Bekerja di rumah merupakan impian sebagian besar ibu rumah tangga. Dengan bekerja di rumah, para ibu rumah tangga bisa lebih dekat dengan anak dan bebas mengatur jam kerja. Selain itu, kamu juga memperoleh penghasilan sendiri.

Kamu tidak perlu repot-repot ke kantor, memikirkan transportasi dan membeli pakaian untuk kerja. Namun, ketika bekerja dari rumah, kamu harus mengatur waktu dan disiplin. Sikap konsisten itu penting untuk kamu, karena bekerja di rumah godaannya malas.

Sebelum kamu memilih pekerjaan yang cocok, sebaiknya buatlah rincian tentang apa yang ingin kamu lakukan. Buat daftar yang menggambarkan pengalaman dan keahlian kamu. Jangan lupa menghitung waktu yang kamu butuhkan untuk bekerja.

Jika perlu, ikutlah kursus komputer yang mengajarkan dagang online. Kamu akan diberikan ilmu tentang cara mempromosikan barang dan mendapatkan konsumen.

Beberapa pekerjaan yang kamu pilih mungkin memerlukan komputer atau laptop. Tapi, ada juga pekerjaan yang dapat dilakukan tanpa alat tersebut. Misalnya, membuka usaha kecil di rumah.

Kalau sudah mantap dengan pilihanmu, sekarang kamu tinggal menentukan pekerjaan yang akan kamu jalani. Inilah 9 pekerjaan yang direkomendasikan, cekidot.

1Marketing Online

tokoonline168.com

Pekerjaan paling mudah adalah menjadi marketing online. Kamu tidak perlu keahlian apapun selain pandai menjual produk lewat internet.

Untuk bisa mendapatkan komisi dari penjualan, ada banyak cara. Misalnya, dengan menjadi affiliate produk di website perusahaan atau memasang banner iklan di blog pribadi kamu. Cara tercepat mendapatkan uang di blog yakni dengan menggunakan Google Adsense.

2Seniman

seniman-mengantuk.tumblr.com

Kamu pandai melukis atau memahat? Manfaatkan keahlianmu itu. Buatlah karyamu di rumah dan pasarkan secara online.

Sekarang banyak kok, penggemar karya seni yang mencari karya incarannya di dunia maya. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan jasa ilustrasi kepada penulis yang membutuhkan lukisan untuk cover bukunya.

3Membuka Toko Online

tokoonline168.com

Kamu tahu tokopedia? Jika kamu punya produk, bukalah toko online di tokopedia. Pendaftarannya tidak dipungut biaya dan kamu bisa bertemu konsumen secara langsung.

Lebih baik lagi kalau kamu punya blog pribadi. Kamu bisa menjual barang-barang buatanmu di blog. Misalnya, menjual aksesoris ponsel, kerajinan tangan, jahitan, pakaian dan masih banyak lagi.

4Desainer Grafis

desaingrafisindo.blogspot.com

Keahlian desain grafis menjadi keahlian langka di zaman sekarang ini. Kamu yang punya bakat ini, jangan sia-siakan. Banyak lho, perusahaan yang mencari desainer grafis freelance.

Mereka biasanya membutuhkan desainer grafis untuk membuat katalog, buku, majalah dan lain-lain. Belum lagi kalau ada acara besar, desainer grafis akan dicari untuk membuatkan desain spanduk, banner dan baliho.

5Penulis Lepas

exnim.com

Beruntunglah bagi kamu yang punya bakat menulis. Itu sebuah karunia luar biasa dari Tuhan. Jarang lho, yang mengembangkan passion menulisnya hingga menjadi profesi.

Nah, kamu yang berbakat menulis, punya kesempatan besar untuk bekerja sebagai penulis artikel online, majalah online atau penulis konten blog. Sekarang banyak media massa online yang membutuhkan penulis. Buruan daftar.

6Konsultan

akasiamandiri.com

Konsultan merupakan salah satu pekerjaan yang dapat kamu tekuni dari rumah. Jika kamu ahli pertanian, kamu bisa menjadi konsultan pertanian. Cobalah menawarkan jasa via internet. Siapa tahu ada yang membutuhkan jasa kamu.

7Asisten Virtual

augunantyadini.blogspot.com

Asisten virtual ini tugasnya mengatur jadwal pertemuan, rapat, daftar penelepon, menangani tugas perusahaan dan acara lainnya. Nah, biasanya perusahaan membutuhkan asisten virtual untuk mengurus tugas seabrek itu.

8Perancang Pesta

recesslv.com

Pekerjaan ini gampang-gampang susah. Kamu dapat melakukannya dari rumah, tapi juga membutuhkan pemikiran, ide dan tenaga ekstra. Pasalnya, kamu harus mengurus mulai dari konsep acara, dekorasi sampai makanan pesta.

Namun, tidak perlu khawatir karena kamu bisa bekerja sama dengan pihak lain. Misalnya, kamu punya teman yang ahli kuliner, kamu dapat menyertakannya di dalam tim.

9Editor dan Penerjemah

emaze.com

Kamu yang lulusan sastra atau bahasa cocok dengan pekerjaan ini. Tawarkan jasa kamu via internet atau blog pribadi. Lebih bagus lagi jika kamu mendaftar sebagai editor atau penerjemah freelance di website tertentu.

Itulah tadi 10 pekerjaan yang bisa kamu lakoni dari rumah. Selamat mencoba.