Indonesia terletak di antara dua benua, yakni benua Asia dan Australia. Indonesia juga berada di antara dua samudera, yaitu samudera Hindia dan Pasifik.

Lokasi ini sangat menguntungkan bagi bangsa Indonesia karena menjadi titik persimpangan jalur perdagangan internasional antara Asia maupun Australia, bahkan bangsa-bangsa yang lain.

Hal ini berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi negeri kita. Selain ekonomi, keuntungan lain pun diperoleh Indonesia akibat posisi negaranya yang strategis, yaitu keuntungan dalam bidang transportasi dan komunikasi.

1Bidang Ekonomi

apakabarmu.com

Indonesia menjadi tempat singgah para pedagang. Hal ini bisa menjadi peluang untuk mengembangkan potensi wisata Indonesia.

Selain menjadi tempat singgah, para pedagang asing juga dapat melakukan aktivitas ekspor dan impor. Para pedagang juga dapat melakukan transaksi perdagangan atau barter dengan pedagang pribumi.

Terjadinya proses ekspor dan impor, kaya akan hasil laut, sumber daya alam yang berlimpah (wilayah hutan yang sangat luas), daerah yang strategis untuk perdagangan internasional, bisa bertransaksi dengan negara satu dengan negara lainnya melalui infrastruktur negara.

Banyak pendapatan dari pajak dan cukai dari perdagangan yang berasal dari luar negeri. Indonesia juga mempunyai pasar yang luas karena mempunyai wilayah yang besar dan penduduk yang banyak.

2Bidang Transportasi

beritadaerah.co.id

Indonesia bisa melakukan transaksi pembelian alat-alat transportasi, baik dara, laut,maupun udara dari negara lain lewat pedagang asing.

Indonesia menjadi jalur transit dan lintas internasional, menerima dampak peningkatan transportasi modern dari negara maju, sebagai objek wisata bisnis transportasi, laut memudahkan hubungan antara pulau satu dengan pulau lainnya.

Tempat perlintasan terbang dan transit pesawat-pesawat asing sebelum melanjutkan ke negara atau benua yang lainnya. Sekaligus kemudahan untuk belajar bahasa luar dari kaum pedagang yang datang ke indonesia.

3Bidang Komunikasi

slideshare.net

Indonesia semakin mudah berhubungan dengan negara lain lewat para pedagang. Beragamnya bahasa di Indonesia tak menjadi penghalang untuk pedagang asing berkomunikasi.

Indonesia mudah menjalin komunikasi kepada warga asing karena banyak wisatawan mancanegara yang datang. Indonesia mempunyai banyak bahasa daerah yang ada di setiap pulau dari Sabang sampai Merauke.

Dapat mempelajari bahasa asing dari kaum pedagang, terbitnya hubungan internasional yang baik. Maka, Indonesia akan mudah berkomunikasi dan menjalin relasi dengan negara lain.

4Bidang Perikanan

wwf.or.id

Laut yang luas dan garis pantai yang panjang membuat Indonesia menyimpan hasil laut seperti ikan, kerang, serta bahan tambang seperti minyak bumi. Hal itu dapat menambah pendapatan negara.

Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau, perlu memanfaatkan kekayaan lautnya hingga maksimal.

Berdasarkan data statistik Kementerian Kelautan dan Perikanan, pemanfaatan hasil laut di Indonesia baru mencapai 48 persen dari potensi sebesar 6,7 juta ton, jika dimanfaatkan seluruhnya.

Indonesia memiliki laut seluas 5,8 juta kilometer persegi, yang tiga kali lebih luas dari daratan yang hanya 1,9 juta kilometer persegi.

Nilai potensi tersebut meliputi beberapa bidang, seperti potensi perikanan sebesar USD32 miliar, potensi wilayah pesisir USD56 miliar, potensi bioteknologi USD40 miliar.

Potensi wisata bahari USD2 miliar, potensi minyak bumi USD21 miliar, serta potensi transportasi laut sebesar USD20 miliar.

Sektor kelautan dan perikanan menjadi salah satu unggulan baru di Indonesia yang realistis. Potensi produksi yang dimiliki dan permintaan terhadap komoditas produk kelautan kian meningkat.

5Bidang Kehutanan

indo.wsj.com

Letaknya yang berada dikawasan tropis membuat Indonesia kaya akan hasil hutan, berbagai jenis tanaman, dan berbagai jenis hewan.

Hutan Indonesia seluas 120,35 juta hektar merupakan hutan tropis ketiga terbesar di dunia setelah Brazil dan Zaire. Hutan mempunyai fungsi utama sebagai paru-paru dunia serta pengimbang iklim global.

Selain luas, ternyata hutan Indonesia menyimpan kekayaan lain, yaitu dalam tataran global keanekaragaman hayati Indonesia menduduki posisi ke- 2 setelah Colombia.

Inilah sebabnya keberadaan hutan di Indonesia harus dipertahankan.selama 3 dekade terakhir. Sumber daya hutan Indonesia telah menjadi modal utama pembangunan ekonomi nasional.

Sumber daya hutan juga memberikan dampak positif terhadap peningkatan devisa negara, penyerapan tenaga kerja dan mendorong pengembangan wilayah dan pertumbuhan ekonomi nasional.

6Bidang Pertanian

benyaminlakitan.com

Negara Indonesia merupakan wilayah yang terdiri atas beribu-ribu pulau yang amat subur memiliki letak astronomis 6° LU–11°LS dan 94°BT–141°BT menandakan bahwa wilayah Indonesia merupakan wilayah yang subur dan beriklim tropis.

Potensi wilayah yang demikian sangat baik kaitannya dalam pengembangan sektor pertanian. Ini menandakan faktor iklim yang sangat mempengaruhi faktor terbentuk dan tumbuh suburnya setiap tanaman.

Iklim di Indonesia yang cukup dalam memperoleh sinar matahari sepanjang tahun, mempengaruhi tumbuh suburnya setiap tanaman dengan mudah.

Potensi yang demikian membuat wilayah Indonesia mendapat julukan sebagai “kolam susu” dimana setiap tangkai maupun bibit yang ditanam diwilayah Indonesia selalu tumbuh subur dan menghasilkan uang.