Siapapun kalian yang masih belajar, entah itu di bangku sekolah maupun kuliah pasti akan engalami musim liburan bukan? Nah, di musim-musim liburan seperti itu, tidak jarang dari kita yang malah menjelma menjadi pengacara alias pengangguran banyak acara.

Sibuk merencanakan “Mau kemana ya weekend ini?”, “Hmmm, ke sana sepertinya menyenangkan”, “Reunian main ke mana gitu yook?”, dan masih banyak lagi.

Selain jadi pengacara, juga banyak yang menjadi pengatur, alias pengangguran suka tidur. Yang seperti ini adalah mereka yang lebih memilih menghabiskan waktu libur dengan hibernasi di rumah saja. Seperti itu jugakah kalian?

Guys, pernah tidak sih kalian mencoba memikirkan hal-hal untuk membuat liburan lebih bermanfaat? Kalau kalian menginginkannya, hindari hal-hal berikut ini ketika liburan!

1Liburan? Jangan Begadang dan Bangun Siang!

health.kompas.com

Kita tahu, ini adalah salah satu kebiasaan yang paling banyak dilakukan orang-orang ketika liburan. Yes, ketika kita libur, memang tidak ada kekhawatiran besok akan terlambat bangun.

Sehingga banyak yang menghabiskan malam dengan hal-hal yang biasanya tidak bisa dilakukan ketika hari-hari aktif, ya seperti ngegame, nonton, dan hal lain yang tidak memiliki pengaruh positif bagi kita.

Nah, ketika malam begadang, pasti akan sepaket dengan bangun siang. Bangun tidur ketika matahari sedang berada di atas kepala kita pun menjadi efeknya.

Guys, perlu kita tahu, tidur memang ibadah, tapi tidur yang melupakan ibadah, apakah masih membawa berkah? Bukan itu saja, jika kebiasaan bangun siang tetap berlanjut hingga masa-masa back to school/campus, tentu akan menjadi masalah bukan?

Maka dari itu, yuk ketika liburan kita tidur lebih awal dan bangun lebih pagi, itu menyehatkan juga lhoh Guys!

2Stop Banyak Makan!

info-bogor.com

Jujur, ketika liburan memang menurut saya itu adalah agenda perbaikan gizi. Apakah kalian juga begitu? Hehe. Tapi buruknya, ketika banyak di rumah, justru makan kita sering menjadi tidak terkontrol.

Ya mungkin karena “mumpung ada”. Oh my God, ini dia balada anak kos, sekali ada makanan gratisan pasti sudah langsung hajar. Apalagi makanan kecil yang beraneka ragam pasti terasa sangat menggiurkan.

Tapi, apa akibatnya? Yups, benar sekali, kadang berat badan melonjak dastris. Sampai-sampai ketika pertama masuk seringkali ditanyai “Makan apa saja?”, “Nambah berapa kilo?”, dan pertanyaan lain yang kadang menggelikan.

Bukan itu saja Guys, tapi ancaman obesitas juga akan menghantui bukan? So, perbaikan gizi juga boleh Guys, tapi tetap harus memperhatikan porsi ya!

3Jangan Boros

enciety.co

Yuhuu, liburan memang memberikan kita banyak waktu untuk melakukan apapun. Mulai dari mengunjungi beberapa obyek wisata, shopping, hingga jelajah kuliner yang belum sempat kita cicipi.

Tapi, ini juga waktunya kita dengan sengaja maupun tidak menipiskan dompet anggaran bulanan. That’s why kita harus selalu mengontrol setiap pengeluaran agar anggaran bulanan tetap aman terkendali.

4Kurangi Mengeluh!

pindexain.com

Berlibur pun juga kadang tidak akan lepas dari masalah Guys. Entah itu ketika liburan bersama keluarga dan teman-teman dekat, atau yang menghabiskan liburan di rumah saja. Ujung-ujungnya kita hanya mengeluh.

Come on Guys! Liburan di tempat terindah pun tidak akan menyenangkan jika kita mengeluh.

Nah, itu dia tadi beberapa hal yang perlu kita hindari ketika liburan. Semoga bermanfaat!