Sudah tahu tentang kain flanel belum guys? kalau belum tahu berarti kamu ketinggalan jaman ya, secara kain ini sudah banyak digemari orang. Mereka yang suka berkarya atau berkreasi sangat menyukai kain satu ini.

Memang kain ini belum lama di kenal orang, dengan sifatnya yang lembut, tidak kasar dan mudah di bentuk kain ini akhirnya menjadi salah satu kain favorit bagi mereka yang suka kerajinan tangan.

Tentu felt atau kain flannel sekarang ini sedang menjadi sangat populer di kalangan para pecinta kerajinan tangan. Semakin banyak orang menggunakan bahan kain flannel ini untuk dibuat menjadi berbagai macam karya.

Oleh karena bahannya yang mudah diperoleh dan pemanfaatannya yang mudah, maka tidak mengherankan jika mulai banyak kalangan muda sampai ibu-ibu rumah tangga yang belajar cara memanfaatkan kain flannel sebagai bahan utama membuat aneka kerajinan tangan.

Yuk, kita intip hasil karya apa saja yang bisa dibuat dari kain flanel.

1Tempat Minum

idaliexpress.com

Jika kamu butuh wadah untuk membawa bekal minum ke sekolah, kuliah, atau bekerja ke kantor, tidak perlu membeli.

Cobalah membuatnya sendiri dengan bahan kain flannel. Kamu bahkan bisa sekaligus membuat beberapa wadah minuman yang jika kamu beli di toko, harganya mahal. Padahal modal untuk membeli kain dan membuatnya sangatlah mudah.

Pastikan jahitannya kuat, agar jika kamu membawa air minum yang cukup berat, jahitan kain flannelnya tidak akan lepas menahan beratnya.

2Tempat Ponsel

blogoinformasi.com

Tempat ponsel dari flannel sudah cukup umum dibuat dan dijual di mana-mana. Sampai saat ini, orang-orang pun masih menyukai tempat ponsel berbahan flannel.

Selain bahan yang lembut, kain flannel dijamin tidak akan membuat ponselmu tergores atau lecet. Hiasan yang lucu juga semakin menambah keindahan case ponselmu.

Oh ya, kamu juga bisa menambahkan dakron agar jika tiba-tiba jatuh, ponselmu akan tetap aman karena lapisan dakron yang cukup tebal untuk melindungi ponselmu.

3Makanan

tokopedia.com

Awas, hati-hati jika di suatu tempat, kamu menemukan ada makanan tapi tidak dibungkus rapi, justru dibiarkan begitu saja.

Bisa jadi itu adalah makanan tiruan yang dibuat dari kain flannel. Unik sekali, ya. Jika kamu lupa, mungkin kamu akan memakan benda itu.

Hiasan makanan berbahan flannel ini bisa kamu pajang di ruang tamu atau ruang keluarga. Kamu tidak harus membuatnya berukuran kecil. Kamu bisa membuatnya seukuran bantal untuk tidur.

Hanya saja, jika kamu membuatnya dengan ukuran besar, kamu akan membutuhkan banyak dakron untuk isi dari kain flannel dan tentunya kain serta benang yang lebih banyak.

Jenis makanan lain selain bentuk donat, seperti gambar di bawah ini, ada nasi, udang, kue serta makanan isi.

fatinia.com
fatinia.com

Makanan imitasi di atas bisa menambah selera makan kamu lho, tempelkan juga di dapur- dapur atau di meja makan kamu, pasti dech selain suasananya jadi beda, orang yang melihatnya akan bertambah nafsu makannya.

kreasitangan.com
kreasitangan.com

Jenis buah-buahan juga gak ketinggalan lho, kain flanel bisa dibentuk buah yang kamu suka. Dengan warnanya yang terang dan menarik tentu akan menjadi hal yang unik tersendiri di ruang makan kamu.

4Gantungan Kunci Donat

oshincrafter.wordpress.com

Yup gak hanya bentuk hiasan makanan saja, tapi juga bisa dijadikan gantungan kunci yang lucu dan imut. Yakin dech kalau kamu pakai gantungan kunci kayak gambar di atas nafsu makan kamu akan bertambah, hehe.

