Kamu mungkin sangat suka memasak dan bereksperimen resep ini dan itu. Tentu saja rasa masakan selalu nomor satu bukan? Nah, mungkin karena terlalu fokus pada rasa, kamu sering melakukan kesalahan memasak.

Salah karena dengan cara memasak itu berbagai senyawa bermanfaat pada bahan masakan seringkali justru rusak karena dimasak dengan cara yang salah. Akhirnya kamu hanya memakan bahan makanan yang mengenyangkan.

Masakan kamu jadi tidak memberikan efek kesehatan yang optimal. Nah, berikut ini beberapa kesalahan memasak yang mungkin belum kamu ketahui.

1Brokoli, Direbus, atau Ditumis?

precisionfitpb.com

Mana yang lebih kamu sukai? Merebus apa menumis brokoli? Sayangnya dua cara tersebut sama-sama kesalahan memasak. Sebaiknya mulai sekarang kamu harus mengganti kebiasaan masak brokoli dengan cara mengukusnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Elizabeth Jeffrey, Ph.D dari Universitas Illinois, Amerika menyatakan bahwa brokoli mengandung senyawa anti kanker yang disebut sulforaphane.

spicedcuriosity.com
spicedcuriosity.com

Senyawa ini tersimpan dalam berbagai sayuran dan dapat muncul dengan bantuan enzim myrosinase. Nah, menumis dan merebus brokoli justru akan menghancurkan enzim yang tidak tahan panas ini.

Dengan melakukan metode pengukusan (steaming) saat memasak brokoli, panas yang terpapar oleh brokoli cukup ramah dan tidak merusak enzim myrosinase ini. Kamu cukup mengukus brokoli selama 3-4 menit saja.

2Stroberi, Diiris, atau Dimakan Bulat-bulat?

fanpop.com

Kesalahan memasak atau memakan stroberi adalah karena kamu mengirisnya, biasanya untuk mempercantik es krim atau puding bukan? Penelitian di Brazil pada tahun 2011 membuktikan hal tersebut.

Stroberi utuh mengandung vitamin C 8-12% lebih banyak dari pada stroberi irisan. Vitamin C sangat mudah rusak saat kontak dengan cahaya dan oksigen. Jadi, selain memakannya bulat-bulat, kamu juga harus menyimpan stroberi dalam kulkas.

3Tumis Bawang Putih dengan Benar

foodnetwork.com

Lazim diketahui bahwa bawang putih mengandung senyawa anti kanker. Nah, senyawa ini bernama allicin. Nah, senyawa ini akan bermanfaat secara optimal jika terpapar udara. Kesalahan memasak bawang putih adalah langsung menumisnya setelah diiris.

Jadi, menurut sarat dari Sara Haas, konsultan diet sekaligus chef serta juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, cara terbaik untuk mendapatkan manfaat allicin adalah dengan membiarkan atau mendiamkan irisan bawah putih selama 10 menit sebelum ditumis.

4Kesalahan Memasak Wortel

harvesttotable.com

Tentu saja banyak kuliner Indonesia yang menggunakan wortel sebagai salah satu bahan utama atau pendukung. Nah, ternyata cara yang benar dalam memasak atau merebus wortel adalah membiarkannya utuh selama direbus.

Kamu bisa mengirisnya setelah selesai merebusnya. Nutrisi dalam wortel akan lebih terlindungi jika kamu merebusnya bulat-bulat dibandingkan mengirisnya sebelum dimasak. Mengiris wortel sebelum dimasak adalah sebuah kesalahan memasak.

5Tomat Segar atau Kaleng?

splendidtable.org

Banyak orang beranggapan bahwa makanan kaleng dan kemasan selalu mengandung senyawa pengawet. Namun hal ini tidak selalu benar. Makanan kaleng diproses dalam suhu tinggi yang disebut proses sterilisasi.

Jadi kondisi steril setelah proses ini memungkinkan makanan kaleng bersih dari berbagai kemungkinan kontaminasi dan otomatis memperpanjang umur simpannya tanpa perlu bahan pengawet tambahan.

Nah, salah satu kesalahan memasak adalah memakan tomat mentah. Lewat proses sterilisasi yang melibatkan panas, kandungan lycopene dalam tomat meningkat.

kokteill.is
kokteill.is

Lycopene ini adalah senyawa antioksidan yang dikatakan dapat menurunkan resiko stroke, mencegah kanker prostat dan meningkatkan daya otak di masa tua.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan oleh The British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa orang yang lebih banyak mengonsumsi produk sayuran secara mentah mengalami kekurangan lycopene dalam tubuh mereka.

Cara terbaik untuk memasak tomat adalah dengan menggunakan minyak zaitun, hal ini karena lycopene adalah senyawa larut lemak. Artinya kamu harus menyertakan lemak dalam makananmu untuk dapat menyerap lycopene dengan sempurna.