Asma merupakan suatu penyakit dimana si penderita merasakan kesulitan bernapas karena kaluran udara dalam paru-paru meradang dan terhalang oleh lendir. Saat dada mulai terasa sesak, biasanya akan disertai dengan munculnya suara mengi.

Biasanya para penderita asma selalu membawa obat ke manapun mereka pergi. Walau demikan, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan bila diri kita atau rekan kita terserang asma. Hal ini sebagai upaya untuk berjaga-jaga jika lupa membawa obat.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi asma.

1Duduk Tegak

www.ummi-online.com

Jika kamu atau rekanmu sudah mulai terasa sesak di dada. Segera hentikan segala aktivitas dan ambil posisi duduk dengan tegak.

Bila tubuh berada pada posisi melengkung ke bawah atau berbaring, hal ini justru membuat pernafasan semakin terhalang dan asma akan semakin parah.

2Bernafas Panjang

id.wikihow.com

Selanjutnya, cobalah untuk mengambil nafas panjang dan perlahan. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah serangan asma semakin parah. Cobalah tarik nafas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut.

3Tidak Panik

dontpanictrent.com

Bila asma sudah mulai menyerang, pastikan diri dan rekan kamu yang sedang mengalaminya tetap tenang dan tidak panik. Kepanikan justru dapat membuat otot dada semakin tegang dan membuat bernafas menjadi semakin susah.

4Hindari Pemicu Asma

brighterlife.co.id

Cobalah tengarai apa saja yang dapat menjadi pemicu asma. Beberapa hal diantaranya seperti debu, udara dingin, tungau, bulu hewan, batuk, kaget, terlalu capek dan faktor lainnya dapat menjadi menyebabkan kambuhnya asma.

Bila kamu mengetahui apa saja yang dapat menjadi penyebab asma, maka pastikan kamu selalu terhindar dari faktor tersebut. Dan segera menjauh ketika berada di dekatnya, apalagi jika merasa pernafasan mulai tidak nyaman.

5Cari Bantuan

chantiquevie.blogspot.com

Bila asma, batuk dan munculnya suara mengi masih terus terjadi walaupun dirimu sudah mencoba untuk beristirahat dan berusaha tidak panik, segeralah mencari bantuan.

Kamu bisa meminta tolong teman, tetangga, atau siapapun yang berada di dekatmu. Atau bisa langsung menghubungi ambulan.

6Minum Minuman Hangat

pixabay.com

Minuman hangat seperti teh dan kopi bisa membantu saluran pernafasan sedikit terbuka. Cara ini akan membuatmu merasa lebih nyaman dan membantumu untuk bisa bertahan.