5Bantal

feltville.blogspot.com

Boneka atau bantal dengan bahan flannel ini memang membutuhkan kain yang lebih banyak dengan jumlah dakron (isi yang biasanya digunakan untuk kerajinan tangan kain flannel) yang banyak pula, tergantung ukuran bantal tersebut.

Jangan lupa setiap kamu akan membuat kerajinan tangan dari kain flannel, kamu siapkan terlebih dahulu jarum jahit dan benang. Kamu bisa membelinya di toko jahit untuk jarum dan benang yang agak besar, khusus menjahit kain flannel.

6Sepatu Bayi

dailylifeofmandaandpanda.blogspot.com

Sepatu bayi pun tak perlu membeli ke toko. Cukup kamu buat saja sendiri. Tentu dengan menyiapkan pola sebelumnya. Kamu bisa mengkreasikan pola sepatunya sesukamu, tentu dengan ukuran kaki yang sudah disesuaikan pada ukuran kaki bayi.

Dengan kelembutan kain flanel gak perlu khawatir kaki bayi lecet atau luka, bahkan saat tidur pun sepatu ini juga bisa dipakaikan lho, para ibu buat sepatu sendiri aja ya, gampang kok.

Ini contoh lain dari sepatu dari kain flanel

kawanmuda.com
kawanmuda.com

Yang seperti contoh di atas ini banyak lho dijual lewat online dan banyak juga peminatnya khususnya para orang tua yang memiliki bayi kecil. Warnanya cakep di padu dengan bentuknya yang imut serta dengan harga yang terjangkau menjadikan sepatu dari kain flanel jadi banyak peminatnya.

Bagi para orang tua jangan mau ketinggalan ya, ayo ganti sepatu bayi dengan septu dari kain flanel kayak diatas, dijamin dech bayi kecil akan suka, hehe.

7Sandal Mini

wiwikbasuki.wordpress.com

Tidak hanya sepatu ya guys, sandal juga bisa dibentuk dari kain flanel lho, bagi bayi kecil tentu recomended banget. Biasanya kalau main gak pake sandal, nah kalau ada sandal lembut dan nyaman dipakai dari kain flanel tentu dong harus pakai.

Bentuk dan warnya juga lucu ya guys, bayi kecil juga akan suka pastinya.

8Boneka Jari

flanelshop.com

Alat dan bahan yang diperlukan yaitu kain flanel yang bisa kamu beli, gunting, kertas, bulpoin, lem tembak, bagian-bagian pendukung lain misalnya, putik bunga (jika kamu ingin membuat bunga), mata mainan, dan lain-lain.

Cara membuatnya yaitu letakkan jari telunjuk diatas kertas sebagai pola. Namanya juga boneka jari, otomatis jari kita sebagai alat untuk mengukur. Gunting kain flanel tersebut sesuai dengan pola. Jahit kedua pola tersebut dengan menggunakan tusuk feston

Oh ya, kamu bisa membuat pola hewan atau kartun kesukaanmu. Gabungkan antara kain yang telah dijahit dengan pola yang dibuat dengan mengelemnya.

Contoh lain yang cantik dari boneka jari

fatinia.com
fatinia.com

Cara buatnya hampir sama seperti diatas, cuma bedanya ini lebih rapi, bagian kepala hewannya dijahit menjadi bentuk sebuah kepala, jadi pastinya ini lebih cakep dan keren.

9Bunga Cantik

fatinia.com

Jika ada cowok kasih kamu bungan mawar dari kain flanel ini pasti kamu langsung jatuh cinta, hehe. Secara bunga mawar itu memang indah dan cool banget guys. Warnanya yang slow, lembut di tangan dan tersusun rapi akan mengalahkan bunga mawar aslinya.

Yup, flanel bunga ini memang banyak sekali yang mulai menggemari, secara ini juga merupakan hiasan yang tahan lama, beda dengan bunga asli, yang beberapa jam saja sudah bisa layu.

