Kekayaan kuliner di Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Semua orang tahu bahwa Indonesia memiliki ragam cita rasa soal makanan. Termasuk pada makanan yang gurih satu ini, kerupuk.

Banyak orang mencari kerupuk, selain karena gurih kerupuk selalu pas di hidangkan kapan saja bersama makanan apa saja. Kerupuk juga bisa menjadi camilan saat sedang bersantai. Ngomong-ngomong, sudah berapa jenis kerupuk yang pernah kamu makan?

Yap! Ada berjuta jenis kerupuk di Indonesia, bahkan ada juga lho kerupuk yang di rebus. Xixi. Itu lho, makanan khas kota Cirebon yang bernama seblak. Makanan ini ternyata menggunakan bahan dasar kerupuk, tetapi tidak digoreng melainkan direbus.

Berikut adalah ragam kerupuk yang ada di Indonesia, kalau kamu belum mencobanya silahkan mencoba ya.

1Kerupuk Melarat

www.tokomesin.com

Waduh, dari namanya kerupuk ini agaknya memiliki sejarah yang unik. Hehe. Walaupun namanya melarat tapi kerupuk ini sangat populer di masyarakat kita, terutama bagi masyarakat di pulau jawa. Kerupuk ini mudah ditemukan di toko dan pasar dengan harga yang relatif murah.

Ada juga yang menyebut kerupuk yang satu ini dengan nama mares, yakni singkatan dari lemah yang artinya tanah dan ngeres yang artinya berkerikil sebesar pasir.

Sedangkan di tanjung Brebes Jawa Tengah kerupuk ini dikenal dengan nama kerupuk diesel. Konon dinamakan diesel karena pembuatannya di goreng menggunakan pasir sembari di eusel-eusel.

2Kerupuk Jengkol

marga-saluyu.blogspot.com

Kalau kamu kurang suka makan jengkol, cobalah untuk mencicipi kerupuk yang satu ini. Rasanya yang gurih sangat sulit ditolak oleh lidah. Eits, jangan langsung bilang tidak suka ya guys. Tidak sedikit lho mereka yang tidak suka jengkol ternyata ketagihan dengan kerupuk jengkol.

3Kerupuk Rambak

www.arofanoor.com

Selanjutnya ada kerupuk yang biasanya terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Kerupuk yang berasal dari wilayah Brebes Jawa Tengah ini di sebut juga kerupuk rambak. Kerupuk ini sudah merambah pasar ekspor loh,, yakni ke Malaysia dan Brunai Darrussalam.

Proses pembuatannya cukup panjang, pertama kulit sapi atau kerbau di jemur sampai kering. Kemudian kulit di bakar hingga empuk kemudian di rendam. Selanjutnya kulit melewati proses rebusan yang bisa mencapai 9 jam, setelah itu kulit akan mekar, kemudian di tiriskan.

Lalu kulit di iris kecil dan tipis juga di beri bumbu, lanjut proses penjemuran hingga satu minggu.

Rasanya? Tentu tidak kalah lezat dengan kerupuk jengkol.

4Kerupuk Kemplang

tokojajanfatimah.wordpress.com

Kalau kamu lagi jalan-jalan ke Palembang, kerupuk yang satu ini akan mudah kamu temui. Tapi ada juga kerupuk kemplang dari wilayah Lampung dan Bangka Belitung.

Cara pembuatan kerupuk kemplang cukup sederhana, daging ikan di giling di campur dengan tepung tapioka, sedikit air dan bumbu. Seluruh bahan di aduk sampai rata dan kalis, adonan yang di haluskan lalu di cetak, di kukus, di jemur , kemudian di panggang atau di goreng untuk di konnsumsi.

Ikan yang digunakan untuk membuat kerupuk kemplang biasanya ikan tenggiri, ikan blida ataupun ikan gabus. Kerupuk ini biasa di santap dengan sambal yang kkhusus di buat untuk kerupuk kemplang.

Harga kerupuk ini tergantung jenis ikan apa yang menjadi bahan utamanya. paling mahal adalah kerupuk kemplang dari ikan blida. Untuk rasa jangan di ragukan lagi, dijamin anda bakal ketagihan. Jadi selamat mencoba!!!

 

 

SHARE