Apakah kamu bergabung ke dalam sebuah komunitas? Kalau belum, cobalah untuk mulai mencari kelompok apa yang kira-kira bisa kamu masuki sesuai dengan kesamaan hobi.

Biasanya sebuah komunitas dipilih oleh seseorang karena alasan kesamaan passion, hobi, hal yang disuka.

Lantas, apa keuntungannya jika kamu bergabung dengan sebuah komunitas?

1Learning

barexambrief.com

Kesempatan belajar yang pasti akan selalu terbuka luas bagi setiap anggota komunitas. Kamu bisa belajar bersama dengan anggota lain yang baru memulai, maupun kepada anggota yang sudah ahli.

Kamu tidak perlu malu karena merasa tidak punya teman. Semua yang ada di sebuah komunitas pasti sama-sama belajar, tidak ada yang merasa senior maupun junior sehingga bisa berbuat seenaknya.

2Networking

teamhuber.com

Melalui sebuah komunitas, kamu punya kesempatan untuk memperluas jaringan dan koneksi. Tentunya itu juga peluang untuk mendapatkan teman-teman baru.

Kamu punya keluarga baru di luar rumah yang bisa kamu ajak berbagi mengenai passion, hobi, dan hal-hal yang disukai bersama-sama.

3Sharing Experiences

viaberita.com

Pengalaman adalah guru terbaik. Dengan bergabung ke dalam komunitas, kamu akan mendapat banyak kesempatan untuk berbagi pengalaman dengan anggota yang lain.

Komunitas akan membuatmu tidak lagi merasa sendiri dan kesepian. Kamu punya saudara baru, tempat berbagi yang akan saling memotivasi.

4Job Opportunities

pbpemployment.com

Kesempatan kerja jelas lebih terbuka karena diawali dengan pertemanan yang terjadi di dalam sebuah komunitas.

Mungkin memang pada awalnya, kamu hanya ingin mencari tempat berbagi hobi yang sama. Tapi lama-kelamaan dari komunikasi yang intens dengan anggota komunitas lain, kamu akan semakin mudah mendapatkan informasi apapun, termasuk pekerjaan.

5Meeting Experts

corecomputer.coin

Di antara semua anggota, tentunya terdapat beberapa anggota yang memang sudah termasuk kategori ahli. Keahlian dan pengalaman mereka pasti akan dibagi kepada anggota komunitas yang lain.

Nah, inilah kesempatanmu untuk belajar, mereguk ilmu sebanyak mungkin selagi kamu masih sehat dan ada kesempatan bertemu mereka. Manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.

6Solutions to Problems

nvcfestivaleurope.com

Saling membantu adalah ciri sebuah komunitas. Jika kamu berhadapan dengan sebuah masalah, maka anggota yang lain akan bahu-membahu membantu memecahkan masalah tersebut.

Masalah satu anggota, adalah masalah bersama, masalah semua anggota. Kamu akan merasa bahwa semua masalah terasa sangat ringan berkat bantuan teman-teman di komunitas.

7Free Giveaways

reeep.org

Hadiah-hadiah kecil atau bingkisan sederhana, atau sekadar cendera mata biasanya bertebaran di dalam sebuah komunitas yang aktif.

Bisa berupa kaos, pin ataupun bentuk software-software khusus yang hanya dibagikan kepada anggota komunitas saja.