Bunga flanel ini juga banyak diminati orang lho, terbukti mereka yang gemar membuatnya dibikin jadi bisnis, mereka menjual secara langsung maupun secara online.

Jika kamu pengen tahu bagaimana cara buatnya klik aja video di bawah ini guys

10Tempat Kacamata Atau Tempat Pensil

fatinia.com

Dengan kain flanel kamu juga bisa membuat tempat pensil dan tempat kacamata yang imut, ditambah dengan hewan kecil yang terbuat juga dari flanel dan di tempel di bawah membuat tempat itu layak di perjualbelikan.

Buat kamu yang hobi membuat kerajinan dan mau menghasilkan pundi-pundi rupiah, membuat wadah kacamata atau pensil dari kain flanel merupakan ide yang menarik lho.

Barang kayak gini bisa kamu jual belikan di sekolah-sekolah kamu lho, secara barangnya cantik dan imut pasti dech banyak para wanita yang suka dan tentunya akan menambah tebelnya kantong kamu.

Jangan lupa kasih nama atau brand kamu sendiri, biar makin kece dan kamu mempunyai ciri khas sendiri, pasti dech orang makin jatuh cinta dengan produk kamu.

11Amplop Imut

fanitia.com

Yup, kerajinan tangan dari kain flanel berikutnya adalah amplop, jangan heran ya guys, jangan dikira juga amplop hanya terbuat dari kertas, tapi juga bisa dari kain. Secara kainnya juga lembut jadi bisa dibentuk apa saja yang kamu mau.

Amplop ini tentunya tidak hanya bisa untuk menaruh uang  tapi juga bisa untuk menyimpan foto, untuk menaruh catatan penting atau mungkin surat untuk sahabat kamu.

Amplop boleh saja selalu sederhana, tapi dengan ditambah hiasan kecil yang ditempel tentu akan lebih terlihat cakep dan pastinya orang yang akan menerima amplop kayak gini akan disimpan, gak di buang kayak amplop pada umumnya.

Amplop imut kayak diatas juga bisa kamu jual kok, yakin dech, amplop kayak gitu lebih laris daripada amplop kertas biasa.

12Dompet Lucu

fanitia.com

Bagi kamu yang suka banget nyimpan sesuatu di dalam dompet, tentu dompet lucu ini recomended banget buat kamu. Tidak hanya nyimpan uang saja tapi juga bisa nyimpan nota-nota penting, surat berharga atau mungkin juga buat nyimpan tablet kamu.

Tentu dan pastinya ya guys, dompet ini juga bisa dijual di pasar, kalau kamu gak mau jual di pasar kamu jual secara online saja, asalkan kamu rutin update warna atau hiasan-hiasan dan beberapa model tentu pasar dompet kain flanel akan jadi milik kamu.

Kalau dilihat secara pasar nya, memang belum banyak orang yang jual barang kayak gini dari kain flanel, secara kain flanel ini memang hanya beberapa orang saja yang mau buat dan yang bisa buat. So, kamu yang rajin dan bisa buat beginian, jangan siakan kesempatan buah nambah uang saku kamu.

13Gantungan Kunci Nama

kawanmuda.com

Kerajinan selanjutnya dari kain yang lembut ini adalah gantungan kunci nama. Yup, gantungan kunci kamu akan sangat keren tentunya jika memakai nama kamu sendiri dan kain flanel bisa mewujudkannya.

Dengan perpaduan warna terang yang menarik tentu nama kamu dengan kain flanel juga akan semakin menarik orang, pastinya orang juga akan tertarik untuk dibuatkan nama seperti yang kamu punya.

Dalam membuat nama itu juga gak sulit-sulit amat kok, yang harus kamu lakukan adalah nulis nama dengan model huruf sesuka kamu di kertas lalu tempelin ke kain flanel yang sudah siap, trus tinggap potong sesuai hurufnya trus kalau sudah jadi per huruf nya tinggal kamu jahit biar bisa jadi satu kayak di gambar di atas, mudah kan?

