pecintaanakyatim.com

Harus Bagaimana? Ketika Orang Tua Tidak Setuju dengan Calon Pasangan Hidup Kamu

Posted on

Menikah memang bukan hanya urusan anak saja, tapi itu juga merupakan urusan orang tua yang tidak bisa disepelekan. Orang tua tetap menjadi orang yang wajib dan harus dilibatkan dalam urusan ini.

Ketika kita ingin menikah dengan seseorang tapi ternyata orang tua tidak setuju dengan calon pasangan hidup kamu mungkin akan sedikit menjadi perdebatan hangat di antara kamu dan orang tua.

Apalagi jika orang tua mempunyai kriteria tertentu untuk kamu atau sudah mempunyai calon yang akan dijodohkan dengan kamu, sementara kamu sudah punya calon pilihan kamu sendiri, tentu akan menjadi pertimbangan yang rumit.

Bagi kamu yang mengalami masalah ini, kamu tidak boleh gegabah, cari ide yang tepat, waktu yang pas dan suasana yang hangat untuk membicarakan ini, selain itu kamu harus perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Cek Motivasi Kamu Pilih Dia

republika.co.id
republika.co.id

Apakah hanya karena kamu sudah terlanjur menyukai calon kamu ataukah hanya kesenangan sesaat ketika bersama dia? Ini harus betul-betul kamu pikirkan, apa motivasi dan niat kamu memilih dia sebagai pasangan hidup kamu selamanya.

Jika motivasi kamu benar, karena calon kamu adalah orang baik, maka kamu bisa mempertahankan dan berjuang untuk meyakinkan orang tua, tapi jika hanya karena kesenangan sesaat saja atau karena cinta monyet mending pikirkan 100 kali lagi.

Apakah Kamu Yakin Dia Orang yang Kamu Butuhkan?

doctorseducati.blogspot.com
doctorseducati.blogspot.com

Setelah kamu memikirkan betul motivasi kamu, kamu harus tahu betul calon yang kamu pilih untuk mendampingi kamu nanti. Sudahkah kamu yakin bahwa dia orang yang kamu butuhkan selama ini?

Apakah kamu sudah yakin betul bahwa orang itu mampu menerima segala kekuranganmu, kelemahanmu dan tentunya melengkapi segala apa yang tidak ada pada kamu.

Jika kamu masih ragu, sebaiknya sholatlah Istikhoroh, minta petunjuk ALLAH, jika dalam sholatmu tidak ada keraguan dalam memilihnya, berati dia memang layak kamu perjuangkan.

Apa Alasan Orang Tua Tidak Setuju

malesbanget.com
malesbanget.com

Hal berikutnya tanyakan pada orang tua kamu, kenapa beliau tidak setuju. Jika tidak setuju karena kamu telah dipilihkan dengan orang lain, bisa kamu bandingkan antara pilihan orang tua dan calon kamu.

Masing-masing mungkin memang mempunyai kelebihan tersendiri, tapi jelaskan pada orang tua kamu, bahwa kamu butuh pasangan yang seperti ini untuk kebahagiaan kamu.

Jika alasan orang tua hanya karena adat-istiadat, karena urusan dunia atau karena perbedaan status sosial, maka kamu harus berjuang, karena alasan itu tidak ada hubungannya dengan sebuah pernikahan.

Jika Orang Tua Kita Ternyata Salah

ummi-online.com
ummi-online.com

Orang tua adalah orang yang paling tahu apa yang kamu butuhkan, tapi bukan berarti orang tua tahu apa yang membuat kita nyaman, untuk itu jelaskan pada orang tua dengan pelan, dengan diskusi yang baik.

Jelaskan pada mereka bahwa calon kamu adalah calon yang baik, siap menikah dan menerima kamu apa adanya. Walaupun mereka salah menilai calon kamu, kamu jangan salahkan mereka, tetap tenang dan terus mendekati keduanya.

Jika Orang Tua Kita Ternyata Benar

pecintaanakyatim.com
pecintaanakyatim.com

Jika memang orang tua kamu benar dan kamu yang salah telah memilih calon, tentu kamu harus patuh pada orang tua, karena tanpa ridho mereka pernikahan semewah apapun yang kamu lakukan tidak akan berkah.

Mereka juga yang paling berpenagruh dalam kehidupan kamu, tanpa mereka kamu tidak ada apa-apanya, untuk itu akuilah salahmu, relakan calon yang mungkin tidak baik bagimu, percalah pada orang tua dan cinta bisa dibangun dengan siapa saja.

Memang memilih calon untuk pasangan hidup tidak mudah dan butuh selalu pendapat orang tua dan semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang mengalaminya.

 

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *