Berteman dengan para mahasiswa yang cakep-cakep, sibuk dan cerdas mungkin akan membuat kamu yang bukan mahasiswa dan hanya lulusan SMA, minder dan malu bergaul bersama mereka.

Secara memang di masyarakat umumnya, mereka yang  bisa kuliah adalah orang yang bergengsi,  ortunya mampu, duitnya gak habis di telan waktu.

Perbincangan para mahasiswa pun berbeda, pergaulan mereka luas, gaya dan pola pikir hidup mereka selangkah lebih maju.

Tapi tidak mengapa, tidak ada salahnya dan tidak ada aturannya, ketika anak yang cuma lulusan SMA bergaul dengan mereka, gak bisa kuliah juga bukan masalah, toh yang kuliah belum tentu dapat kerjaan mudah dan hidupnya juga belum tentu berkah.

Bagi kamu yang cuma lulusan setara SMA, jangan minder dengan mereka, kamu masih bisa bersaing dan tentunya bergaul dengan mereka, ingat kuliah itu cuma salah satu sarana penunjang kehidupan, bukan segala-galanya.

Pahami beberapa hal di bawah ini agar kamu tetap percaya diri walau gak bisa kuliah.

1Tugas Manusia Adalah Ibadah

tasbihnews.com

Ingat guys, tugas utama manusia adalah ibadah, kamu lahi dari ALLAH, hidup pun untuk ALLAH dan saat mati akan kembali ke ALLAH. Tugas ini tidak bisa dibantahkan dengan hal apapun juga, inilah  hal yang utama menjadi bagian besar dalam pola pikir kamu.

2Hidup Adalah Segalanya Tentang Kata Berkah

iberita.com

Berkah merupakan sesuatu yang paten tidak bisa di hilangkan dari kehidupan.

Walau kamu tidak bisa kuliah, kamu tetap bisa bermanfaat bagi orang lain, kamu masih bisa menebar kebaikan dan sebagainya, itulah yang akan mendekatkan kamu dalam keberkahan.

3Belajar Bisa Dengan Siapapun, Ilmu Ada Dimanapun

kompasiana.com

Walau gak bisa kuliah, kamu tetap bisa belajar kok, kamu bisa belajar di universitas kehidupan dan itulah universitas terbesar di dunia, universitas yang tidak ada kata lulusnya, tidak ada jabatan di akhir nama.

Universitas itu ada dimanapun kamu berada, dimana kamu tinggal dan beraktifitas, tentu ilmunya pun juga luas, tidak terpaku dalam sebuah kelas, tidak melulu dikerjakan karena tugas, tapi mengalir indah dalam hati tanpa batas.

4Pekerjaan Butuh Skill Bukan Ijazah

thenamopatrika.com

Memang di Indonesia terjebak dalam negara “ijazah” bukan skill, maka jangan heran ketika orang yang bekerja tapi tidak maksimal, karena itu memang bukan keahliannya. Kuliahnya di keguruan tapi kerja di perbankan, haduh gak nyambung.

Yang harus kamu pahami adalah ketika kamu mengolah skill kamu, terus meng upgrade kemampuan kamu, insyaALLAH jalan rizqi akan datang.

Karena teorinya rizqi itu berbanding dengan ilmu yang kita miliki, semakin besar ilmu kita semakin banyak rizqi kita.

5Karya Besar Bukan Karena Ijazah Tapi Kerja Keras

profilbos.com

Kamu tentu ingat bagaimana perjuangan Thomas Alfa Edison yang kerja keras demi menemukan listrik, kamu ingat Bob Sadino, Andrie Wongso dan lain sebagainya, mereka adalah tokokh yang berhasil berkarya tanpa ijazah.

Mereka cuma bekerja keras, memang kadang ijazah juga penting, tapi kerja keras lah faktor utama jadi sebuah karya.

6Terhormat Bukan Karena Jabatan, Tapi Karena Ketaatan

zonabombong.wordpress.com

Orang boleh memandang silau sederet gelar yang ada di akhir nama, tapi ingat manusia terhormat bukan karena banyaknya gelar, bukan karena jabatan apalagi karena kekayaan, mereka akan terhormat di dunia dan akhirat karena ketaatan.

Ketaatan pada ALLAH, pada agama, pada prinsip islam yang dalah di dalam jiwanya. Jadi sekali lagi jika kamu gak bisa kuliah, gak punya ijazah, jangan minder, jangan malu, teruslah bergerak dan berkarya.

InsyaALLAH kamu akan menjadi manusia yang hebat dan berguna jika kamu mau melakukkannya.

Semoga bermanfaat ya