14Tisu Keren

fatinia.com

Duh cakep banget ya guys, itu terbuat dari kain flanel lho, gak nyangka kan kain juga bisa dibentuk wadah tisu yang cakep kayak gambar di atas. Tentu buatnya juga gak terlalu sulit ya.

Caranya kalau kamu punya wadah tisu yang tidak terpakai jangan buru-buru dibuang, siapkan saja wadah itu, trus siapkan kain flanel yang sudah kamu bentuk kotak, langsung bungkus wadah tisu yang tadi dengan kain flanel, kemudian jahit beberapa sudut biar kuat dam merapat.

Wadah tisu kayak gitu juga bisa dijual lho, asalkan kain nya cantik dan menarik pasti ada orang yang tertarik, secara bentuknya juga lucu, lembut di tangan dan gak ribet bawanya.

Ini contoh lain dari kotak tisu

yenscraft.com
yenscraft.com

Kalau yang seperti gambar di atas ini perpaduan antara kotak tisu dan bunga, bunga tersebut tidak dibentuk sempurna seperti bentuk bunga, hanya mendekati bentuknya saja, semuanya dari kain flanel.

cakep dan cantik ya guys, pastikan di rumah kamu ada minimal satu kotak tisu seperti gambar di atas.

15Dadu Mainan

fanitia.com

Bagi para orang tua yang masih punya anak kecil yang suka banget dengan mainan, dadu ini recomended banget buat para anak-anak lho. Dadu dari kain flanel ini lembut, tidak kasar, bagi anak-anak yang suka gigit, suka melempar atau bahkan tidur dengan alas seadanya dadu ini cocok banget.

Mainan dadu seperti ini tidak bahaya, karena teksturnya empuk, para orang tua juga tidak perlu khawatir kalau dadu itu tertelan karena dadu bisa dibuat besar.

Cara buatnya juga mudah kok, sediakan kain flanel yang sudah disiapnkan dengan motif dadu, siapkan kain-kain yang sudah tidak terpakai atau juga bisa busa yang sudah tidak digunakan lagi, biasanya dari kasur atau kursi yang rusak.

Bentuk menjadi kotak atau bulat sesuai keinginan lalu bungkus dengan kain flanel yang sudah disiapkan tadi, terakhir jahit rapatan-rapatan pada sisi tepinya.

16Bros Bunga

fatinia.com

Bagi kamu para wanita, kamu bisa dapatan bros cantik bunga kesayangan kamu dengan kain flanel ini lho. Ayo pada buat ya, dari pada beli dengan harga yang cukup lumayan, mending kamu buat sendiri dan pastinya kamu bisa memilih warna yang kamu sukai.

Kain flanel bros bunga kayak gambar diatas cocok banget bagi kamu yang berhijab, pastinya akan terasa beda ketika ada bunga yang menarik diantara hijab kamu, selain itu pasti akan menambah sisi feminim kamu.

Cara untuk membuat bros bunga dari kain flanel juga tidak terlalu sulit lho. Banyak tutorial cara membuat bros dari kain flanel yang bisa kamu temukan di youtube, kamu bisa lihat video di bawah ini

17Penutup Pulpen

kerajinantanganbagus.blogspot.com

Bagi para orang tua yang punya anak yang sedang sekolah, kebanyakan dari anak sekolah itu pasti kehilangan tutup pulpen, spidol atau yang lain. Nah, kain flanel bisa jadi solusi masalah klasik itu lho.

Dengan warnanya yang menarik di atasnya dibentuk dengan tokoh kartun tentu anak akan suka dan lebih hati-hati dalam merawat tutup pulpen tersebut. Tampilan pulpen juga akan jadi menarik sehingga menambah semangat belajar anak .

18Bunga dalam Pot

klikedukasi.com

Bagi kamu yang masih bingung dengan hiasan dan pelengkap rumah biar makin enak dipandang, kain flanel bisa dibentuk jadi bunga seperti bunga dalam pot lho.

