Perasaan apapun, seperti senang, sedih, marah dan kesal memang normal terjadi pada siapapun.

Namun jika perasaan-perasaan tersebut mudah timbul dan hilang di hati kita secara bergantian dalam waktu singkat, hal ini justru akan membuat orang lain bingung menanggapinya.

Selain membuat capek sendiri, banyak orang di sekitar kita akan merasa kurang suka karena moody seperti itu membuat mereka kebingungan dan membuat kerjamu tidak bisa optimal.

Seperti contohnya, ketika kamu mendapat tugas dari dosen. Kalau menunggu mood datang, tugas juga tak kunjung selesai.

Jadi, bagi kamu yang mulai merasa kalau mood-mu itu menghambat dirimu, coba kenali 7 hal yang berkaitan dengan mood berikut ini agar tidak moody lagi.

1Mengganggu Aktifitas

gudlakid.com

Moody seolah-olah memiliki persamaan arti dengan sesuatu yang cepat sekali berubahnya, perasa, impulsif dan hal lain yang berkaitan dengan emosi negatif seseorang. Istilah moody sebenarnya digunakan untuk menyebut seseorang yang mudah berubah emosi atau mood-nya.

Seseorang terkategorikan moody jika dirinya memiliki perubahn mood yang begitu cepat sampai-sampai mengganggu aktifitasnya sehari-hari.

Dan perubahan mood itu sering terjadi tanpa alasan yang jelas. Hal ini juga dapat diketahui dari caranya melakukan sesuatu dan mengambil keputusan berdasarkan mood.

2Dipengaruhi Lingkungan

bienecenter.com

Perubahan karakter seringkali dipengaruhi oleh lingkungannya. Orang yang moody di masa kecilnya bisa saja berubah tidak moody lagi ketika dirinya telah dewasa, begitu juga sebaliknya.

Pengaruh lingkungan, khususnya keluarga sangat berperan penting dalam perubahan tersebut.

3Bukan Keturunan

www.jombloku.com

Seringkali seorang anak suka meniru orang tuanya karena merupakan contoh terdekatnya. Walaupun demikian, hal ini juga tergantung pada si anak dalam melihat dan menilai apakah yang dilakukan orang tuanya benar atau salah. Selalu ada hal positif dan negatif dari cara orang tua mendidik anaknya.

4Beda dengan Pemarah

www.dzikirsm.web.id

Orang yang moody berbeda dengan pemarah lho. Marah lebih cenderung kepada sifat, sedangkan moody muncul pada saat tertentu saja, menyesuaikan dengan situasi yang mempengaruhinya saat itu.

5Motivasi Kreatif

www.putuputrayasa.com

Menurut salah satu penulis, mood lebih dipengaruhi oleh motivasi untuk menghasilkan kreatifitas dalam sebuah proses berpikir.

Contohnya seperti para pekerja seni seperti artis dan penulis. Mereka biasanya bersifat impulsif dan tiba-tiba muncul energi yang meluap-meluap untuk memicu kreatifitas.

6Dapat Dikendalikan

vorneto.wordpress.com

Kamu bisa mengendalikan mood dengan pikiran lho. Saat sedang tidak mood, kamu bisa mencoba untuk menjernihkan pikiran dan perasaan dahulu. Diperlukan kecerdasan dan kejernihan pikiran untuk menghapus moody.

Selain itu, mengendalikan emosi juga diperlukan agar moody tidak sampai merugikan orang lain.