Indonesia dikenal sebagai negara seribu pulau. Terdapat sekitar 17.559 pulau yang ada dalam wilayah Indonesia. Negara dengan keanekaragaman budaya serta sumber daya alam yang melimpah ruah. Menjadikan Indonesia memiliki daya tarik tersendiri di tengah-tengah masyarakat Internasional.

Indonesia  menjadi negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia. Jumlah penduduknya sekarang sekitar 253,60 juta jiwa. Artinya, potensi yang dimiliki Indonesia begitu besar. Sayangnya, justru masyarakatnya sendiri belum menyadari atas potensi tersebut.

Salah satu potensi yang dapat dimanfaatkan oleh kita sebagai warga masyarakat Indonesia adalah keunikannya. Lalu apa saja keunikan yang bisa kita temukan di Indonesia. Berikut ulasannya.

1Pulau Kalimantan sebagai Pulau Terbesar Ketiga di Dunia

Memiliki luas sekitar 539.460 km2 menjadikan Pulau Kalimantan menjadi pulau terbesar ketiga di dunia. Pulau ini juga berfungsi sebagai paru-paru dunia karena prosentase wilayah hutan yang begitu besar membuatnya sebagai produsen oksigen yang dapat memenuhi kebutuhan dunia.

Selain itu, di kedalaman tanah Pulau Kalimantan terpendam kekayaan bahan tambang mineral yang begitu melimpah dan dapat menjadi cadangan sumber daya alam bagi masyarakat Indonesia. Sebagian besar pulau ini didiami oleh Suku Dayak dan Suku Banjar sebagai suku asli Pulau Kalimantan.

2Pulau Jawa adalah Pulau Terdapat di Dunia

Aneh bin Ajaib. Mungkin kata ini patut disematkan bagi penduduk Pulau Jawa. Bagaimana tidak, dengan luas hanya 7% dari seluruh wilayah Indonesia, namun penduduk yang tinggal mendiami pulau ini sebesar 60% dari total penduduk Indonesia.

Jadi kamu bisa membayangkan betapa padatnya kota-kota yang ada di Pulau Jawa.

3Ular Terpanjang di Dunia

Seorang peneliti hewan spesies baru menemukan bahwa di Pulau Sulawesi terdapat jenis binatang melata yaitu ular dengan memiliki panjang 10 meter. Ular ini disebut sebagai ular terpanjang di dunia. Memiliki nama latin Phyton Reticulates.

4Ikan Terkecil di Dunia

Selain ular terpanjang di dunia, rupanya di Indonesia juga pernah ditemukan ikan terkecil di dunia. Ikan ini ditemukan di Pulau Sumatera pada Januari 2006 lalu. Ikan yang memiliki nama latin Paedocypris progenetica ini memiliki panjang hanya 0,3 inchi atau sekitar 7,9 mm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here