Tapi dalam pembuatan yang kayak gini gak mudah kayak yang lain ya guys, perlu keahlian dan pengalaman, kalau pemula jangan buat langsung yang seperti ini.

19Tulisan Pintu

rumahidaman.co

Kerajinan dari kain flanel selanjutnya adalah tulisan di pintu masuk. Yup, secara tehniknya ini tidak jauh beda dengan membuat nama dengan kain flanel seperti contoh di atas.

Tapi yang membedakan adalah kerajinan itu bisa dibentuk dengan tulisan panjang, seperti ” selamat datang”,” ucapkan salam” atau mungkin juga “jaga kebersihan”,sesuai dengan keinginan kita guys.

Jangan lupa, tulisan kayak gitu banyak dijual lho, jika kamu ingin nambah tebel dompet kamu, makanya buat aja, pasti banyak yang suka dan nawar kerajinan kayak gitu.

20Perpaduan Hiasan

oshincrafter.wordpress.com

Setelah di atas karakternya kuat dengan tulisan, kain flanel juga bisa dibuat dengan perpaduan tulisan dengan boneka hewan yang lucu serta bentuk rumahnya.

Perpaduan tersebut sangat lucu sekali dan cocok di pasang di depan kamar kamu, kamar kamu juga akan lebih terlihat berkarakter, para cewe pasti dech suka banget yang beginian.

21Hiasan Dinding

kerajinantanganmu.blogspot.com

Selanjutnya dari kerajinan kain flanel yaitu hiasan dinding. Yup bagi kamu yang ingin kamarnya terasa lebih hidup, lebih berwarna dan lebih menarik, kamu bisa tempelkan hiasan dinding dari kain flanel kayak gambar diatas.

Hiasan dinding seperti itu mempunyai banyak keunggulan, selain tidak merusak tembok, mudah dipasang dan dicopot, juga bisa didapatkan dengan harga yang murah, apalagi kalau kamu bisa buat sendiri, tentu dung lebih murah lagi. So, jangan birkan dinding kamar kamu putih monoton gitu aja, tempelkan aja kayak gambar di atas agar kamar kamu makin menarik.

22Boneka Mini

tsabitacraft.blogspot.com

Yup, kerajinan dari kain flanel selanjutnya adalah boneka mini. Jika kamu sudah jadi orang tua dan punya anak perempuan daripada beli boneka yang harganya mahal-mahal mending buatkan saja boneka dari kain flanel kayak gambar di atas.

Kain flanel yang mempunyai tekstur yang lembut dan mudah dibersihkan akan aman bagi anak kita. Lagipula boneka kayak gambar di atas bisa jadi beberapa macam sesuai keinginan anak kita, jadi tidak melulu itu-itu saja, sehingga anak tidak mudah bosan ketika bermain boneka dari kain flanel.

23Tempat Pensil Lucu

nunungrahmiaty.blogspot.com

Kerajinan kain flanel selanjutnya adalah tempat pensil atau alat tulis yang lucu nan cantik. Bagi kamu para wanita gak bisa dikatakan cute kalau kamu belum punya kayak gambar di atas, hehe.

Untuk membuat yang kayak gitu perlu keahlian ya guys, memang sich terlihat gak ribet dan sederhana, tapi kalau belum bisa jadinya juga gak rapi dan hancur. Jadi perlu latihan buat kayak gitu,

Tempat pensil seeprti gambar di atas sudah banyak di jual lewat online lho, bagi kamu yang ingin membelinya cari aja di internet.

24Bingkai Foto Sederhana

handcraft-unik.deviantart.com

Kerajinan kain flanel selanjutnya adalah bingkai foto. Yup, bingkai foto yang sederhana tapi lucu dan penuh warna ini cocok banget bagi kamu yang suka dengan warna. Foto kamu bakalan terlihat indah dan menarik ketika di taruh di bingkai kayak gambar di atas.

Dengan ditambah hiasan kecil yang berada di atas atau bawah cukup membuat bingkai foto begitu imut dan menarik bagi para cewek.

