Apakah kamu sering mengalami kehabisan uang di pertengahan bulan. Padahal kamu merasa tidak pernah melakukan pembelanjaan yang terlampau mahal.

Setelah diteliti lebih jauh lagi, rupanya ada beberapa hal dapat membuat keuanganmu semakin menipis dan kamu tidak menyadarinya.

Karena ini, cobalah untuk menghindari beberapa hal berikut ini serta lakukan hal sebaliknya agar dirimu tidak lagi kehabisan uang di pertengahan bulan, bahkan dapat memiliki tabungah untuk masa depan. Mari simak penjelasannya berikut ini.

1Mengeluarkan Semuanya Tanpa Ada Skala Prioritas

blog.tokopedia.com

Setiap kamu membelanjakan sesuatu, seringkali egomu mendominasi dalam mengambil keputusan untuk membelanjakan uang yang telah kamu miliki.

Padahal sebagian barang yang kamu beli itu sekedar untuk memenuhi keinginan sesaat. Bukan kebutuhanmu yang mendesak.

Maka mulai saat ini, setiap akan membelanjakan sesuatu, cobalah membuat skala prioritas terlebih dahulu sebagai pedoman apakah barang yang akan kamu beli benar-benar sesuai dengan kebutuhanmu.

2Belanja Tanpa Informasi

id.theasianparent.com

Mulai saat ini jadilah konsumen pintar dengan memperoleh informasi tentang produk yang hendak kamu beli. Jangan sampai terjebak dengan kemasan yang menarik.

Selain itu, kamu bisa berbelanja ketika ada diskon atau promosi. Hal ini sangat membantu kondisi keuanganmu yang sedang memburuk.

3Beli Makan Siang

pixabay.com

Sebagian besar orang memang lebih suka makan siang di kantor dengan membeli makanan di luar. Padahal, belum tentu juga makanan yang mereka konsumsi memiliki rasa yang enak, berkalori tinggi dan sehat.

Kamu bisa menyiapkan makan siang dari rumah. Hal ini tentu membuatmu dapat menyajikan makanan yang mungkin lebih enak dan lebih terjamin kualitas gizinya. Kebersihannya pun dapat terjaga dengan porsi sesuai dengan yang kamu inginkan.

4Membelanjakan Uangmu Secara Impulsif

www.dream.co.id

Jika kamu memiliki kebiasaan membelanjakan uangmu secara impulsif, tentu hal ini sangat berbahaya bagi kondisi keuanganmu. Karena seringkali kamu belanja untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Untuk mengantisipasinya, cobalah hitung berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan selama seminggu. Jika ada lebih, sisihkan dalam celengan atau tabungan.

Dan pastikan, uang yang telah berada di celengan atau tabunganmu jangan sampai terpakai untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.