Komputer seolah kini menjadi barang yang tak pernah lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari pekerjaan hingga hiburan, semuanya mengandalkan bantuan komputer. Dapat dikatakan, semakin modern kehidupan seseorang, semakin intens pula dirinya menatap layar komputer.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan komputer. Mulai dari pengerjaan tugas atau proyek agar bisa selesai sesuai deadline. Atau sekedar untuk memenangkan beberapa pertandingan game di komputer. Dan semuanya bisa menghabiskan waktu berjam-jam.

Kegiatan seperti itu menuntut kita untut terpapar cahaya monitor secara terus menerus. Jika berlebihan, dapat merusak kesehatan mata kita. sehingga perlu adanya upaya serius agar kondisi mata kita tetap sehat meski sering menatap layar komputer dan sejenisnya.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar kondisi kesehatan mata tetap terjaga.

1Rutin Melatih Mata

pixabay.com

Sadar atau tidak, kita lebih suka menatap monitor yang terang benderang hingga lupa sudah berapa lama kita berada di depan layar komputer tersebut. Akhirnya, mata menjadi terpaku pada jarak pandang yang sama dalam waktu yang cukup lama.

Menurut para ahli, jika hal ini tidak diimbangi dengan latihan mata, maka akan mengakibatkan masalah fokus. Sehingga nantinya kesulitan melihat jarak jauh dekat. Cara untuk mengantisipasinya, cobalah untuk merenggangkan mata dan berkedip beberapa kali setiap 20 – 30 menit.

2Beri Jarak Pandang Antara Mata dan Layar Komputer

funnyjunk.com

Jika tengah asyik berada di depan monitor, jangan sampai posisi mata kita terlalu dekat dengannya. Pada jarak hanya 5 cm misalnya. Hal ini akan merusak mata kita. Karena semakin dekat jarak mata kita dengan layar komputer, semakin tinggi kerusakan yang diakibatkannya.

Aturlah jarak antara keduanya sekitar 50 – 100 cm. Dan jagalah jarak itu jangan sampai kurang. Dan bagi kamu yang masih memiliki kebiasaan berdekat-dekat dengan layar komputer, jangan heran kalo orang disekitarmu menganggapmu freak.

3Gunakan Kaca Mata Khusus dari Dokter

pixabay.com

Aktifitas menatap monitor dalam waktu yang lama dapat membuat mata capek dan tidak nyaman. Untuk mengantisipasi hal itu, cobalah untuk memeriksakan mata ke dokter. Mintalah kacamata khusus untuk aktifitas di depan layar komputer. Sehingga kondisi matamu tetap terjaga dengan baik.

4Kondisikan Cahaya Layar Monitor dan Lingkungan Sekitar

decoria.xyz

Faktor berikutnya yang dapat menjadi penyebab kerusakan mata adalah tingkat kecerahan cahaya monitor. Intensitas cahaya monitor yang terlalu terang dapat membuat mata cepat lelah.

Sehingga kamu perlu mengkondisikan cahaya monitor agar tidak terlalu cerah, sebelum menggunakan komputer.

Selain itu, lingkungan dengan penerangan yang minim juga akan meningkatkan resiko kerusakan mata.

Karena kondisi demikian membuat otot mata menjadi lebih tegang dan cepat lelah. Kamu perlu mengatur pencahayaan ruangan terlebih dulu agar sesuai dengan jumlah cahaya dari monitor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here