blogoinformasi.com

6 Kerajinan Tangan dari Sabun yang Sangat Cantik

Posted on

Kerajinan Tangan dari Sabun

Karya kerajinan tangan ternyata bisa dibuat dari bahan apa saja. Kita bahkan bisa menggunakan barang-barang di sekitar kita untuk membuat kerajinan.

Hanya diperlukan kreativitas dan kemauan untuk menyulap barang-barang biasa yang kita gunakan sehari-hari menjadi karya seni yang memukau.

Salah satu benda yang bisa digunakan sebagai bahan kerajinan tangan adalah sabun batangan. Ya sabun yang biasa kita gunakan untuk mandi, ternyata bisa dibentuk menjadi karya seni yang indah.

Sabun batangan memang memiliki tekstur yang padat namun sangat lentur. Bentuknya bisa diubah sedemikian rupa namun tetap padat.

Terlebih sabun batangan ada kelebihan yakni baunya yang harum sehingga cocok dibuat sebagai hiasan. Selain itu harganya yang murah membuat kita bisa mencoba-coba terlebih dahulu sembari belajar membuat kerajiann sabun sesuai yang kita inginkan.

Nah, berikut ini ada beberapa contoh kerajinan sabun yang bisa kamu buat dan bisa kamu coba di rumah. Klik Next

Bunga

kursusjahityogya.blogspot.com
kursusjahityogya.blogspot.com

Karya seni yang paling banyak dibuat dari bahan sabun adalah bunga. Memang agak rumit karena kamu harus membuat sabun batangan menjadi bahan yang dilumerkan terlebih dahulu.

Setelah dilumerkan, diamkan bahan sehingga menjadi satu. Lalu potonglah menjadi lembaran-lembaran yag terbuat dari bahan sabun.

Nah guna membentuk bunga, kamu tinggal membentuk dari lembaran-lembaran yang sudah dibuat. Karena cukup elastis namun tetap kuat, sabun bisa dengan mudah dibentuk.

Namun ingat, saat mencampur bahan kamu harus membuat beberapa lembar dengan warna yang berbeda sehingga bisa menjadi padu padan yang cantik.

Untuk batang bisa dibuat dengan batang besi yang dilapisi dengan adonan sabun. Cukup mudah dan menarik bukan?

Kupu kupu

cdharmaprawira.wordpress.com
cdharmaprawira.wordpress.com

Membuat bentuk kupu-kupu bisa langsung dibentuk tanpa harus dibuat adonan terlebih dahulu. Kamu bisa siapkan beberapa alat ukir yang cukup kecil dengan berbagai ukuran.

Kamu bisa membuat pola terlebih dahulu di batangan sabun lalu ukir sesuai pola dengan kedalaman yang simetris.

Karakter Animasi

atiyuli.wordpress.com
atiyuli.wordpress.com

Kamu suka karakter animasi? atau anak kamu suka tokoh-tokoh kartun? pasti menyenangkan jika bisa mandi sambil menggunakan karakter kartun yang mereka sukai.

Dengan adonan sabun yang sudah tercampur, kamu bisa membuat karakter wajah kartun dari sabun. Jika satu warna,kamu bisa menggunakan cetakan yang sudah banyak dijual.

Cukup mencetak dalam cetakan dan jadilah karakter. Namun jika dibuat berwarna sesuai aslinya, caranya agak sedikit rumit. Kamu harus membuat bagian per bagian sesuai dengan warna.

Instalasi Kaki

www.cnnindonesia.com
www.cnnindonesia.com

Nah yang ini memang lebih bersifat karya senin dibandingkan kerajinan tangan biasa. Kami harus melumerkan sabun dan membuatnya jadi adonan.

Lalu instalasi ini biasa dikerjakan para seniman dalam bentuk tiga dimensi. DIbuat secara manual sedikit demi sedikit dengan sentuhan dan insting seni.

Guna membuat instalasi tiga dimensi dari sabun memang mirip seperti membuat patung yang memerlukan keahlian khusus.

Hewan Akuarium

alabaster6.wordpress.com
alabaster6.wordpress.com

Cara membuat kerajinan sabun ini mirip dengan membuat tokoh kartun. Hewan-hewan atau karakter lain bisa dibuat dengan cetakan.

Kamu bisa beli berbagai cetakan kue yang berbentuk binatang. Tinggal bahan kuenya kamu ganti dengan adonan sabun yang sudah kamu buat.

Kue Lapis Legit

kerajinantanganbagus.blogspot.co_.id
kerajinantanganbagus.blogspot.co_.id

Kalau kamu lihat sekilas, ini lebih mirip kue lapis yang lezat kan? wah memang sangat mirip instalasi seni dari sabun ini.

Cara membuatnya juga dengan menggunakan adonan sabun. Campur yang sewarna sesuai dengan tekstur kue yang lezat itu.

Berbagai jenis kue tiruan dari sabun bisa dibuat karena seperti mengganti adonan kue dengan adonan dari sabun saja.

Baca juga: kerajinan tangan dari barang bekas

[td_smart_list_end]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *