Ponsel saat ini seolah sudah menjadi sahabat setia bagi manusia. Bisa dikatakan setiap orang memiliki ponsel pribadinya masing-masing. Apalagi bila kita lihat fenomena yang terjadi di masyarakat perkotaan. Tak hanya orang dewasa saja, anak-anak pun memilikinya.

Pada dasarnya, ponsel berfungsi untuk memudahkan penggunanya berkomunikasi dengan orang lain. Namun, belakangan banyak fitur tambahan yang ditawarkan para produsen ponsel sehingga keberadaan semakin disukai banyak penggunanya.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ponsel yang sedang aktif juga memancarkan radiasi yang cukup berbahaya bagi manusia. Radiasinya bersifat karsinogenik yang dapat mempengaruhi susunan sel dan syaraf manusia sehingga dapat menyebabkan munculnya penyakit kanker.

Selain itu ada dampak buruk lainnya yang bisa ditimbulkan oleh ponsel, apalagi jika kamu memiliki kebiasaan tidur di dekat ponsel yang masih aktif. Apa saja dampak buruknya? Berikut ini penjelasannya.

1Sakit Kepala

pelhamchiro.net

Sakit kepala dapat dirasakan, khususnya bagi orang yang sensitif terhadap gelombang RF yang dipancarkan oleh ponsel. Selain sakit kepala, kamu bisa juga mengalami mual dan muntah.

2Insomnia

expertbeacon.com

Radiasi ponsel juga dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia atau susah tidur. Hal ini disebabkan karena radiasi ponsel dapat membuat seseorang mengalami kegelisahan yang berlebihan sehingga sulit sekali untuk terlelap di malam hari.

3Kelelahan Saat Bangun Tidur

radiopostki.com

Ada lagi sebagian orang yang tetap bisa tidur walaupun berada dekat dengan ponsel, namun tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Walaupun tertidur, namun radiasi ponsel membuat otaknya tetap bekerja secara aktif.

Hal ini sering ditandai dengan bekerjanya otak untuk mengingat beberapa hal saat kamu sedang tertidur. Sehingga ketika kamu bangun tidur, tubuhmu masih merasa lelah dan capek, padahal waktu tidur pun cukup lama.

4Metabolisme Tubuh Terganggu

bellebeirut.com

Ketika seseorang tertidur, maka di saat itulah metabolisme justru bekerja secara aktif. Namun bagi tubuh yang terpapar radiasi ponsel sehingga tidur pun tidak nyenyak, proses metabolisme tubuhpun akhirnya juga ikut terganggu. Proses pencernaan dan detoksifikasi menjadi terhambat.

5Serangan Jantung

infophoria.com

Bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung, sangat tidak disarankan untuk tidur dalam kondisi ponsel aktif. Karena pada beberapa kasus serangan jantung pada malam hari, banyak dipicu oleh ponsel yang tiba-tiba berdering sehingga membuat kaget penderita.

6Alzheimer

hypescience.com

Penyakit Alzheimer atau pikun memang tidak menular dan umumnya banyak menyerang seseorang yang sudah tua. Namun bagi orang-orang yang memiliki kebiasaan tidur dekat dengan ponsel aktif, berpeluang besar mengalami penyakit ini di usia muda.