Tidak sama dengan zaman dahulu, kini kita bisa mendapatkan barang dengan mudah dengan cara membelinya, asalkan kita punya uang untuk memiliki apa yang kita butuhkan dan apa yang kita inginkan tersebut. Pasalnya, saat ini banyak sekali produsen yang berlomba-lomba memenuhi kebutuhan pasar atau konsumen.

Di satu sisi kita dimudahkan dengan banyaknya produsen dan penjual, baik itu penjual skala besar maupun kecil. Namun di sisi lain, kita pun menemukan fenomena yang menyedihkan. Fenomena di mana pedagang besar semakin kaya dan pedagang kecil semakin tersisihkan. Jangankan mendapatkan untung yang besar, tidak jarang pula kita temui pedagang kecil yang tiap harinya berkejar-kejaran dengan satpol PP.

Fenomena yang memilukan hati ini semakin terlihat menyedihkan, apabila yang berdagang adalah mereka yang sudah renta, sudah lanjut usia, namun mau tidak mau berjualan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Bukan hanya karena anak mereka tidak peduli. Tapi anak-anaknya saja memiliki nasib yang sama dengan mereka.

Pertanyaannya, bagaimana kita harus bersikap jika menemukan pedagang-pedagang kecil seperti itu?

Back

1. Selemah-lemahnya Pertolongan Adalah Dengan Berdoa

Jika kamu melihat orang yang sangat miskin di hadapanmu atau para pedagang keliling yang tua renta, maka yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah mendoakan mereka. Mendoakan agar mereka dicukupkan kebutuhannya oleh Allah dan berdoa agar kemiskinannya tidak menjadikannya lupa dengan Allah.

Namun, tentunya kita tidak boleh berhenti dengan hanya berdoa saja. Kita pun perlu membantu mereka dengan sesuatu yang lebih riil, karena berdoa adalah selemah-lemahnya bantuan untuk mereka. Kalau kita bisa membantu lebih dari itu, maka bantulah mereka.

hijapedia.com
Back