas snack ternyata juga berguna kok, tuh buktinya jadi tas plastik yang unik.

Buat para ibu-ibu kalau bawa beginian pasti akan jadi pusat perhatian, ini juga bisa dijual lho. Walau harganya gak mahal tapi lumayan kan, dari barang bekas bisa jadi duit untuk uang saku anak, hehe.

36Bunga Tisu

souvenirplakat.com

Kalau diatas cum adari kertas, koran, plastik, botol bahkan bohlam sekarang beda lagi guys, kali ini tisu, yup tisu juga bisa dibuat benda yang menarik juga lho, itu bukatinya diatas.

Tisu yang kerap kali dibuang, ternyata bisa dibuat hiasan bungan yang indah dan tak kalah dengan hiasan bunga dari kertas atau dari bahan lainnya.

37Sepatu Bayi

kawanmuda.com

Ih lucu banget ya guys, itu sepatu terbuat dari kain flanel lho, kain yang lembut yang memang bisa serba guna bisa dibuat dan dibentuk apa saja.

Buat para orang tua, sepatu mungil ini cocok banget buat bayinya, ketika malam yang dingin dan ribet pakai kaos kaki, pakai aja sepatu ini, dijamin selain nyaman, hangat, bayi kecil juga senang.

38Tempat Tisu

kawanmuda.com

Yup, benar apa yang dibilang diatas, kain flanel memang hampir bisa dibuat dengan segalam macam bentuk, salah satunya adalah tempat tisu yang cakep ini.

Tempat tisu ini tidak hanya bisa menghiasa ruangan kamu , tapi juga bisa menambah selera makan kamu di rumah, gak percaya? coba aja buat.

39Boneka Kain

kawanmuda.com

Nah ini bukti lagi kehebatan kain flanel, bisa dibuat benda-benda hiasan mungil dan lucu kayak gambar diatas.

Boneka kain itu cocok banget buat penghias rumah kamu, khususnya kamar kamu. Boneka kain itu bisa kamu tempelin dimana saja, di tempat tidur, di kamar mandi, di tempat belajar, di tas bahkan di komputer atau leptop kamu.

Pasti dech boneka kain yang lucu-lucu itu bisa menambah mood kamu unttuk menjalani hidup.

Nah guys, itu dia banyak contoh dari atas sampai bawah kerajinan tangan yang canik, yang keren, kreatif, dan mengagumkan. Jika kamu ingin punya barang-barang seperti di atas, langkah pertama dan yang paling mudah adalah kumpulin aja barang bekas seperti kertas koran, botol plastik, kardus, bohlam dan lain sebagainya yang kira-kira dapat digunakan lagi.

Ngumpulin barang bekas itu gak ribet dan banyak untungnya kok. Selain kamu mengurangi sampah, kamu dapat barang-barang bagus, kamu juga akan mendapatkan tambahan penghasilan jika dijual.

So, mulai sekarang jangan keseringan dan gampang buang sesuatu, apalgi buang sesuatu sembarangan, haduh jangan dech. Yuuk mulai berbenah, belajar rajin dan belajar membuat kerajinan tangan. Siapa tahu ini juga akan menjadi jalan kesuksesan kamu bersama keluarga, semoga bermanfaat ya.