Seorang bayi terbentuk dari makanan yang dimakan ibunya ketika dia masih dalam bentuk janin. Setelah dilahirkan, si bayi melanjutkannya dengan minum ASI. Oleh karena itu, ASI merupakan ransum lanjutan untuk pembentukannya.

Inilah penyebab terkuat dianjurkannya minum ASI. Ada banyak sekali hikmah di balik aktivitas menyusui ini yang telah disebutkan oleh para dokter dan terbukti dalam penelitian-penelitian ilmiah, antara lain:

1Meminum Susu yang Sangat Bersih dan Higienis

gayahidupku.com

Susu yang berasal dari payudara ibu atau disebut ASI tentu bebas dari kuman dan kotoran yang biasanya mudah sekali mencemari makanan atau minuman.

Jika bayi minum susu formula, maka botol minumnya harus direbus terlebih dahulu agar steril dan bebas kuman, sebelum bisa digunakan oleh bayi. Repot kan?

2Tidak Dingin dan Tidak Panas

female.kompas.com

Ketika bayi minum ASI, maka ia akan mendapatkannya dalam keadaan bersuhu sedang, tidak dingin dan juga tidak panas. Bayi akan merasa nyaman ketika meminumnya tanpa perlu dihangatkan terlebih dahulu.

3Selalu Ada Setiap Saat

republika.co.id

Kapanpun bayi merasa lapar dan haus, maka ASI adalah asupan yang selalu tersedia setiap saat tanpa perlu repot dibuat dulu, dimasak, atau tanpa perlu membeli.

4Tidak Rusak karena Disimpan

blog.tokopedia.com

ASI tidak akan mengalami basi atau kerusakan emulsifier sebagaimana susu formula yang ketika tidak diminum dalam jangka waktu lama, meskipun berada di dalam kulkas, susu formula akan mudah rusak.

5Sesuai dengan Lambung Bayi

pengobatansakitasamlambung.com

Komposisi atau kandungan ASI sangatlah pas dengan tubuh bayi, khususnya lambung. ASI memiliki nilai gizi yang tinggi. Oleh karenanya, si ibu juga harus makan dan minum secara sehat agar kandungan ASI-nya sempurna.

6Memenuhi Segala Kebutuhan Gizi Bayi

bebelu.ro

Makanan bergizi yang dikonsumsi ibu juga bisa dinikmati bayi dalam bentuk cairan ASI. Maka ketika ibu merasakan manfaat dari makanan tersebut, bayi pun akan mendapatkan keutamaannya juga. 

7Membentuk Sistem Imun Bagi Bayi

foodreview.co.id

Bayi yang mengonsumsi ASI pada masa kecilnya, maka tidak akan mudah lemah terserang penyakit. ASI akan membantu menguatkan imunitas bayi.

8Memunculkan Kasih Sayang dan Memperkuat Ikatan Ibu dan Anak

family.fimela.com

Ketika proses menyusui, maka akan terjalin ikatan batin antara ibu dan anak. Apa yang ada di dalam tubuh ibu mengalir juga ke dalam diri anak.

Mulai dari sentuhan, kontak mata, keterkaitan hati yang bermula dari rasa cinta seorang ibu pada anak ketika sedang menyusui, akan berefek pada keduanya (ibu dan anak), khususnya pada anak.

SHARE