Banyak peneliti yang telah melakukan riset tentang otak, sedikit demi sedikit mereka berhasil menguak beragam misteri tentang otak manusia. Dimana otak pada kehidupan manusia begitu vital. Dapat dikatakan, seorang manusia yang otaknya tidak dapat berfungsi lagi, maka dirinya dinyatakan mati.

Di dalam otak terdapat 100 milyar syaraf atau neuron yang saling berkaitan dan memiliki tugas berbeda beda. Hal inilah yang membuat manusia memiliki kemampuan melebihi hewan dan tumbuhan. Lalu keunikan apa yang ada pada otak? Berikut ulasannya.

1Otak akan Tetap Aktif Walau Sudah Dipenggal

Salah satu penelitian serta beberapa pengalaman tentang otak menyatakan bahwa otak akan tetap aktif beberapa detik pasca kepala terpenggal. Hal ini berkaitan dengan kerja syaraf-syaraf pada otak yang masih bekerja dengan membawa muatan dari sumsum tulang belakang.

Hanya saja, para dokter percaya bahwa ini hanya merupakan kedutan otot pasca kepala manusia terpenggal. Seorang ahli dari Unity Laboratory of Applied Neural Biology di University of Surrey mengatakan bahwa saat otak dan sumsum tulang belakang terputus, maka saat itu dirinya mati.

2Otak dapat Mempelajari Alam Bawah Sadar

Otak sebenarnya mampu mempelajari alam bawah sadar seseorang. Alam bawah sadar inilah yang mempengaruhi perilaku manusia tanpa disadarinya. Dari sinilah banyak perusahaan yang memanfaatkan hal ini sebagai strategi pemasaran untuk mau membeli produknya.

3Otak Memiliki Warna Abu Abu

Banyak orang berpikir bahwa otak berwarna putih sebagaimana yang dilihatnya pada otak hewan. Namun rupanya otak manusia berwarna abu-abu. Hal ini telah dibuktikan oleh para dokter yang telah melakukan praktek bedah mayat dimana ditemukan setiap otak manusia memang berwarna abu-abu.

4Obat-obatan Menyebabkan Lubang pada Otak

Penggunaan obat obatan seperti mariyuana dapat berakibat pada hilangnya sedikit banyak memori pada manusia tersebut. Selain itu, mengkonsumsi kokain dan ekstasi juga dapat menimbulkan efek berlubangnya otak. Kecelakaan yang menyebabkan trauma juga dapat menyebabkan otak berlubang.

Penggunaan obat-obatan secara berkepanjangan juga dapat berakibat pertumbuhan yang tidak sempurna secara permanen. Akhirnya otak tidak dapat berubah kembali seperti semula.