Apa makna sukses bagimu? Harta yang melimpah di usia muda. Memiliki banyak waktu untuk keluarga. Dapat menjalankan hobimu kapan pun kamu menginginkannya. Atau makna kesuksesan lain bagimu.

Setiap orang memang memiliki definisi suksesnya masing-masing. Dan tidak selalu ukuran kesuksesan itu dengan harta kekayaan. Bisa jadi seseorang memiliki kesuksesan dari segi finansialnya. Tapi dari segi lainnya? Belum tentu.

Karena memaknai soal kesuksesan erat kaitannya dengan suatu impian atau keinginan terdalam yang selalu ada dalam benak kita. Berikut ini makna sukses yang tidak berkaitan langsung dengan harta tapi banyak orang yang mengartikannya sebagai sebuah kesuksesan.

1Memberangkatkan Orang Tua  Naik Haji

duajurai.com

Sejak dulu hingga sekarang, naik haji merupakan sesuatu yang hampir selalu diinginkan oleh orang Muslim di Indonesia. Biayanya yang tidak sedikit justru memotivasi banyak orang segera memperolehnya lebih cepat.

Bahkan di sebagian daerah di Indonesia, untuk mendapatkan jadwal keberangkatan haji pun harus mengantri belasan hingga puluhan tahun.

Jika tidak ingin menunggu lama. Kamu bisa berangkat haji lebih cepat dengan waktu tunggu hanya beberapa tahun saja. Tentunya dengan harga yang jauh lebih mahal hingga dua kali lipat lebih dari biaya haji reguler.

Jadi, untuk kamu yang benar-benar sudah memasang tekad bulat menghajikan orang tuamu. Hingga akhirnya berhasil. Itu merupakan kesuksesan yang luar biasa. Tidak peduli berapa pun uang yang harus kamu keluarkan untuk mendapatkannya.

2Menunda Cuti Untuk Bisa Mudik Panjang

femalesia.com

Bagi kamu yang telah bekerja dengan jam kantor yang tetap. Cuti merupakan suatu hal yang istimewa. Benar tidak?

Butuh banyak pengorbanan untuk dapat mengelolanya. Karena waktu cuti yang diberikan perusahaan biasanya dipatok dalam jangka waktu satu tahun. Dan jumlahnya sudah diberikan batas maksimal. Atau kamu akan mendapatkan potong gaji jika melampauinya.

Dalam satu tahun, pasti akan banyak godaan untuk memanfaatkan waktu cuti kita.

britishairways.com
britishairways.com

Seperti konser musik grup band kesukaanmu. Peluang liburan murah ke luar negeri karena ada paket promo perjalanan dari salah satu maskapai penerbangan. Atau godaan lain yang mendorongmu mengambil jatah cuti setahun.

Tapi, ada satu hal yang dapat mengalahkan semua godaan itu. Yaitu kesempatan untuk dapat mudik ke kampung halaman dalam waktu yang lebih panjang.

Jika kamu berhasil untuk menahan beberapa keinginanmu dengan mengambil jatah cuti. Kemudian memanfaatkannya ketika mudik sebagai waktu tambahan di kampung halaman. Itu merupakan salah satu kesuksesanmu. Kamu telah berhasil menahan nafsu untuk hal yang lebih prioritas.

3Berniat Hanya Magang, Tapi Diangkat Jadi Karyawan

news.okezone.com

Belum lulus kuliah, tapi sudah punya jaminan hendak kerja dimana. Ini adalah kesuksesan yang sangat bermakna bagi setiap mahasiswa tingkat akhir.

Di tengah hiruk pikuk para sarjana yang harus saling bersaing mendapatkan pekerjaan yang mapan. Kamu yang masih menempuh tugas akhir. Salah satunya dengan praktek magang di sebuah perusahaan.

Kemudian karena atasan di perusahaan tempatmu magang melihat kinerjamu yang bagus. Dia memutuskan menawarimu untuk diangkat menjadi karyawan disana setelah lulus kuliah. Coba, nikmat yang mana lagi yang kamu dustakan?

Seperti peribahasa, “Bagaikan tertimpa durian runtuh”. Di saat teman-temanmu yang baru saja lulus harus menghadapi kegalauan mencari pekerjaan. Kamu sudah memiliki agenda tetap dari hari senin hingga jumat untuk bekerja di perusahaan mapan.

4Memasukkan Benang ke Jarum

female.kompas.com

Sebagian orang hingga saat ini masih merasa kesulitan melakukannya. Saking sulitnya, bahkan ada yang tidak mau sama sekali untuk melakukannya.

Memasukkan benang ke jarum memang membutuhkan kecakapan khusus. Ketelitian, ketenangan, penglihatan yang tajam, dan kesabaran merupakan kunci mutlak untuk dapat melakukannya.

Bagi kamu yang belum pernah melakukannya. Boleh dicoba aktifitas ini. Rasakan sensasinya jika telah berhasil. Sebagian orang berpendapat, jika telah berhasil memasukkan benang ke lubang jarum merupakan kesuksesan tersendiri.

Namanya juga kesuksesan. Setiap orang memaknainya secara berbeda.

SHARE