Setetes darah kita sangat berharga, yup memang benar sekali kalimat itu, setetes darah bisa menambah jumlah darah bagi orang yang kekurangan darah, tapi kalau nyumbang atau donor darah jangan cuma setetes ya, hehe.

Ibarat simbiosis, donor darah itu simbiosis mutualisme, hubungan yang saling menguntungkan, untung buat yang diberi darah juga bagi pendonor.

Anggapan jika donor darah membuat lemas itu juga salah kok, karena tubuh akan merespon ketika darah berkurang dan segera memproduksi darah kembali.

Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru yang segar dan fresh, tubuh kita juga akan mendapat 5 manfaat hebat ketika kita donor darah, berikut manfaatnya.

1Menjaga Kesehatan Jantung

reps-id.com

Manfaat pertama yang bisa kita dapat saat donor darah adalah menjaga kesehatan jantung kita.

Tingginya kadar zat besi daam darah akan membuat lebih rentan terhadap penyakit jantung dan zat besi yang berlebih dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolestrol.

Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke.

Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.

2Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

mencegahpenyakit.com

Memang ketika donor darah akan mengurangi sel darah merah dalam tubuh, tapi tubuh yang sehat dan kuat akan segera memproduksinya, sehingga sel darah merah kita banyak yang baru dan bekerja lebih efektif.

3Membantu Penurunan Berat Tubuh

bundasehat.com

Manfaat berikutnya adalah membantu kita dalam program diet. Donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh.

Sebab dengan berkurangnya 450 ml akan membantu proses pambakaran kalori sekitar 650 dan itu cukup membuat pinggang ramping

4Mendeteksi Penyakit Serius

kaskus.co.id

Prosedur dalam donor darah adalah darah kita akan diperiksa terlebih dahulu terjangkit penyakit atau sehat, biasanya yang dideteksi bermacam penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria.

Tentu ini merupakan informasi penting bagi seorang pendonor darah, jika selama ini belum diketahui penyakit dalam tubuhnya akan jadi tahu dan lebih menjaga kesehatan untuk kedepannya.

5Memberikan Efek Psikologis

berita.upi.edu

Yap, dengan mendonorkan darah otomatis sama saja dengan bersedekah dan sedekah inilah yang akan memberikan efek psikologis ketenangan dan rasa nyaman bagi pendonor.

Pendonor akan merasa bahagia karena darahny aberguna bagi keselamatan orang lain.

Itulah 5 manfaat yang kita dapatkan ketika donor darah, kalau kamu punya tubuh yang sehat dan layak syarat untuk donor usahakan donor paling tidak 3 bulan sekali, karena selain sehat bagi kamu juga berguna demi nyawa orang lain. Yuuk mari