Berdasarkan survey dari Pet Owner di tahun 2007 – 2008 di Amerika Serikat, menunjukan bahwa hewan jinak lebih banyak dipelihara oleh manusia daripada hewan buas.

Hewan peliharaan yang jinak ternyata tidak hanya lucu serta menggemaskan, tetapi juga memiliki banyak manfaat dilihat dari sisi psikologis maupun kesehatan fisik.

Berikut ini 9 manfaat dari memelihara hewan peliharaan yang dihimpun dari berbagai sumber.

1Mengurangi Stress

jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com

Hewan peliharaan seperti kucing, dan hamster terkadang bertingkah lucu dan dapat membuat tersenyum bahkan tertawa.

Tersenyum atau tertawa ternyata dapat memicu hormon endorphin yang pada akhirnya akan membuat seseorang merasa rileks, senang, bahagia, lebih percaya diri, dan berpikir positif.

Beban pekerjaan di kantor atau aktivitas yang cukup padat dapat sedikit terlupakan dengan melihat tingkah menggemaskan hewan-hewan tersebut.

2Menurunkan Tekanan Darah

isigood.com

Karen Alen, seorang peneliti dari Universitas Negeri New York di Buffalo menyatakan bahwa hewan peliharaan sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Hal ini dapat menghindarkan seseorang dari resiko lanjutan tekanan darah tinggi yaitu stroke dan penyakit jantung. Sebab suasana senang dan rileks dapat ditimbulkan dari kebersamaan dengan hewan peliharaan.

3Meningkatkan Kebugaran dan Menurunkan Kolesterol

beritagar.id

Hewan peliharaan harus sering diajak jalan-jalan. Sama halnya dengan manusia, hewan pun bisa merasa jenuh.

Dengan berjalan-jalan di pagi hari, selain mendapatkan udara segar, kita pun menjadi lebih bugar dan bisa memicu turunnya kadar kolesterol.

4Mencegah Alergi Pada Anak

katakincess.blogspot.com

Kasus alergi pada anak biasanya disebabkan oleh bulu hewan. Dengan memelihara hewan, terutama hewan yang berbulu ketika anak berusia kurang dari enam bulan, anak akan terbiasa bersentuhan dengan bulu binatang.

Sebuah penelitian bahkan menunjukan bahwa anak yang hidup dengan hewan peliharaan lebih kebal terhadap alergi, demam musiman, dan eksema.

Namun, tentu saja hewan peliharaan tersebut harus rajin dirawat agar justru tidak menimbulkan penyakit, khususnya toksoplasma pada penghuni rumah.

5Mempererat Hubungan Keluarga

binatang.net

Memelihara hewan peliharaan sebaiknya dipilih berdasarkan jenis hewan yang disukai oleh semua anggota keluarga.

Dengan demikian, sebagian anggota keluarga tidak akan ada yang merasa keberatan ketika mereka harus memberi makan, memandikan, dan mengajak jalan-jalan hewan peliharaan bersama-sama dengan anggota keluarga lain.

Memelihara hewan bersama-sama pun secara tidak langsung akan mempererat hubungan antar anggota keluarga.

6Melatih Tanggung Jawab

orangtua.net

Hewan peliharaan tentunya harus dirawat dengan baik, bukan hanya untuk dilihat dan dinikmati saja. Memelihara hewan sama seperti kita memelihara diri sendiri. Sebab mereka adalah makhluk hidup.

Hewan butuh makan, minum, dijaga kebersihannya, dan sesekali diajak bercengkrama. Dengan demikian, kita dituntut untuk bertanggung jawab atas apa yang kita pelihara jika tidak ingin hewan peliharaan menderita, sakit, atau bahkan mati.

7Menjadi Lebih Rajin

rinso.co.id

Merawat hewan peliharaan dengan tulus pasti perlahan akan membuat kita menjadi lebih rajin. Dengan begitu, kita dituntut untuk selalu beraktivitas dan tidak bermalas-malasan jika ingin hewan peliharaan tetap sehat dan bersih.

8Penyayang

jakartakita.com

Memelihara hewan peliharaan tidaklah semudah yang dibayangkan. Hewan juga butuh kasih sayang, dengan demikian kita menjadi mudah berempati.

9Betah di Rumah

duajurai.com

Hewan peliharaan membuat suasana rumah menjadi lebih berwarna. Tingkahnya yang lucu, menggemaskan atau kadang menyebalkan membuat rumah menjadi lebih semarak.

Di antara pecinta hewan bahkan ada yang mengibaratkan hewan seperti anaknya sendiri. Saking sayangnya, mereka selalu terbayang dan rindu dengan hewan peliharaannya. Tentunya hal ini membuat seseorang menjadi betah di rumah.