Suku bangsa di Indonesia sangat banyak jumlahnya. Itulah sebabnya suku bangsa menjadi salah satu kekayaan Indonesia yang dikagumi mancanegara. Apalagi setiap suku bangsa punya kebudayaan unik, seperti tarian khas, lagu daerah sampai hal-hal mistik.

Berbicara soal mistik, ada banyak suku di Indonesia yang kental dengan kepercayaan mistiknya. Bahkan sampai sekarang, kepercayaan itu masih mengakar. Zaman yang semakin modern sama sekali tidak mempengaruhi tradisi mistik yang ada.

Sihir merupakan salah satu contoh hal mistik yang dipercaya masih bertahan di era modern ini. Konon, beberapa suku di Indonesia memiliki kekuatan sihir tak tertandingi. Inilah 5 suku yang diyakini menyimpan kekuatan sihir dahsyat.

1Suku Dayak

lahiya.com

Siapa yang tidak kenal Suku Dayak, suku paling dominan di pedalaman Kalimantan. Suku yang satu ini memang terkenal dengan kekuatan magisnya.

Terutama pada senjata khasnya, mandau. Konon, senjata mandau dapat melayang sendiri ketika menemui musuhnya.

Selain itu, Suku Dayak memiliki banyak ‘orang pintar’ atau dukun. Para dukun tersebut diyakini memiliki jampi-jampi yang dapat menarik jodoh. Salah satu jampi-jampi yang sangat terkenal yaitu minyak buluh perindu.

2Suku Jawa di Banyuwangi

asliindonesia.com

Suku Jawa merupakan salah satu suku paling dominan di Indonesia. Kebanyakan Suku Jawa tinggal di Pulau Jawa bagian tengah dan timur. Meskipun sama-sama Suku Jawa, namun ada budaya dan tradisi yang berbeda.

Misalnya di Banyuwangi, Jawa Timur yang terkenal dengan banyaknya dukun santet di sana. Katanya, para dukun tersebut sangat sakti. Tidak sedikit orang yang ciut nyalinya ketika berhadapan dengan Suku Jawa di Banyuwangi.

3Suku Asmat Papua

gpswisataindonesia.blogspot.com

Mungkin Papua terkenal sebagai kawasan yang belum banyak dijamah tangan manusia. Hal itu selaras dengan adanya Suku Asmat yang dipercaya memiliki kekuatan magis luar biasa.

Suku Asmat ini sangat percaya dengan roh leluhur di alam yang mereka huni. Kamu dapat menjumpai Suku Asmat di pedalaman Papua.

Menurut mitos, Suku Asmat biasa menggunakan kekuatan sihirnya untuk memanggil hujan, halilintar, angin hingga menjaga hutan. Mereka percaya, jika hutan selalu dijaga maka roh leluhur akan tenang dan tidak murka.

4Suku Badui

cilangkahan.wordpress.com

Suku Badui terkenal sangat menutup diri dari arus modern. Mereka tidak mau menerima kebudayaan asing yang masuk ke daerahnya. Suku Badui ini tinggal di pedalaman Banten.

Mereka sangat menjaga tradisi yang diwariskan turun-temurun. Konon, kekuatan sihir yang mereka miliki sangat dahsyat. Terutama ilmu pelet dan kebalnya. Banyak yang menyakini bahwa ilmu pelet dan ilmu kebal dari Banten nyaris tak terkalahkan.

Kebudayaan yang sering dipertunjukan dari ilmu kebal yakni debus. Debus ini merupaka kesenian yang mempertunjukan seseorang yang kebal dari senjata tajam dan api. Itulah sebabnya, tidak sedikit orang dari luar Banten yang berguru ke sana.

5Suku Kajang

baliphotographyguide.com

Suku Kajang tinggal di sebuah daerah di Sulawesi Selatan. Konon, Suku Kajang ini punya tradisi mistik yang sudah dipelihara sejak ratusan tahun lalu.

Suku Kajang dikenal mahir dalam ilmu sihir, pelet, santet dan lain-lain. kepercayaan mistiknya pun sangat melekat. Bahkan mereka dipercaya kebal terhadap benda tajam. Yang paling mengerikan yakni mereka dapat menyerang lawannya dari jarak jauh.

Itulah 5 suku di Indonesia yang memiliki kekuatan magis luar biasa. Percaya atau tidaknya, kejadian demi kejadian telah dialami banyak orang yang berurusan dengan suku-suku tersebut.

Sebesar apapun kekuatan sihir yang mereka miliki, tetap saja tidak akan bisa menandingi kekuatan Tuhan Yang Maha Esa.