Sampah merupakan masalah klasik bagi semua orang terutama masyarakat perkotaan. Semakin padat jumlah penduduk maka semakin banyak jumlah sampah plastik yang dihasilkan.

Untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah plastik dan mengurangi dampak buruknya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan kembali sampah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti kerajinan tangan.

Kerajinan tangan dengan memanfaatkan sampah plastik jika dikreasikan sedemikian rupa selain dapat menjadi suatu barang yang bermanfaat juga dapat meningkatkan nilai jual sampah plastik itu sendiri.

Apa saja kreasi dari sampah plastik?

1Pot Bunga

unic77.net

Kamu bisa membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Salah satu barang bekas yang bisa dijadikan kerajinan tangan adalah botol bekas.

Botol bekas termasuk limbah plastik yang sulit untuk di urai dan saat ini banyak sekali produk minuman yang menggunakan botol dari plastik. Sehingga semakin hari semakin banyak botol bekas di tempat sampah.

Agar botol bekas tersebut tidak mengotori lingkungan, maka kita perlu menjadikan botol bekas ini menjadi suatu produk yang bermanfaat. Salah satu cara adalah dengan menjadikan botol bekas menjadi berbagai kerajinan tangan yang menarik dan bermanfaat.

Banyak kerajinan tangan yang dapat dibuat dengan menggunakan botol bekas. Selain itu, beberapa kerajinan tangan yang terbuat dari botol bekas juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

2Tas

luckyladybirdcraft.blogspot.com

Plastik merupakan jenis yang paling sulit diuraikan oleh tanah. Demi membantu melestarikan bumi dari tumpukan sampah yang semakin hari semakin mencemari lingkungan, maka kreasikan saja menjadi tas yang bisa kamu jual.

Plastik bekas kemasan apapun bisa didaur ulang menjadi tas yang bermanfaat. Bisa dengan cra dijahit menggunakan benang dan jarum jahit, bisa dengan dilipat-lipat lalu dianyam, bisa juga dengan dilinting panjang, seperti pada gambar.

3Bunga

bikinpinter.com

Bunga cantik yang satu ini bukan bunga asli lho. Bunga ini terbuat dari sampah sedotan. Sedotan bekas pakai dibersihkan terlebih dahulu sebelum dikreasikan menjadi bunga yang cantik.

Usahakan untuk tidak membeli bahan-bahan plastik yang dibutuhkan agar kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih. Kalau sudah jadi hiasan bunga, kamu justru bisa menjualnya, menghasilkan keuntungan berlipat dari kreasi sedotan bekas.

4Payung

plpbk.wordpress.com

Musim hujan tiba dan kamu tidak punya uang untuk membeli payung? Manfaatkan saja sampah plastik yang ada di sekitarmu.

Kalau payung yang kamu buat sudah dijahit dengan kuat, maka payung tersebut justru akan terlihat lebih baik dari payung-payung yang pada umumnya dijual. Bahan plastik detergen, pewangi, dan bungkus sabun itu sangat kuat lho.

Payungmu tidak akan mudah sobek, awet, tahan lama, dan tentu akan lebih cepat kering dan tidak mudah jamuran.

5Sandal

smpmugadeta.info

Sandal unik dari bahan plastik bekas bungkus sabun juga bisa menjadi pilihan untuk memanfaatkan sampah rumah tangga. Siapkan saja jarum dan benang jahit, serta pola yang sudah digambar di atas kertas.

Sebetulnya, untuk membuat sandal plastik ini bisa kamu kreasikan sesuka hati. Bahkan kamu bisa membuat polanya sendiri tanpa hambatan berarti, karena memang proses pembuatannya sangat sederhana.

6Wadah Permen

jeetbo.com

Kamu butuh tolpes lucu, tapi tak mau beli? Buat saja sendiri dari barang-barang bekas. Barang-barang yang biasa dipakai oleh masyarakat adalah botol mineral.

Setelah kamu bersihkan botolnya, pilih menggunakan cat atau kertas berwarna (kertas origami) untuk membungkus botol. Gunting bagian tengah botol membentuk mulut hewan atau tokoh kartun yang kamu sukai.

7Lampu

ceritakamar.com

Cobalah pasang lampu warna-warni untuk kamarmu agar ada dekorasi yang manis, unik, dan lucu setiap malam. Pemandangan kamarmu akan menjadi berbeda dan suasananya pasti lebih seru.

Kamu bisa menggunakan botol mineral bekas yang masih layak pakai. Kamu cuci terlebih dahulu, kemudian kamu beli lampu dengan daya yang tak terlalu besar, yang warna lampunya beragam. Biasanya bohlam lampu warna-warni ukurannya kecil.