Patah hati, banyak sekali penyebabnya, mungkin karena putus cinta tak berbalas, cinta tak terucap, cinta bertepuk sebelah tangan dan sebagainya.

Did you know Guys? Ternyata bukan hati saja yang mendadak berantakan karena patah hati, tapi fisik juga menunjukkan perubahan karenanya. Mau tahu perubahan fisik apa saja itu? Disimak yuk Guys!

1Sakit di Sekujur Tubuh

feed.id

Ketika kamu patah hati, hormon yang mempengaruhi stress seakan bersengkongkol dengan pikiran negatif yang melayang-layang di kepalamu. Dan kamu tahu apa? Ternyata merekalah yang berperan membuatmu merasakan sakit di sekujur tubuh.

Pertama-tama, pikiran negatif akan memicu hormon stress semakin meningkat. Setelah itu, kamu bisa merasa pusing dan sakit di seluruh tubuh karena aliran darah meningkat. Jadi mereka toh tersangkanya!

2Sakit Perut

hariansehat.com

Ini jawabannya Guys, kenapa ketika kita patah hati kadang sakit perut atau juga kadang ada yang mual.

Ternyata, stres karena patah hati membuat sistem syaraf kita tertekan, pada akhirnya tekanan ini akan berpengaruh secara langsung pada sistem pencernaan. Nah, pada akhirnya kita bisa merasakan sakit perut ataupun mual.

3Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh

belanjaalkes.com

Apa sih yang kamu rasakan ketika patah hati? Yups, kecewa, sedih, sebal, kesal, yang buruk-buruk jadi satu lah pokoknya.

Nah, inilah yang dapat mengganggu kekebalan tubuh yang berpengaruh terhadap kerusakan sel. Virus menjadi lebih mudah masuk sehingga kamu cepat sakit seperti flu dan meriang.

4Terganggunya Kesehatan Kulit

lifestyle.liputan6.com

Saat kita patah hati, jerawat dan komedo mulai muncul. Kenapa sih bisa begitu? Yups, hormon kortisol yang berhubungan dengan stress tentu akan meningkat.

Nah, ketika hormon ini meningkat, pengaruhnya pada kesehatan kulit yang akan semakin banyak memproduksi minyak di dalam kulit.

Yups, itu jawabannya kenapa masalah kulit seperti jerawat dan komedo mendadak menyerang kita saat patah hati.

5Rambut Rusak

aisyahpuspitasari7.blogspot.com

Bukan yang tersebut di atas saja Guys, ternyata ketika kamu merasakan patah hati, pertumbuhan rambut menjadi terganggu. Hal tersebut disebut sebagai fase telogen effluvium, di mana rambut berhenti tumbuh atau mulai rontok.

Nah, itu dia tadi beberapa perubahan fisik ketika kita sedang dilanda patah hati. Pada intinya, patah hati yang membuat kita stress membuat hormon-hormon yang bekerja di tubuh kita juga terganggu.

Untuk itu, lakukan segala hal yang membuat hati dan pikiran lebih tenang. Mendengarkan musik yang bertempo cepat dan bercanda ria dengan teman dekat dapat membantu tubuh melepaskan endorphin.

Jangan terlalu banyak menutup diri dan mengurung diri di kamar karena akan memperparah kondisi hati, pikiran dan tubuhmu. Come on Guys! It’s time to move up! Semoga bermanfaat.