Kain perca, atau kain bekas potongan kain untuh yang biasanya sudah tak terpakai lagi.

Ternyata sangat bermanfaat untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan yang amat cantik dan unik.

Selain karena tak memiliki bentuk yang utuh lagi, warna kain yang bermacam-macam dalam satu benda hasil kerajinan tangan, juga akan membuat suatu daya tarik sendiri.

Jadi jika kamu adalah orang-orang yang suka dengan kerajinan tangan yang unik, jangan pernah berpikir untuk membiarkan kain-kain perca ini terbuang percuma.

Ambil beberapa kain perca, dan kamu bisa menyulapnya menjadi berbagai barang cantik berikut ini.

1Boneka Cantik

ayudiadina.blogspot.com

Boneka lucu itu tak selamanya terbuat dari kain wol atau beludru yang sering kamu temui.

Sekarang ini, berbagai bentuk boneka lucu justru lebih menarik jika dikreasikan dengan kain bekas atau kain perca ini.

Walau mungkin tak semuanya terlihat seperti tambalan kain, namun beberapa bagian boneka akan dikreasikan dengan tambahan kain perca beraneka macam warnanya.

Seperti yang bisa kamu lihat di gambar boneka-boneka lucu di atas tersebut.

2Selimut yang Nyaman

dev.tumbusapa.com

Nah, untuk kerajinan tangan yang satu ini, justru pola tambalan kain adalah yang paling diminati.

Biasanya, selimut baik yang tebal atau tipis ini akan dicari orang karena keunikan pola ‘tambalan’nya tersebut.

Kain-kain yang berbeda motif dan warna itu akan membuat selimut menjadi makin lucu dan tentunya amat sayang jika tidak dilirik atau bahkan dibeli. Hehehe.

3Tas Manis

ragamhandicraftrajapolah.wordpress.com

Sekarang ini, telah banyak tas hasil kreasi dari kain perca. Memang kebanyakan terbuat dari kain-kain batik beraneka warna dan motif.

Kain-kain perca tersebut akan disulap menjadi pembungkus luar dari sebuah tas cantik yang bisa kamu gunakan untuk sekolah, berwisata, pergi ke kantor, atau aktivitas lainnya.

Merasa malu? Tentu saja tidak! Karena tas unik ini tidak terlihat seperti ‘tambalan’ sama sekali, justru motif dan warna yang ‘tabrak lari’ itulah daya tariknya.

4Bantal yang Nyaman

www.youtube.com

Tak hanya selimut, ternyata baik bantal untuk tidur atau bantal santai maupun bantal hias, bisa dikreasikan dari kain perca atau kain bekas yang sudah tak terpakai tersebut.

Dengan melihat gambar bantal-bantal cantik di atas tersebut, tentu kamu akan semakin yakin bahwa kain bekasmu yang sudah tak terpakai itu amat sayang sekali jika harus dibuang.

5Dompet dan Wadah Laptop

omahbatik33.blogspot.com

Selain tas sekolah atau tas ransel untuk bepergian, kain perca juga bisa juga kamu kreasikan menjadi dompet atau wadah laptop dan ponsel yang amat manis.

Biasanya bagi kaum hawa, mereka akan lebih menyukai warna-warna lembut.

Seperti pink, hijau toska, biru muda, atau putih dari kain-kain perca yang akan dikreasikan menjadi barang-barang tersebut.

Hmm, apakah kamu tertarik dengan benda-benda manis di ini?

6Baju atau Kaus

bajubatikmodernpekalongan.com

Astaga! Ternyata kain perca bekas potongan untuk membuat bahan baju, bisa disusun lagi untuk membuat baju lho!

Jika kamu penasaran, cobalah lihat baju atau kaus hasil kreasi dari kain perca di atas itu. Apakah kamu cukup bernyali memakainya? Hehehe.

Nah, itulah tadi beberapa hasil kreasi dari kain perca yang bisa kamu buat sendiri atau kamu temukan di beberapa tempat menjual hasi kerajinan tangan.

Namun seiring berjalannya waktu, barang-barang hasil kreasi dari kain perca tersebut sudah bisa kamu temukan di beberapa tempat yang lebih mudah.

Karena banyak yang meminatinya, maka sudah banyak pula produsen yang berlomba-lomba membuat barang-barang unik tersebut.