Contoh bingkai lain yang tak kalah cantik dari yang diatas

iwaralaba.com
iwaralaba.com

Bagaimana cantik-cantik kan? bingkai kayak begini laku keras di jual beli online lho, kamu, banyak pembelinya dari kalangan cewek, secara memang warnanya cewek banget gitu.

25Kaleng Flanel

kreasikerajinan.blogspot.com

Selanjutnya kerajinan dari kain flanel adalah kaleng lucu, kaleng lucu ini bisa menjadi tempat atau wadah yang serba guna, bisa kamu gunakan tempat alat tulis, tempat nyimpan uang receh atau juga jadi celengan buat anak-anak.

Dengan celengan yang berbentuk lucu kayak gitu, tentu dung anak-anak akan jadi semangat untuk menabung di celengan.

Bagi orang tua tentu ini sangat recomended banget, biasanya anak-anak kurnag tertarik untuk menabung di celengan ketika celengannya monoton, tapi dengan bentuk kayak seperti gambar di atas akan beda pastinya.

26Hiasan Kaos

olx.co.id

Kain flanel tidak hanya jadi barang sendiri lho, tapi juga bisa jadi hiasan di kaos atau baju kamu. seeprti gambar di atas, kaos biru bisa ditempelin nama dan gambar lucu sesuai keinginan kita.

Yang kayak gitu juga banyak dijual di online lho guys, kamu yang dah jadi orang tua dan punya anak kembar cocok banget dibelikan kayak gitu.

27Topless Hias

artenergic.blogspot.com

Kerajinan dari kain flanel selanjutnya adalah toples hias, yup toples hias ini sekilas mirip kue tart ya guys, tapi jangan salah lho, itu hanya luarnya, itu bisa dibuka seperti toples pada umumnya.

Pastinya ya, jika punya toples kayak gambar di atas, pasti bikin sedap dipandang mata, daripada toples yang monoton bahkan bolong-bolong karena digigiti tikus.

Toples seperti gambar di atas sudah banyak di jual di online, jika kamu ingin punya toples cantik dan imut seperti gambar di atas cari aja di internet, banyak kok model dan harga yang sesuai keinginan kamu.

28Boneka Hadiah Untuk Wisuda

youtube.com

Yup, ini juga merupakan kreasi dari kain flanel lho, bagi kamu yang ingin menghadiahi teman atau pacar kamu saat wisuda, kamu bisa beli boneka lucu seperti gambar di atas.

Bentuknya yang lucu dan imut pasti akan disukai orang yang kamu beri.

29Mainan Anak

bisnisukm.com

Yup, kerajinan dari kain flanel selanjutnya adalah mainan anak, kalau seperti di gambar adalah mainna kereta tomas and friend. Tentu mainan seperti gambar itu agak mahal juga ya guys, secara bagus dan lengkap, tapi mainan itu aman bagi anak, terutama mainan untuk bayi kecil.

30Tas Leptop

pusatkerajinanflanel.com

Kerajinan dari kain flanel selanjutnya adalah tas leptop, yup bagi kamu yang ingin punya tas leptop yang empuk, anti lecet, lembut dan lucu pakai aja tas leptop dari kain flanel ini, leptop kamu aman kok.

Kalau kamu gak bisa buat, cari aja di internet, banyak yang jual tas leptop dari kain flanel.

31Tas Koin

pusatkerajinanflanel.com

Yang terakhir dari kerajinan kain flanel adalah tas kecil buah wadah koin. Yup kamu yang punya banyak koin gak perlu ribet nyimpannya, taruh saja di kain flanel seperti gambar diatas.Bentuknya lucu dan imut, koin kamu juga gak bakalan tercecer dimana-mana.

Nah, guys itulah kerajinan tangan dari kain flanel yang imut, lucu, kreatif, cakep dan tentunya bernilai jual yang tinggi.

Bagi kamu yang mempunyai bakan dalam kerajinan, bisnis kain flanel ini merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan lho, so jangan lewatkan kesempatan emas jika ada peluang besar.

semoga bermanfaat ya