Apakah kamu pernah makan sushi? Atau apakah kamu penggemar sushi? Jika kamu suka makan sushi, tentunya kamu tau bentuk sushi pada umumnya ya! Yaitu terbuat dari nasi yang diisi dengan ikan atau seafood kemudian digulung.

Sushi ini asalnya dari negara Jepang. Bagi kamu yang memang menyukainya pasti akan bilang bahwa sushi adalah makanan yang lezat. Namun, dikesempatan kali ini, kita akan melihat sebuah bentuk sushi yang sangat berbeda dari biasa.

Kok bisa berbeda? Memang beda di mananya? Beda dibentuknya yang sangat indah. Jika sekilas kamu melihatnya, maka kamu tidak akan percaya kalau itu adalah sushi.

Wah jadi makin penasaran nih, bentuk sushi-nya seperti apa ya? Kita lihat aja bentuk-bentuknya yuk, sekalian lihat cara membuat sushi-nya. Simak baik-baik ya!

1Sushi Berbentuk Koi

boredpanda.com

Oh, ternyata bentuk sushi-nya seperti ikan koi ya! Wah kalau nggak dikasih tau ini sushi pasti nyangkanya itu ikan koi sungguhan, bentuknya mirip sekali soalnya. Kok bisa ya ngebentuk ikan koi seperti itu?

boredpanda.com
boredpanda.com

Nah, ini bentuk sushi ikan koi yang lainnya, makin mirip aja ya. Apalagi disajikannya di wadah seperti itu. Seperti kolam yang dipinggir-pinggirannya ada bebatuan yang terbuat dari aneka seafood.

boredpanda.com
boredpanda.com

Selain itu, sushi-sushi yang berbentuk ikan koi ini pun bisa disuguhkan dengan cara seperti ini. Di tata di sebuah nampan dengan diberi hiasan di antara sushi-sushinya. Jadi mirip seperti ikan koi yang terdampar ya!

boredpanda.com
boredpanda.com

Oh, begini rupanya bentuk sushi-nya jika dilihat dari dekat. Kamu bisa lihat nasi yang muncul di bawah tubuh ikannya kan? Ngomong-ngomong, itu kulit ikannya di buat dari apa ya? Lalu, warna-warna yang muncul dari dalam tubuh koinya sebenarnya apa?

2Cara Membuatnya

boredpanda.com

Hal pertama yang perlu kita persiapkan adalah cumi-cumi, hewan laut ini akan kita ambil dagingnya untuk kemudian diiris tipis-tipis menjadi bagian kulit sushi ikan koi nantinya. Oleh karena itu, kita perlu membersihkannya sampai benar-benar bersih.

boredpanda.com
boredpanda.com

Bagian kedua yang perlu kita persiapkan adalah udang. Saat membersihkan, kita perlu menghilangkan bagian keras dari kulit udang. Warna merah pada daging udang inilah yang nantinya memberi warna badan sushi ikan koinya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Isi sushi yang lainnya adalah telur ikan yang berwarna merah ini, telur ini kita iris dan kita ambil bagian isinya, hingga terlihat bulir-bulir berwarna merah. Nah, telur ikan ini juga memberi warna pada sushi ikan koinya lho.

boredpanda.com
boredpanda.com

Setelah bahan utamanya kita siapkan, maka sekarang saatnya kita membentuk sushinya. Pertama kali yang kita bentuk adalah nasi yang kemudian dilumuri dengan bulir-bulir telur ikan. Lalu di atasnya kita beri sedikit taburan rumput laut atau nori.

Selain itu, di tahap ini, kita pun mulai bisa menutupi nasi dan telur ikan tadi dengan cumi-cumi yang sudah diiris tipis. Untuk bagian yang ini, kamu perlu membayangkan dulu bagaimana pola tubuh ikan. Agar bentuknya benar-benar mirip ikan koi tentunya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Inilah semua bahan-bahan yang akan digunakan saat kita membuat sushi ikan koi. Ada yang kita gunakan sebagai bagian dari tubuh sushi ikan koi, ada juga yang digunakan saat proses penyajian. Tentunya benda-benda ini sama pentingnya satu sama lain.

Bagaimana, mudah kan cara membuatnya? Tapi buat kamu yang tidak suka seafood mentah, sebaiknya kamu hindari deh makanan yang satu ini atau kamu buat dalam bentuk yang serba matang.