Cinta adalah perkara yang sampai kapanpun akan menjadi bahan pembicaraan yang menarik. Walaupun dibicarakan oleh generasi dari masa ke masa. Entah apa yang membuat cinta begitu menarik untuk dibahas.

Jangankan sekedar dibahas, ranah musik pun banyak yang mengangkat tema cinta dalam lagu-lagunya, begitupula dunia perfilman, walaupun berkisah tentang petualangan, namun tetap saja menyisipkan kisah cinta di tengah-tengahnya.

Bahkan setiap orang pun bisa dengan gampang mengaku jatuh cinta, walaupun pada kenyataannya tidak semua orang mengetahui hakikat cinta sejati itu seperti apa.

dakwatuna.com
dakwatuna.com

Ternyata, banyak di antara mereka yang bilang jatuh cinta dan mengungkapkan cinta terjebak dengan yang namanya cinta buta.

Wah seram juga ya! Oleh karena itu, sebelum kita menyatakan bahwa kita mencintai seseorang, kita perlu tahu dulu, yang kita rasakan cinta buta atau cinta sejati.

Nah, supaya kamu punya gambaran mengenai ciri-ciri cinta sejati dan cinta buta, kita lihat saja yuk ulasannya berikut ini!

1Kematangan dan Kedewasaan Bersikap

mas-saefudin.blogspot.com

Orang-orang yang merasakan cinta sejati, akan lebih matang dan lebih dewasa dalam bersikap. Karena cinta sejati akan mengantarkan kita pada perbaikan diri secara terus menerus.

Saat cinta sejati muncul di hati, maka kita pun akan memantaskan diri untuk mendapatkan cinta sejati itu.

Namun, berbeda halnya dengan cinta buta. orang yang cinta buta seperti orang yang tidak punya cermin, tidak bisa melihat sesuatu dari sisi yang berbeda. Sehingga apapun yang terjadi pada dirinya tidak menjadi bahan pertimbangan.

2Terjaganya Kebebasan Individu

ricky-waldo.blogspot.com

Apabila ada yang mengaku mencintai seseorang, namun jadi terkesan ngatur-ngatur hidup orang dan tidak memberi kebebasan pasangannya bergaul dengan siapa saja dan mengembangkan dirinya, maka ini adalah cinta buta.

Cinta sejati adalah cinta yang memberi ruang terbuka kepada pasangannya untuk tetap aktif dan bergaul dengan lingkungannya. Selain itu pasangannya pun diberi ruang untuk melakukan pengembangan diri, misalnya saja kuliah atau pun kursus dan lain sebagainya.

3Kalau Egois Itu Cinta Apa Ya?

abammasa.wordpress.com

Tiap manusia pasti punya sifat egois, namun kadarnya berbeda-beda. Jika seseorang memutuskan untuk mencintai orang lain, tentunya ia melatih diri untuk menomorduakan egonya.

Namun, hal ini tidak terjadi pada cinta buta. Orang yang cinta buta tidak mementingkan hak orang lain. Misalnya saja orang yang cinta buta terhadap harta. Dalam kasus seperti ini, uang korupsi pun jadi halal bagi mereka.

4Kebahagiaan Cinta Itu Tidak Bersifat Sementara

tokeinfo.com

Cinta itu sejatinya mendatangkan kebahagiaan, kapan pun dan dimana pun. Jadi nggak ada ceritanya tuh, kalau kita mencintai sesuatu, namun kita merasa sedih atau justru membenci sesuatu yang lain.

Jika kita masih merasakan hal-hal negatif saat kita mencintai sesuatu atau seseorang, maka kita perlu mempertanyakan kadar cinta kita. Benarkah cinta yang kita rasakan adalah cinta sejati? Ataukah itu hanya nafsu yang bersifat sementara saja?

Jadi cinta sejati itu bisa diibaratkan sebagai sebuah pilihan, yaitu pilihan untuk tetap dan terus bahagia bersama orang yang kita cintai, walaupun di tengah-tengah perjalanan ada badai yang menerpa cinta kita.

5Emosi yang Terkontrol

mreena.com

Tiap manusia punya karakter yang berbeda-beda. Bisa jadi suatu saat nanti kita dipertemukan dengan orang yang punya karakter yang berbeda dengan kita.

Namun, kalau orang yang saling mencintai, pasti bisa meredam dan mengontrol emosinya, sehingga karakter buruk yang melekat pada diri tidak tertumpahkan dengan ekspresi yang buruk.

Mungkin begitulah kerja cinta. Cinta mampu membuat orang mau mengalah, cinta mampu membuat orang belajar untuk memahami dan cinta mampu membuat kita berpikir tidak hanya dengan logika.