Rumah makan Padang menjadi tempat makan yang mudah ditemui di kota hingga ke pelosok desa. Tidak hanya di Indonesia, masakan yang terkenal melalui rendangnya ini juga sudah dikenal di beberapa negara tetangga.

Rasa masakan asli dari Sumatera Barat tersebut memang paling cocok bagi lidah orang Indonesia. Berbagai suku dan budaya sudah sangat familiar dengan rumah makan padang dan menu masakan yang disajikan.

Selain menyajikan cita rasa makanan yang enak, ternyata rumah makan padang juga punya keunikan yang jarang disadari orang lho.

Keunikan inilah yang terkadang membuat orang rela antre. Apa saja sih keunikannya yang tersembunyi?

1Pelayanan Super Cepat

bangakrie.wordpress.com

Meski dalam kondisi ramai, pengunjung tidak perlu kuatir akan menunggu lama karena para pelayan bisa dengan cepat membawa menu ke meja pembeli.

Umumnya pelanggan terburu-buru untuk beraktivitas lagi, sehingga hanya memiliki sedikit waktu untuk makan.

Pengunjung hanya perlu menunjuk makanan apa saja yang diinginkan dan beberapa saat kemudian makanan dan minuman sudah sampai di meja.

2Cita Rasa yang Terjaga

backpackstory.me

Dimanapun rumah makan padang berada, cita rasanya tetap terjaga dan hampir sama.

Biasanya jika seseorang berkunjung ke suatu daerah dengan rasa makanan yang berbeda dengan daerah asal, maka dia akan mencari rumah makan padang karena dinilai paling pas dari segi rasa.

Hal ini membuktikan bahwa rasa masakan sudah diterima di lidah masyarakat. Walaupun sebenarnya, jika jeli semakin ke timur, khususnya ke daerah Jawa, maka rasa masakan padang akan semakin manis.

3Nama Rumah Makan Padang

sebandung.com

Rumah makan padang memiliki nama, misalnya Bumi Minang, Sederhana, Tuah Sekato dan lain-lain. Namun meski punya nama berbeda, masyarakat tetap menyebutnya rumah makan padang saja.

Tapi tahukah kamu kalau di kota asalnya, kamu tidak akan menemukan rumah makan padang. Di Padang Sumatera Barat, tidak ada rumah makan yang menyebutkan dirinya sebagai rumah makan Padang.

4Pemiliknya Belum Tentu Orang Padang

abdiyat.wordpress.com

Ternyata, tidak semua pemilik rumah makan padang adalah orang Padang. Beberapa di antaranya justru berasal dari suku Jawa, Bali, Sunda dan daerah lainnya di luar padang.

Hal ini menjadi bukti bahwa bisnis rumah makan padang sangat diminati oleh semua kalangan. Pasalnya, menu makanan padang sudah merakyat, universal, dan bisa diterima lidah orang Indonesia.

5Penataan Display Makanan

tokomesincom

Tata letak menu makanannya pun menjadi salah satu daya tarik orang untuk membeli. Makanan ditata sedemikian rupa sehingga menjadi ciri khas bagi rumah makan padang.

Secara tidak sadar, penataan ini menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung untuk datang dan membeli.

6Memberikan Porsi Lebih

olinggo.com

“Tambuah ciek da” ini merupakan kalimat yang khas diucapkan pelanggan saat meminta tambah kepada pelayan.

Memang pengunjung kerap mendapatkan sesuatu yang lebih dan sifatnya gratis, sekalipun hanya air putih, teh tawar, sayur, atau kuah.

Bahkan di beberapa rumah makan Padang ada yang bisa menambah porsi nasi secara gratis. Inilah yang membuat rumah makan padang selalu ramai pengunjung.