Benarlah kiranya jika semua yang tersusun secara rapi dan berpola itu menyimpan keindahan. Misalnya saja gugusan bintang di angkasa sana atau formasi planet-planet di tiap galaksi.

Tidak hanya benda-benda di luar angkasa saja tentunya yang berpola. Tanaman yang ditanam dengan pola tertentu saja bisa mengundang decak kagum setiap orang yang melihatnya.

Begitulah arti penting sebuah susunan dan pola. Sampai ketika kita melihat ke lantai rumah kita. Bukankah keramik-keramiknya juga disusun dengan pola yang teratur. Sehingga kita semua nyaman melihatnya.

Nah, mungkin atas dasar itulah kenapa foto-foto di bawah ini disusun dengan pola tertentu. Bisa jadi karena pembuatnya ingin menyuguhkan keindahan kepada orang-orang di sekitarnya.

1Susunan Pertama

boredpanda.com

Entah bentuk ini namanya apa. Mungkin kita perlu menanyakan kepada yang membuatnya. Namun yang pasti, dengan disusun begini akan lebih indah dan nampak teratur dibandingkan dibiarkan berserakan.

Model batu bersusun seperti ini nampaknya juga cocok untuk dijadikan pagar pembatas di rumah kita. Tentunya variasi susunan dan polanya bisa kita sesuaikan dengan desain yang kita punya.

2Susunan Kedua

boredpanda.com

Pada gambar yang kedua, karena pengambilan gambarnya dari jarak dekat, maka kita bisa melihat dengan jelas berapa besar batu yang digunakan. Selain itu, kita pun bisa melihat alur melingkar pada susunan batu.

Tapi kenapa selalu ada lubang di antara batu-batu itu ya? Bisa jadi itu adalah celah untuk mengintip, atau dibuat begitu saja tanpa ada makna apapun juga.

3Susunan Ketiga

boredpanda.com

Jika susunan sebelumnya berupa dinding, maka berbeda dengan susunan yang ini. Batu yang digunakan dalam susunan ini adalah batu bata. Tujuan pemasangan batu bata seperti ini, lebih dititiktekankan kepada ornamen yang ada di lantai.

Satu kekhasan yang masih terlihat pada gambar ketiga ini, karena pola penyusunannya masih menggunakan pola yang melingkar. Membentuk bulatan di salah satu sudut.

4Susunan Keempat

boredpanda.com

Rupanya begini cara menyusun batuannya. Pengerjaan ternyata dilakukan di bagian lingkarannya terlebih dahulu. Nah, ketika kita sedang melakukan penyusunan dan menemukan batu berukuran besar, maka kita perlu memperkecil ukurannya terlebih dahulu.

Mengecilkan ukuran batu tentunya bisa kita lakukan dengan memukul batu-batu tersebut menggunakan palu. Jika ukuran batu satu dengan yang lainnya sama, tentu kita akan lebih mudah menyusunnya.

Selain lebih mudah menyusunnya. Batu-batu yang berhasil kita susun pun akan nampak lebih rapi. Pasti seru dan butuh ketekunan ya dalam menyusun batu-batu ini?

5Susunan Kelima

boredpanda.com

Jika sebelum-sebelumnya kita melihat susunan dengan jenis batu yang sama dan dengan ukuran yang sama, namun berbeda dengan susunan batu yang satu ini.

Batu-batu yang digunakan terdiri dari beberapa ukuran. Ada yang ukurannya kecil, ada yang sedang dan ada juga yang cukup besar. Selain ukuran, teksturnya pun berbeda-beda.

Tapi, dengan aneka ragam ukuran dan jenis ini, tentunya tidak mengurangi keindahan dari pola penyusunan batu, karena batu-batunya disusun dengan rapi.

6Susunan Keenam

boredpanda.com

Nah, susunan batu yang ini biasanya digunakan sebagai lantai jalan di taman-taman. Batu-batu yang tadinya terlihat biasa, ketika disusun ternyata menjadi luar biasa. Apalagi jika kita tahu proses pengerjaannya yang butuh ketelitian ekstra.

Demikianlah salah satu contoh keindahan dari benda-benda dalam hal ini batu, jika disusun dengan apik dan teratur. Kalau batu saja bisa jadi semakin kokoh dan indah dipandang, bagaimana jika manusia yang menyusun rencana kehidupannya dengan rapi dan teratur?

SHARE